7 Film Kartun Terbaik untuk Ditonton Bersama Keluarga saat Liburan

0
815
moana - film kartun

Film kartun menjadi salah satu pilihan utama ketika kamu ingin mengisi waktu saat bersama dengan keluarga. Selain gambar animasinya yang menarik, kartun juga seringkali mengandung makna yang mendalam namun disampaikan dengan cara ringan.

Kamu tentu sudah tidak asing dengan tingkah Nobita bersama kawan-kawannya di film Doraemon yang berkisah tentang persahabatan. Atau kisah tentang membangun sebuah tim di kisah Captain Tsubasa.

Nah, itu adalah beberapa contoh film animasi yang cocok untuk dinikmati siapa saja. Apalagi karakter kartun yang ramah usia sehingga tidak ada batasan usia untuk menontonnya.

Jadi, jenis sinema yang satu ini sangat cocok menjadi tontonan keluarga di akhir pekan atau liburan.

Lain halnya kalau kamu menonton film romantis, jika ditonton bersama orang tua tentunya akan membuatmu malu. Lain lagi dengan jenis film bergenre action, thriller, atau misteri yang kurang cocok untuk anak-anak.

Kalau mau nonton dengan semua anggota keluarga, berikut 7 rekomendasi film kartun terbaik yang bisa kamu pilih.

Film kartun yang bisa jadi pilihan untuk ditonton saat liburan

Coco (2017)

coco - film kartun

Sutradara: Lee Unkrich Pengisi suara: Anthony Gonzalez, Gael Garcia Bernal, Benjamin Bratt, Alanna Ubach Durasi: 105 menit Negara: Amerika Serikat

Siapkan tissue jika kamu berencana menonton kartun yang satu ini. Ya, Coco adalah salah satu pilihan animasi keluarga yang mampu membawa emosi penonton terhanyut akan keharuan. Kecintaan Miguel terhadap musik dan mimpinya menjadi musisi ternyata membawanya pada perjalanan panjang yang penuh dengan kejutan.

Film kolaborasi dari rumah produksi raksasa Disney dan Pixar ini menyajikan nilai-nilai positif seperti keluarga, budaya, hingga mimpi. Daya tarik Coco tentu saja dari visual animasi yang begitu apik serta musik dan skoringnya.

Saking bagusnya, Coco memperoleh rating dari IMDb sebesar 8.4 dan 97% di Rotten Tomatoes, lho.

Frozen (2013)

frozen

Sutradara: Chris Buck, Jennifer Lee Pengisi suara: Kristen Bell, Idina Menzel, Jonathan Groff, Josh Gad Durasi: 102 menit Negara: Amerika Serikat

Kamu pasti sudah tidak asing dengan lagu Let It Go, bukan? Rasanya semua orang paling tidak pernah satu kali mendengar soundtrack fenomenal ini. Lagu ini populer berkat film kartun Frozen yang tidak hanya digemari oleh anak-anak tetapi juga orang dewasa.

Saking populernya, nama Anna dan Elsa bahkan banyak dikenali oleh orang yang belum pernah menonton Frozen sekalipun. Film animasi produksi Disney ini termasuk salah satu yang berpendapatan tertinggi sepanjang masa, lho.

Ulasannya di situs Rotten Tomatoes mencapai 90%.

Toy Story (1995 – 2019)

toy story - film kartun

Sutradara: John Lasseter, Lee Unkrich, Josh Cooley Pengisi suara: Tom Hanks, Tim Allen, Don Rickles, Annie Potts Durasi: 81 – 103 menit Negara: Amerika Serikat

Ingin menikmati sinema bersequel yang tidak pernah membosankan? Toy Story lah jawabannya. Aksi lucu Buzz dan Woody selalu sukses membuat para penontonnya gemas.

Animasi seri yang rilis pertama kali pada tahun 1995 ini memang selalu ditunggu-tunggu para pecinta kartun, baik anak-anak maupun orang dewasa sekalipun.

Film kartun dari Disney dan Pixar Studio ini bahkan tetap seru dan tidak membosankan meskipun sudah ditonton berkali-kali. Tidak heran kalau para kritikus memberikan ulasan bagus untuk Toy Story.

Hingga sekarang, ada 4 seri Toy Story yang siap mengisi liburanmu. Jangan lupa siapkan snack dan minuman sebelum menonton, ya!

Moana (2016)

moana - film kartun

Sutradara: Ron Clements, John Musker Pengisi suara: Auli’i Cravalho, Dwayne Johnson, Rachel House, Temuera Morrison Durasi: 107 menit Negara: Amerika Serikat

Kisah-kisah para Princess Disney memang selalu menarik untuk diikuti. Kalau kamu punya karakter pemberani dan kuat, Moana bisa menjadi rekomendasi utama tontonanmu di akhir pekan nanti.

Moana adalah putri cantik yang punya kepribadian pemberani, tangguh, dan mandiri sehingga mampu menaklukkan lautan.

Disney selalu menghadirkan visualisasi khas yang ciamik. Terlebih film ini menghadirkan lagu yang catchy. Situs Rotten Tomatoes bahkan memberikan rating hingga 95% untuk kartun ini.

Moana adalah salah satu rekomendasi terbaik yang bisa kamu pilih jika ingin menghabiskan waktu dengan menonton bersama keluarga.

Finding Nemo (2003)

finding nemo - film kartun

Sutradara: Andrew Stanton Pengisi suara: Albert Brooks, Ellen DeGeneres, Alexander Gould, Willem Dafoe Durasi: 100 menit Negara: Amerika Serikat

Berbicara tentang film kartun, Finding Nemo tentu menjadi salah satu yang terpopuler. Film yang berkisah tentang pencarian seekor clownfish bernama marlin terhadap anaknya, Nemo ini mendapat sambutan positif dari para pecinta sinema.

Kehidupan laut yang seru dan unik memberi gambaran menarik tentang keadaan bawah laut.

Finding Nemo juga pilihan tepat buat kamu yang ingin menunjukkan beraneka hewan laut kepada adik-adikmu. Anak-anak pastinya akan senang saat melihat tingkah lucu para ikan dan anemon yang berwarna-warni.

Film yang mendapat rating 99% di Rotten Tomatoes ini sangat layak ditonton bersama keluarga.

Spirited Away (2001)

spirited away

Sutradara: Hayao Miyazaki Pengisi suara: Rumi Hiiragi, Miyu Irino, Mari Natsuki, Takeshi Naito Durasi: 125 menit Negara: Jepang

Film kartun berikutnya yang tidak kalah menarik untuk ditonton adalah Spirited Away. Kalau kamu menginginkan visual keren khas animasi Jepang, maka Spirited Away patut masuk ke watchlist akhir pekan ini.

Anime karya Hayao Miyazaki ini mengisahkan kerja keras seorang anak untuk membebaskan kutukan yang mengenai kedua orang tuanya.

Daya tarik Spirited Away tidak hanya terletak pada jalan ceritanya. Kamu juga akan dimanjakan dengan visual menakjubkan ala Studio Ghibli yang popularitasnya sudah mendunia.

Bahkan, pada ajang Academy Awards ke-75, Spirited Away meraih Piala Oscar sebagai Best Animated Feature, lho.

The Lion King (1994)

the lion king

Sutradara: Roger Allers, Rob Minkoff Pengisi suara: Jonathan Taylor Thomas, Matthew Broderick, James Earl Jones, Jeremy Irons Durasi: 88 menit Negara: Amerika Serikat

The Lion King rilisan pertama adalah definisi film kartun Disney yang fenomenal dengan kesuksesan besar. Bahkan kisah Mufasa dan Simba mampu mencuri perhatian publik kala itu dan masih banyak disukai hingga kini.

Jangan heran jika kamu menemui penggemar film animasi yang menonton The Lion King mulai masa kecil hingga dewasa.

Saking legendarisnya, The Lion King seolah menjadi bagian dari siklus hidup seseorang. Dimana seseorang menontonnya sewaktu masih kecil bersama orang tuanya, dan kini ia menikmatinya bersama sang buah hati.

Intinya, The Lion King wajib kamu pilih jika ingin menonton kartun.

Menonton film memang menjadi salah satu hiburan paling menyenangkan bagi banyak orang. Tidak ada salahnya kamu mengisi akhir pekan dengan menikmati berbagai jenis film, salah satunya animasi. Nah, rekomendasi film kartun terbaik di atas patut menjadi pertimbangan karena dijamin akan memuaskan.

***

Bukan hanya film kartun, daftar rekomendasi, review, dan trailer film terbaru bisa dibaca di menonton.id. Follow juga Twitter, Instagram, dan Facebook untuk berita terupdate seputar dunia film dan TV series.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here