Alan Menken Resmi Sandang Status Pemenang EGOT

0
54
alan menken

Komposer Alan Menken resmi menjadi orang ke-16 yang mendapatkan penghargaan EGOT (Emmy, Grammy, Oscar, Tony). Penghargaan ini hanya bisa didapatkan oleh sedikit pelaku seni kreatif.

Karena yang menyandang gelar ini, seseorang harus memenangkan paling tidak sebuah Piala Emmy, sebuah Piala Grammy, sebuah Piala Tony, dan sebuah Piala Oscar. Alan Menken berhasil menyandang gelar EGOT-nya setelah kemarin memenangkan Piala Emmy, saat cara penganugerahan Daytime Emmy Awards.

Menken dan penulis lirik Glenn Slater memenangkan penghargaan Best Original Song in a Children’s, Young Adult, or Animated Program. Lewat karyanya Waiting in the Wings dalam Rapunzel’s Tangled Adventure di Disney Channel.

Komposer legendaris ini sebelumnya juga pernah mendapatkan penghargaan kehormatan Primetime Emmy di tahun 1990. Tapi penghargaan yang baru dimenangkannya ini, merupakan Piala Emmy kompetitif pertamanya. Status EGOT sendiri mengharuskan ‘memenangkan’ keempat penghargaan tersebut.

Sejauh ini, ia telah memenangkan delapan Piala Oscar. Di antaranya lewat film Disney seperti Beauty and the Beast (1991), Aladdin (1994), dan The Little Mermaid (1989). Ia juga memenangkan 11 Piala Grammy, dan sebuah Piala Tony lewat panggung teater Newsies.

Beberapa nama lain yang mendapatkan status EGOT selain Alan Menken di antaranya adalah: John Legend, Whoopi Goldberg, Audrey Hepburn, Mel Brooks, dan Mike Nichols.

Sementara nama-nama lain seperti Cher, Kate Winslet, Viola Davis, Helen Mirren, Julie Andrews, Lin-Manuel Miranda, dan Common tinggal memenangkan satu penghargaan lagi untuk menyandang gelar tersebut.

Piala Oscar atau Academy Awards adalah penghargaan untuk industri perfilman. Grammy Awards adalah penghargaan untuk industri musik. Tony Awards adalah penghargaan untuk industri teater. Terakhir, Emmy Awards adalah penghargaan untuk industri TV.

Sumber: EW

***

Informasi menarik lain seputar dunia hiburan bisa didapatkan di menonton.id.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here