Review Sound of Metal: Performa Akting Terbaik Riz Ahmed di Kariernya

0
331
sound of metal - review

Review Sound of Metal (2020) | Sutradara: Darius Marder Pemain: Riz Ahmed, Olivia Cooke, Paul Raci, Lauren Ridloff Negara: Amerika Serikat Durasi: 130 menit Studio: Amazon Prime Video

Rating Sound of Metal: 7.7/10

***

Sound of Metal menjadi salah satu sajian film terbaik yang saya tonton di tahun 2020. Walau dibuat dengan sangat sederhana, tapi cerita yang disajikan di dalamnya terasa sangat dalam.

Hal ini tidak lepas dari akting para pemainnya, alur naskah juga dialog di dalamnya, dan yang terakhir adalah kejeniusan tim sound design di film ini.

Semuanya bersatu dengan sangat apik menjalin sebuah drama yang tidak membosankan untuk ditonton. Tidak heran jika review Sound of Metal ini akan banyak memberikan pujian di dalamnya.

Sinopsis Sound of Metal

sound of metal - review

Ruben adalah seorang drummer dan satu anggota dari band duo bernama Blackgammon. Band ini juga beranggotakan kekasihnya, Lou, yang merupakan seorang gitaris dan juga vokalis.

Mereka tinggal di dalam sebuah Recreational Vehicle (RV) dan melakukan tur ke berbagai kota dengan kendaraan sekaligus rumahnya tersebut.

Di suatu hari, Saat mereka sedang mempersiapkan salah satu pertunjukan, Ruben tiba-tiba mengalami penurunan kemampuan pendengaran.

Ia panik dan melakukan banyak hal untuk mencari tahu penyebab ini: meniup hidup, menggerakan rahang, mengorek kuping, tapi tidak ada yang berhasil.

Ia kemudian berkonsultasi dengan seorang dokter pendengaran. Sang dokter menyebut bahwa Ruben kini memiliki kemampuan mendengar hanya 20 hingga 30% dari pendengaran normal, dan akan terus menurun.

Ada sebuah implan yang bisa membantu dirinya kembali mendengar, walau tidak sepenuhnya sehat. Hanya saja harga operasi tersebut sangat mahal dan tidak dibantu oleh asuransi.

Lou kemudian mengetahui hal ini dan meminta untuk menghentikan tur konser mereka. Ruben memaksa untuk lanjut, untuk mengumpulkan uang, agar ia bisa memasang implan.

Hanya saja, Lou memilih untuk mencari bantuan. Ruben akhirnya diterima di dalam sebuah camp atau rumah tinggal yang berisi para teman tuli.

Di sana ia mulai belajar untuk menjadi tuli, mempelajari cara membaca bibir, hingga bahasa isyarat. Yang terpenting, belajar untuk bisa menerima kenyataan dan diri sendiri.

Perpaduan sempurna performa akting dan aspek teknis film

sound of metal - paul raci

Pujian perlu diberikan untuk Riz Ahmed yang membawa narasi film ini secara utuh sejak detik pertama, hingga detik terakhir. Ia berhasil menggambarkan perjalanan karakternya dengan sangat baik.

Ini juga didukung oleh sound design, engineer, dan editing yang memang sangat solid; mengikuti narasi perjalanan sang karakter utama. Emosi penonton terbangun dari perpaduan akting Riz Ahmed dan sound design yang sangat keren. Membuat kita bisa merasakan apa yang ia rasakan.

Pujian lainnya adalah para pemeran pendukung. Paul Raci dan Olivia Cooke memberikan penampilan yang sangat meyakinkan untuk mendukung perkembangan karakter utama. Ditambah lagi, peran pendukung dari para teman tuli di dalamnya, yang juga tampil dengan sangat pas.

Terakhir, film ini adalah film penting tentang bagaimana seseorang menghadapi dan menerima kenyataan. Disajikan dengan indah, tanpa meromantisasi kekurangan yang diderita.

Mengajarkan banyak hal, utamanya tentang para kehidupan teman tuli, tanpa menggurui. Malahan, kita diajak untuk ikut merasakan apa yang mereka rasakan.

***

Selain review Sound of Metal, baca juga beragam review film lainnya di menonton.id. Follow juga Twitter, Facebook, dan Instagram menonton.id untuk informasi terbaru seputar dunia entertainment.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here