BerandaRekomendasi12 Film Sean Connery: Si James Bond Asli, Yang Lain KW

12 Film Sean Connery: Si James Bond Asli, Yang Lain KW

Halo, teman menonton! Siapa yang tidak kenal dengan salah satu aktor paling ikonik dalam sejarah perfilman, Sir Sean Connery?

Dengan akting yang memukau dan pesona yang tak tertandingi, Sean Connery telah meninggalkan jejak yang tak terlupakan dalam dunia perfilman.

Dalam artikel ini, kita akan membahas 12 film Sean Connery terbaik yang pasti akan membuat kamu terkesan.

Siap untuk menjelajahi film-film epik yang dibintangi oleh salah satu legenda Hollywood ini? Ayo mulai!

Sean Connery: Si James Bond Asli

finding forrester - menonton.id (1)

Sean Connery, lahir pada 25 Agustus 1930 dan meninggal pada 31 Oktober 2020, adalah seorang aktor asal Skotlandia yang diakui sebagai salah satu bintang terbesar dalam sejarah perfilman.

Ia dikenal karena karier panjangnya yang mencakup berbagai genre, tetapi yang paling ikonik adalah perannya sebagai agen rahasia James Bond.

Connery adalah sosok yang memikat dengan pesona dan karisma yang khas, yang membuatnya menjadi simbol maskulinitas dalam perfilman.

Salah satu peran paling terkenal Sean Connery adalah sebagai James Bond.

Ia pertama kali memerankan karakter agen rahasia tersebut dalam “Dr. No” pada tahun 1962.

Seiring dengan peran-peran dalam film-film James Bond lainnya seperti Goldfinger, From Russia with Love, dan Diamonds Are Forever, Connery membantu mendefinisikan citra ikonik karakter ini.

Bahkan setelah melepaskan peran James Bond, ia tetap dianggap sebagai James Bond terbaik oleh banyak penggemar.

Selain James Bond, Connery juga membintangi sejumlah film laris lainnya.

Dia memenangkan Academy Award untuk Aktor Pendukung Terbaik dalam perannya sebagai Jim Malone dalam The Untouchables.

Ia juga tampil dalam film-film seperti The Hunt for Red October, Indiana Jones and the Last Crusade, dan The Rock, yang semuanya menjadi sukses di box office dan mendapatkan pujian dari kritikus.

Kemampuan akting Connery melintasi berbagai genre, dari film aksi hingga drama, dan dari komedi hingga thriller.

Ia memiliki kemampuan untuk menarik penonton ke dalam karakter-karakternya dengan intensitas, penampilan yang tajam, dan pesona yang tak terbantahkan.

Keberhasilan dan warisan Connery dalam dunia perfilman menjadikannya salah satu aktor terbesar sepanjang masa.

Sean Connery juga dikenal karena aksentus Skotlandianya yang khas dan ketegasan dalam penampilan.

Setelah puluhan tahun berakting, ia meninggalkan warisan yang tak terhapuskan di dunia hiburan.

Meskipun ia telah tiada, peran-perannya dalam berbagai film akan tetap dikenang dan dihargai oleh generasi-generasi penonton di seluruh dunia.

- Advertisement -

Rekomendasi Film Sean Connery

1. Dr. No (1962)

dr. no - menonton.id (2)

Dr. No adalah film yang tidak hanya memulai franchise James Bond yang ikonik tetapi juga membawa Sean Connery ke puncak ketenaran sebagai agen rahasia terkenal.

Dalam Dr. No, Connery memerankan karakter James Bond, seorang agen rahasia Inggris yang diberi tugas untuk menyelidiki hilangnya seorang agen MI6 dan mengungkap rencana jahat yang melibatkan Dr. Julius No, seorang penjahat jenius yang dikenal sebagai Dr. No.

Film ini dirilis pada tahun 1962 dan langsung menjadi sukses besar.

Sean Connery membawa karakter James Bond ke layar dengan karisma, kecerdasan, dan sikap tegas yang segera membuatnya menjadi ikon dunia perfilman.

Penampilannya yang keren, gaya berpakaian yang elegan, dan kemampuan dalam adegan laga menjadikan Sean Connery sebagai pilihan sempurna untuk peran ini.

Dr. No menjadi fondasi bagi waralaba James Bond yang berkelanjutan, yang kini telah berlangsung selama lebih dari lima puluh tahun dengan berbagai aktor yang memerankan agen rahasia tersebut.

Sean Connery sendiri membintangi enam film James Bond, menjadikannya salah satu agen 007 yang paling diingat oleh para penggemar.

Karyanya dalam Dr. No mengukir namanya dalam sejarah perfilman dan memberikan kontribusi besar untuk popularitas karakter James Bond yang masih bertahan hingga hari ini.

2. Goldfinger (1964)

film sean connery goldfinger - menonton.id (4)

Goldfinger adalah salah satu puncak dalam film-film James Bond dan merupakan film ketiga dalam serangkaian film James Bond yang dibintangi oleh Sean Connery.

Dalam film ini, Connery mengulangi perannya sebagai agen rahasia Inggris yang legendaris, James Bond.

Dalam Goldfinger, James Bond diberi tugas untuk menyelidiki aktivitas mencurigakan seorang kriminal internasional yang dikenal sebagai Auric Goldfinger.

Film ini memperkenalkan karakter ikonik seperti gadis Bond, Pussy Galore, dan pembunuh terkenal Oddjob yang menggunakan topi bowler besi.

Cerita film ini dipenuhi dengan aksi, intrik, dan plot yang rumit, menjadikannya sebagai salah satu film James Bond yang paling dicintai oleh para penggemar.

Sean Connery semakin mantap dalam peran James Bond dalam Goldfinger, dan penampilannya menegaskan posisinya sebagai agen rahasia yang karismatik dan berbahaya.

Film ini berhasil menggabungkan elemen-elemen klasik dari film-film James Bond, seperti gadis Bond yang memikat, teknologi canggih, dan aksi luar biasa.

Dengan sutradara Terence Young yang menghadirkan tampilan yang elegan dan gaya yang tak terlupakan, Goldfinger tetap menjadi salah satu film James Bond terbaik yang pernah ada.

Film ini juga dikenal dengan lagu tema klasik Goldfinger yang dinyanyikan oleh Shirley Bassey, yang telah menjadi salah satu lagu tema paling terkenal dalam sejarah film.

Goldfinger tidak hanya mengukuhkan Sean Connery sebagai James Bond yang tak terlupakan, tetapi juga menandai puncak popularitas waralaba ini.

Film ini menjadi tonggak penting dalam sejarah film aksi dan masih dicintai oleh penggemar film James Bond hingga hari ini.

3. The Hunt for Red October (1990)

the hunt for the red october - menonton.id (3)

The Hunt for Red October adalah sebuah film yang memadukan elemen thriller politik dan drama militer dengan brilian, dan Sean Connery memerankan peran yang sangat ikonik dalam film ini.

Dalam peran Kapten Marko Ramius, seorang komandan kapal selam Rusia, Connery menghadirkan penampilan yang memukau.

Cerita film ini berkisah tentang Kapten Ramius yang memimpin kapal selam canggih Rusia bernama “Red October.”

Namun, Ramius memiliki rencana yang tidak terduga: ia berniat membelot ke Amerika Serikat dengan kapal selamnya yang memiliki teknologi canggih yang sangat berharga.

Tentu saja, situasi ini memicu kepanikan dan kebingungan di antara pihak militer dan pemerintah Rusia dan Amerika.

Sean Connery membawa karakter Kapten Ramius dengan karisma dan kompleksitas yang membuatnya sangat menarik untuk ditonton.

Penonton merasa terlibat dengan dilema moral dan motif Kapten Ramius, apakah ia benar-benar seorang pembelot atau memiliki niat yang lebih dalam.

Connery memerankan peran tersebut dengan kepercayaan diri dan kedalaman yang mendalam.

The Hunt for Red October menggabungkan elemen ketegangan politik selama Perang Dingin dengan aksi militer di bawah air.

Film ini juga memiliki ensemble cast yang kuat, termasuk Alec Baldwin, James Earl Jones, dan Scott Glenn.

Penyutradaraan oleh John McTiernan memberikan tampilan yang serba tegang dan atmosfer yang menegangkan.

Film ini dianggap sebagai salah satu film terbaik dalam genre thriller politik dan menjadi salah satu karya terbaik dalam filmografi Sean Connery.

The Hunt for Red October tetap populer sebagai film klasik yang menggabungkan cerita menegangkan dengan penampilan yang luar biasa, terutama dari Connery dalam peran utamanya.

4. Indiana Jones and the Last Crusade (1989)

indiana jones and the last crusade - menonton.id (6)

Dalam film Indiana Jones yang legendaris, Indiana Jones and the Last Crusade, Sean Connery memerankan peran yang sangat berkesan sebagai ayah dari karakter Indiana Jones, yang dikenal sebagai Henry Jones Sr.

Penampilan Connery dalam film ini memberikan nuansa komedi yang sempurna dan kontrast dengan kepribadian petualang dan arkeologis putranya, Indiana Jones yang diperankan oleh Harrison Ford.

Ketika karakter ayah dan anak ini bergabung dalam pencarian Sanktum Terakhir, mereka menghadapi berbagai bahaya dan teka-teki misterius.

Sean Connery membawa dinamika karakternya dengan caranya yang khas, memberikan sentuhan humor dan kebijaksanaan ayah yang berlawanan dengan sifat petualang Indiana Jones.

Interaksi antara Connery dan Ford menciptakan momen-momen ikonik dalam film tersebut.

The Last Crusade menawarkan campuran yang sempurna antara petualangan, teka-teki, dan komedi, dengan kontribusi luar biasa dari Sean Connery dalam memberikan dimensi ekstra pada karakter ayahnya.

Film ini mengungkapkan sejarah keluarga Indiana Jones dan memperkaya latar belakang karakternya.

Kesuksesan film ini tidak hanya didasari oleh alur ceritanya yang seru, tetapi juga oleh penampilan luar biasa dari kedua aktor utamanya, Connery dan Ford.

Sean Connery sebagai Henry Jones Sr. tetap menjadi salah satu peran ikonis dalam film petualangan dan mengukuhkan posisinya sebagai salah satu aktor terbaik dalam sejarah perfilman.

5. The Untouchables (1987)

the untouchables - menonton.id (5)

Dalam film klasik The Untouchables, Sean Connery membawakan peran yang mendapatkan penghargaan Academy Award, yaitu sebagai Jim Malone, seorang polisi veteran dengan pengalaman luas dalam menghadapi kejahatan di Chicago pada era larangan alkohol.

Jim Malone adalah karakter yang menjadi mentor Eliot Ness (diperankan oleh Kevin Costner), seorang agen pemerintah yang bertekad untuk memberantas kegiatan ilegal Al Capone (Robert De Niro).

Penampilan Connery dalam film ini adalah salah satu momen puncak dalam karirnya.

Dalam peran sebagai Jim Malone, ia membawa karakter tersebut dengan penuh otoritas dan kebijaksanaan.

Kehadiran Malone sangat penting dalam upaya Eliot Ness untuk membersihkan Chicago dari korupsi dan kejahatan yang merajalela selama era larangan alkohol.

Chemistry antara Connery dan Costner, yang memainkan peran Eliot Ness, adalah salah satu aspek kunci kesuksesan film ini.

The Untouchables adalah campuran antara aksi, drama, dan kisah kejahatan yang menarik.

Kualitas penyutradaraan oleh Brian De Palma dan skenario yang tajam membuat film ini menjadi salah satu yang paling dihormati dalam genrenya.

Sean Connery membantu menghidupkan karakter Jim Malone dengan kehangatan dan mendalam, menjadikannya salah satu peran yang sangat diingat oleh para penonton dan kritikus.

Penghargaan Academy Award yang diraihnya sebagai Aktor Pendukung Terbaik adalah pengakuan atas akting luar biasanya dalam The Untouchables.

Sean Connery membuktikan sekali lagi mengapa ia adalah salah satu aktor terbaik dalam sejarah perfilman dan mengukuhkan reputasinya dalam film klasik ini.

6. From Russia with Love (1963)

from russia with love - menonton.id (7)

Dalam From Russia with Love, Sean Connery kembali mengenakan jas khasnya sebagai agen rahasia terkenal, James Bond.

Film ini adalah salah satu entri klasik dalam seri James Bond dan telah dianggap oleh banyak penggemar sebagai salah satu yang terbaik dalam waralaba ini.

Dalam cerita ini, James Bond terlibat dalam berbagai intrik internasional yang berpusat di sekitar usaha seorang agen Rusia, Tatiana Romanova (diperankan oleh Daniela Bianchi), yang mencoba membelot dan memberikan informasi penting kepada Inggris.

Namun, misi ini bukan tanpa risiko, dan Bond harus berhadapan dengan berbagai musuh, termasuk Ernst Stavro Blofeld, yang diperankan oleh Lotte Lenya.

From Russia with Love dianggap sebagai salah satu film James Bond yang paling realistis dan menarik.

Film ini menampilkan aksi yang spektakuler, plot yang rumit, dan pengembangan karakter yang kuat.

Sean Connery dengan percaya diri memerankan karakter ikonisnya, membawa campuran dari kecerdasan, daya tarik, dan keberanian yang telah menjadi tanda tangan James Bond.

Sutradara Terence Young membawa tangan yang kuat ke film ini, menciptakan alur cerita yang mendebarkan dan atmosfer yang intens.

Musiknya yang legendaris yang disusun oleh John Barry juga memberikan kontribusi besar terhadap daya tarik film ini.

From Russia with Love adalah film James Bond yang penting dalam sejarah perfilman dan telah menjadi salah satu favorit penggemar berkat campuran aksi yang menghibur, plot yang kuat, dan penampilan gemilang dari Sean Connery dalam peran ikonisnya sebagai James Bond.

7. The Name of the Rose (1986)

the name of the rose - menonton.id (8)

Sean Connery memerankan karakter William dari Baskerville dalam film adaptasi novel Umberto Eco yang terkenal, The Name of the Rose.

Dalam film yang dirilis pada tahun 1986 ini, Connery membawa kehidupan karakter seorang biarawan yang cerdas dan penuh dedikasi yang ditugaskan untuk menyelidiki serangkaian pembunuhan misterius yang terjadi di biara pada Abad Pertengahan.

The Name of the Rose adalah sebuah cerita misteri intelektual yang penuh intrik dan kompleksitas.

Di tengah kerumunan biarawan dan kondisi yang penuh dengan ketegangan, William dari Baskerville bekerja sama dengan seorang anak muda yang diperankan oleh Christian Slater untuk mengungkap rahasia di balik pembunuhan tersebut.

Namun, keduanya harus berhadapan dengan keberadaan yang kuat dan kekuatan kegelapan yang mengancam mereka.

Penampilan Sean Connery dalam film ini disambut dengan pujian kritis yang tinggi.

Ia menghadirkan karakter William dengan kepintaran dan kompleksitas yang diperlukan, dan kehadirannya memberikan daya tarik utama bagi film ini.

Sutradara Jean-Jacques Annaud berhasil mengadaptasi novel yang rumit ini dengan baik, menciptakan atmosfer yang penuh misteri dan tegang.

Musik yang menghantui yang disusun oleh James Horner turut menambah intensitas film.

The Name of the Rose adalah film yang menantang intelektual dan memberikan pandangan mendalam ke dalam agama, pengetahuan, dan korupsi pada masa Abad Pertengahan.

Sean Connery, dengan penampilan luar biasa sebagai William dari Baskerville, menambahkan dimensi ekstra ke film ini dan menjadikannya sebagai salah satu penampilan terbaik dalam karirnya yang cemerlang.

8. Highlander (1986)

highlander - menonton.id (10)

Sean Connery memberikan penampilan tak terlupakan dalam film kultus Highlander.

Dalam film ini, Connery memerankan karakter Juan Sánchez Villa-Lobos Ramírez, seorang pejuang abadi yang memiliki pengetahuan dan kekuatan tak terbatas.

Highlander adalah campuran antara film petualangan, fantasi, dan aksi yang membawa penonton dalam perjalanan epik melintasi waktu dan tempat.

Connery, sebagai Ramírez, adalah mentor utama protagonis, Connor MacLeod, yang diperankan oleh Christopher Lambert.

Ia mengajarkan MacLeod tentang kehidupan abadi dan keterampilan pedang, karena mereka berdua adalah bagian dari ras pejuang yang tidak bisa mati kecuali jika kepala mereka dipenggal.

Penampilan Connery dalam Highlander menambahkan lapisan kompleksitas dan humor dalam film ini.

Ia membawa pesona dan karisma yang sudah dikenalnya ke karakter Ramírez.

Penonton dapat merasakan koneksi kuat antara Connery dan Lambert, dan hubungan mentor-murid mereka menjadi pusat emosional dari cerita.

Film ini menggabungkan aksi yang menegangkan dengan elemen-elemen fantasi yang mendalam, termasuk konsep kehidupan abadi dan perlombaan untuk menjadi Highlander terakhir yang akan mendapatkan kekuatan besar.

Musik ikonik dari Queen juga menyertai perjalanan epik ini, memberikan soundtrack yang tak terlupakan.

Highlander telah menjadi film budaya pop yang dicintai oleh para penggemar.

Penampilan Sean Connery sebagai Ramírez adalah salah satu aspek yang membuat film ini begitu berkesan dan mendapatkan tempat di hati para penonton.

Karakternya yang karismatik, bijaksana, dan aksi yang brilian menjadikan Connery sebagai elemen penting dari daya tarik film Highlander.

9. The Man Who Would Be King (1975)

the man who would be king - menonton.id (9)

Sean Connery dan Michael Caine bersatu dalam film petualangan epik yang menarik, The Man Who Would Be King.

Film ini mengikuti kisah dua mantan tentara Inggris, Daniel Dravot (Sean Connery) dan Peachy Carnehan (Michael Caine), yang berusaha untuk mengukir takdir mereka di tengah kerajaan terpencil di Asia Tengah.

Dalam film ini, Sean Connery dan Michael Caine membawakan karakter-karakter yang kuat dan berkarisma.

Connery memerankan Dravot, seorang pemimpin yang berani dan berambisi, sementara Caine berperan sebagai sahabat setia yang juga menjadi narator kisah ini.

Kombinasi keduanya menciptakan dinamika yang kuat dan memukau di layar.

Kisahnya sendiri penuh dengan petualangan, pengkhianatan, dan ketegangan, dengan latar belakang yang memukau di pegunungan Himalaya.

Film ini merupakan adaptasi dari cerita pendek karya Rudyard Kipling, dan sutradara John Huston berhasil membawakan cerita ini dengan penuh semangat.

The Man Who Would Be King dikenal karena penampilan kuat Connery dan Caine serta cerita yang menggugah.

Film ini berhasil menyampaikan pesan tentang ambisi, ketamakan, dan harga yang harus dibayar dalam mengejar impian.

Connery dan Caine berhasil memerankan peran-peran yang rumit dan kuat dalam film ini, menjadikannya salah satu karya terbaik dalam kariernya.

Bagi para penggemar film petualangan klasik, The Man Who Would Be King tetap menjadi film yang harus ditonton.

10. The Rock (1996)

the rock - menonton.id (11)

Dalam film aksi yang populer, The Rock, Sean Connery mengambil peran yang penuh aksi dan ketegangan.

Film ini mengisahkan tentang upaya penyelamatan di Pulau Alcatraz yang dikuasai oleh sekelompok teroris yang bermaksud menggunakan senjata biologis untuk mengancam kota San Francisco.

Sean Connery memerankan karakter John Mason, seorang mantan agen intelijen Inggris yang menjadi tahanan di penjara Alcatraz selama bertahun-tahun.

Namun, ketika situasi darurat muncul, dia menjadi salah satu aset terpenting dalam upaya penyelamatan.

Peran Connery sebagai Mason adalah kombinasi sempurna antara kecerdasan, keberanian, dan kelicikan.

Dia membawa pengalaman dan kepandaian karakternya dengan karisma yang meyakinkan, membuatnya menjadi elemen kunci dalam menghadapi ancaman teroris.

The Rock dikenal dengan aksi yang mendebarkan, ledakan spektakuler, dan ketegangan yang tak henti-henti.

Film ini juga memiliki unsur-unsur cerita yang kompleks dan karakter-karakter yang mendalam.

Di bawah arahan sutradara Michael Bay, Sean Connery berhasil memainkan peran dengan penuh kepercayaan diri, menjadikannya salah satu aset terbesar dalam film ini.

The Rock adalah film yang seru dan menegangkan yang menampilkan kemampuan akting luar biasa Sean Connery dalam genre aksi.

Bagi para penggemar film aksi, film ini tetap menjadi salah satu yang paling diingat dalam kariernya.

11. Entrapment (1999)

entrapment - menonton.id (12)

Entrapment adalah sebuah film thriller yang menampilkan Sean Connery dan Catherine Zeta-Jones dalam peran utama.

Film ini mengikuti kisah seorang pencuri berpengalaman, Robert MacDougal (diperankan oleh Connery), yang beraksi di berbagai belahan dunia.

Namun, segalanya menjadi rumit ketika seorang agen asuransi muda yang cemerlang, Virginia “Gin” Baker (diperankan oleh Zeta-Jones), muncul dalam hidupnya.

Permainan kucing dan tikus antara MacDougal dan Baker menjadi pusat cerita film ini.

Baker awalnya mencoba untuk menangkap MacDougal yang dianggap sebagai seorang pencuri master, tetapi seiring berjalannya waktu, hubungan mereka menjadi semakin rumit.

Keduanya berkolaborasi dalam serangkaian aksi pencurian yang berbahaya, dan penonton dihadapkan pada pertanyaan apakah mereka dapat saling mempercayai atau tidak.

Entrapment menonjolkan kemampuan akting Sean Connery yang ikonik dan pesona Catherine Zeta-Jones.

Film ini menawarkan aksi yang menegangkan, alur cerita yang penuh intrik, dan latar belakang eksotis di berbagai lokasi internasional.

Film ini mengejutkan penonton dengan plot yang rumit dan plot twist yang tidak terduga.

Kombinasi dari kisah perampokan yang cerdas, perjalanan ke tempat-tempat eksotis, serta chemistry antara Connery dan Zeta-Jones membuat Entrapment menjadi hiburan yang sangat menghibur.

Film ini berhasil menciptakan ketegangan yang kuat dan berbagai momen aksi yang mendebarkan, menjadikannya sebagai salah satu film yang tetap dikenang dalam filmografi Sean Connery.

Bagi para penggemar film aksi dan thriller, Entrapment adalah tontonan yang layak.

12. Finding Forrester (2000)

finding forrester - menonton.id

Tentu, Sean Connery juga menghadirkan penampilan luar biasa dalam film Finding Forrester (2000).

Dalam film ini, Connery memerankan karakter William Forrester, seorang penulis terkenal yang hidup menyendiri, mengasingkan diri dari dunia luar.

Namun, hidupnya berubah ketika ia bertemu dengan seorang remaja berbakat, Jamal Wallace, yang diperankan oleh Rob Brown.

Film ini mengikuti perjalanan unik kedua karakter ini ketika mereka mengembangkan hubungan yang mendalam.

William Forrester bertindak sebagai mentor dan guru untuk Jamal, membantu mengasah bakat menulisnya.

Sementara itu, Jamal membantu Forrester untuk keluar dari isolasi sosial yang selama ini dia ciptakan untuk dirinya sendiri.

Finding Forrester adalah film yang membangkitkan semangat dan menjelajahi tema-tema seperti persahabatan lintas generasi, aspirasi pribadi, dan pentingnya mengejar minat dan bakat kita.

Peran Connery sebagai penulis yang penuh misteri adalah salah satu yang dikenang dengan baik dalam filmografinya.

Selain itu, film ini juga menyentuh isu-isu penting tentang perbedaan ras dan kelas sosial, yang ditampilkan melalui dinamika hubungan antara Forrester dan Jamal.

Penampilan Connery dalam Finding Forrester menunjukkan fleksibilitas dan kedalaman dalam aktingnya yang telah menginspirasi banyak penggemar perfilman.

Film ini adalah pengingat lain akan kehebatan Sean Connery sebagai seorang aktor yang mampu membawakan beragam karakter dengan kualitas dan kredibilitas yang luar biasa.

***

Itulah 12 film Sean Connery terbaik yang wajib kamu tonton.

Sean Connery telah meninggalkan warisan yang tak terlupakan dalam dunia perfilman, dan film-film di atas adalah bukti betapa hebatnya aktingnya.

Jadi, jika kamu ingin menikmati akting brilian seorang legenda, pilih salah satu dari film-film ini untuk ditonton.


Jangan lupa, untuk informasi lebih lanjut tentang film, TV series, dan berita hiburan lainnya, kunjungi menonton.id. Ikuti juga kami di media sosial seperti TwitterInstagramFacebook, YouTube, dan Google News untuk mengetahui berita dan rekomendasi terbaru tentang film.

Tim Menonton.id
Tim Menonton.idhttps://menonton.id/
Tim Menonton.id diisi oleh para penulis konten berpengalaman yang hobinya menonton film dan TV series.
ARTIKEL TERKAIT

Artikel Lainnya

- Advertisment -

Terbaru

- Advertisment -

Untuk kamu