Ini Daftar Film Animasi Ghibli di Netflix dan Jadwal Streamingnya

0
83
spirited away

Netflix baru saja memberikan kabar gembira. Penggemar kini bisa menyaksikan secara ekslusif film-film animasi dari Studio Ghibli di Netflix.

Studio animasi kenamaan asal Jepang ini terkenal akan film-film animasinya yang mendunia. Sebanyak 21 judul film animasi Ghibli di Netflix akan dirilis dalam jangka waktu 3 bulan, dimulai dari 1 Februari 2020 mendatang.

Setiap tanggal 1 di bulan Februari hingga April, Netflix akan merilis 7 judul film animasi Ghibli.

Film animasi panjang produksi Ghibli sendiri sebenarnya berjumlah 22 judul. Namun, ada satu film yang tidak akan tayang di Netflix. Film tersebut adalah Grave of the Fireflies (1988) yang bisa disaksikan di Hulu.

Daftar film Ghibli di Netflix

Berikut adalah 21 judul film animasi Ghibli di Netflix beserta jadwal tayangnya.

Streaming Mulai 1 Februari 2020

Castle in the Sky (1986)

Sutradara: Hayao Miyazaki | Rilis Perdana: 2 Agustus 1986

Film ini merupakan produksi pertama Studio Ghibli. Bercerita tentang petualangan seorang pemuda dan pemudi untuk mempertahankan sebuah kristal sihir dari sekelompok agen militer, sambil mencari kastil terbang legendaris.

My Neighbor Totoro (1988)

Sutradara: Hayao Miyazaki | Rilis Perdana: 16 April 1988

Berkisah tentang dua anak perempuan dari seorang profesor dan interaksi mereka dengan sebuah arwah hutan bersahabat di kawasan pedesaan Jepang setelah Perang Dunia.

Film ini berada di peringkat 41 daftar 100 Film Terbaik di Dunia Film Malajah Empire. Karakter-karakter di film ini juga kerap kali tampil di film-film Studio Ghibli lainnya.

Kiki’s Delivery Service (1989)

Sutradara: Hayao Miyazaki | Rilis Perdana: 29 Juli 1989

Seorang penyihir muda bernama Kiki, pindah ke sebuah kota baru dan menggunakan kemampuannya terbang untuk bertahan hidup. Menurut sang sutradara, film ini menggambarkan jurang pemisah antara menjadi independen atau menggantungkan nasib para remana perempuan di Jepang.

Only Yesterday (1991)

Sutradara: Isao Takahata | Rilis Perdana: 20 Juli 1991

Film yang mendapatkan rating 100% di Rotten Tommatoes ini mengksplor genre yang dikira berada di luar dunia animasi. Film ini sendiri merupakan sebuah drama realistis yang ditulis untuk para orang dewasa, khususnya perempuan. Film ini dirilis ulang dalam bentuk Bahasa Inggris di tahun 2016 dengan pengisi suara seperti Daisy Ridley, Dev Patel, Alison Fernandez, dan Ashley Eckstein.

Porco Rosso (1992)

Sutradara: Hayao Miyazaki | Rilis Perdana: 18 Juli 1992

Bercerita tentang mantan pilot petarung Perang Dunia I yang kemudian hidup sebagai seorang bounty hunter di Adriatic Sea. Tapi, sebuah kutukan membuatnya berubah menjadi seekor babi. Sebelumnya ia dikenal bernama Marco Pagot, karena kutukan tersebut ia kemudian dikenal dunia sebagai Porco Rosso (“Babi Merah” dalam Bahasa Italia).

Ocean Waves (1993)

Sutradara: Tomomi Mochizuki | Rilis Perdana: 5 Mei 1993

Bersetting di Kota Kochi di Pulau Shikoku, Jepang, film ini berkisah tentang cinta segitiga yang berkembang di antara dua sahabat dan seorang murid perempuan baru dari Tokyo. Ocean Waves memberikan kesempatan bagi para staff Ghibli yang muda untuk membuat film dengan biaya yang murah.

Tales from Earthsea (2006)

Sutradara: Goro Miyazaki | Rilis Perdana: 29 Juli 2006

Film fantasi ini merupakan gabungan dari plot dan karakter empat buku pertama Ursula K. Le Guin berjudul Earthsea. Tales from Earthsea berkisah tentang seorang laki-laki dan anak kecil yang menginvestigasi beragam kejadian aneh yang muncul berulang kali.

Streaming Mulai 1 Maret 2020

Nausicaa of the Valley of the Wind (1984)

Sutradara: Hayao Miyazaki | Rilis Perdana: 11 Maret 1984

Bersetting di masa depan di dunia post-apokaliptik, Nausicaa seorang putri Valley of the Wind harus berjuang dari Tolmekia, sebuah kerajaan yang mencoba untuk menggunakan senjata kuno untuk membasmi hutan yang ditinggali serangga raksasa mutan.

Princess Mononoke (1997)

Sutradara: Hayao Miyazaki | Rilis Perdana: 12 Juli 1997

Di akhir periode Muromachi (tahun 1336 ke 1573), pangeran muda suku Emishi bernama Ashitaka dan keterlibatannya dengan dewa-dewa hutan dan manusia yang mengkonsumsi sumber dayanya. Mononoke sendiri adalah sebuah istilah yang berarti ruh atau monster: supernatural, makhluk pengubah bentuk.

My Neighbors the Yamadas (1999)

Sutradara: Isao Takahata | Rilis Perdana: 17 Juli 1999

Film komedi animasi ini disajikan dalam bentuk komik strip, berbeda dari film-film produksi Ghibli yang lain. Film ini berkisah tentang kehidupan sehari-hari keluarga Yamada yang terdiri dari Takahasi (ayah), Matsuko (ibu), Shige (ibu dari Matsuko), Noburu (anak laki-laki sulung), Nonoko (anak perempuan), dan Pochi (anjing keluarga)

Spirited Away (2001)

Sutradara: Hayao Miyazaki | Rilis Perdana: 20 Juli 2001

Spirited Away adalah film animasi gambar tangan berbahasa asing pertama dan satu-satunya yang memenangkan Best Animated Feature Piala Oscar. Film ini juga sering masuk ke dalam jajaran film animasi terbaik di beragam daftar bergengsi. Berkisah tentang Chihiro Ogino, seorang anak perempuan 10 tahun, ketika pindah ke sebuah lingkungan baru, dan masuk kedalam dunia arwah dari legenda Shinto.

The Cat Returns (2002)

Sutradara: Hiroyuki Morita | Rilis Perdana: 20 Juli 2002

Merupakan spin-off dari Whisper of the Heart (1995), film ini bercerita tentang seorang anak perempuan 17 tahun yang mendapatkan dirinya bertunangan dengan seorang pangeran kucing di dunia magis, setelah menyelamatkan seekor kucing.

Arrietty (2010)

Sutradara: Hiromasa Yonebayashi | Rilis Perdana: 17 Juli 2010

Film yang diadaptasi dari novel berjudul The Borrowers karya Mary Norton ini berkisah tentang sebuah keluarga berukuran kecil yang tinggal secara rahasia di tembok dan lantai rumah seseorang. Mereka meminjam beragam barang dari manusia untuk bisa bertahan hidup.

The Tale of the Princess Kaguya (2013)

Sutradara: Isao Takahata | Rilis Perdana: 23 November 2013

Dengan budget mencapai US$49,3 juta, film ini adalah film Jepang termahal hingga sekarang. The Tale of Princess Kaguya juga mendapatkan nominasi Best Animated Feature di Piala Oscar 2015. Film ini juga merupakan film terakhir yang disutradarai Takahata, yang meninggal dunia April 2018.

Streaming Mulai 1 April 2020

Pom Poko (1994)

Sutradara: Isao Takahata | Rilis Perdana: 16 Juli 1994

Pom Poko merujuk pada suara dari tanuki, anjing rakun jepang, yang memukul perut mereka sendiri. Film ini berhasil menjadi film nomor satu di pasar domestik Jepang tahun 1994.

Whisper of the Heart (1995)

Sutradara: Yoshifumi Kondo | Rilis Perdana: 15 Juli 1995

Fil ini merupakan film satu-satunya karya Yoshifumi Kondo sebelum kematiannya di tahun 1998. Padahal, sebelumnya Studio Ghibli berharap bahwa Kondo akan menjadi penerus dari Miyazaki dan Takahata. Film Ghibli di Netflix ini akan mulai bisa disaksikan 1 April 2020.

Howl’s Moving Castle (2004)

Sutradara: Hayao Miyazaki | Rilis Perdana: 119 menit

Bercerita di sebuah kerajaan fiktif di mana sihir dan juga teknologi abad 20 adalah hal biasa, Sophie yang disihir menjadi seorang wanita tua oleh penyihir yang datang ke tokonya. Ia kemudian bertemu dengan penyihir lain bernama Howl, dan harus berjuang melawan untuk sang raja.

Howl’s Moving Castle juga dibuat versi bahasa Inggrisnya. Dengan pengisi suara seperti Christian Bale, Lauren Bacall, Emily Mortimer, dan Jean Simmons.

Ponyo (2008)

Sutradara: Hayao Miyazaki | Rilis Perdana: 19 Juli 2008

Film Studio Ghibli ke-8 yang disutradarai oleh Hayao Miyazaki ini bercerita tentang ikan mas bernama Ponyo yang berteman dengan seorang anak manusia berumur 5 tahun, dan ingin menjadi seorang perempuan manusia.

From Up on Poppy Hill (2011)

Sutradara: Goro Miyazaki | Rilis Perdana: 17 Juli 2011

Yokohama, Jepang, tahun 1963, Umi Matsuzaki seorang anak perempuan sekolahan yang tinggal di boarding house bertemu dengan Shun Kazama. Ia adalah anggota dari klub majalah, dan mereka berencana untuk membersihkan clubhouse sekolah mereka. Tapi, Tokumariu seorang pebisnis ingin menghancurkan gedung tersebut. Umi dan Shun mencari cara untuk membujuknya membatalkan itu semua.

The Wind Rises (2013)

Sutradara: Hayao Miyazaki | Rilis Perdana: 20 Juli 2013

Film ini merupakan kisah fiksi biopik dari Jiro Horikoshi, perancang Mitsubishi A5M dan A6M Zero pesawat perang yang digunakan kekaisaran Jepang saat Perang Dunia II. Film ini pada awalnya merupakan film terakhir Hayao Miyazaki yang menyatakan pensiun di tahun 2013. Tapi belakangan namanya muncul kembali untuk menyutradarai How Do You Live? yang kemungkinan akan dirilis tahun 2020 atau 2021.

When Marnie Was There (2014)

Sutradara: Hiromasa Yonebayashi | Rilis Perdana: 19 Juli 2014

Anna Sasaki tinggal dengan saudaranya di Kushiro wetlands, Hokkaido. Ia kemudian bmenemukan sebuah mansion yang ditinggalkan pemiliknya, dan kemudian bertemu dengan Marnie, seorang perempuan misterius yang terus meminta Anna untuk merahasiakan keberadaannya dari siapapun.

Film Studio Ghibli di Hulu

Grave of the Fireflies (1988)

Sutradara: Isao Takahata | Rilis Perdana: 16 April 1988

Film ini merupakan film perang animasi yang berkisah tentang semi-otobiografi dari cerita pendek karya Akiyuki Nosaka. Berkisah tentang dua saudara Seita dan Setsuko di Kobe, Jepang, di mana mereka harus bertahan hidup di bulan-bulan terakhir Perang Dunia II. Jangan lupa untuk menyiapkan tisu saat menonton film ini, karena film ini jelas masuk ke dalam daftar film bikin nangis versi menonton.id.