15 Film Buddy Cop Lucu dan Penuh Aksi

0
61
rush hour 1999

Bad Boy for Life yang merupakan film ketiga dari franchise Bad Boys (1995) mendapatkan banyak pujian dari kritikus. Padahal, film buddy cop komedi ini diprediksi tidak bisa menyaingi sukses film pertama dan keduanya.

Film bergenre buddy cop memang sangat digemari banyak orang. Genre ini memiliki memiliki dua hal yang menghibur. Yaitu jokes yang bikin ketawa dan adegan penuh aksi yang seru.

Menjadikan film genre ini sangat menarik untuk ditonton sambil bersantai di akhir pekan.

Karenanya, menonton.id memberikan rekomendasi 15 judul film buddy cop lain yang bisa teman menonton saksikan.

Daftar film buddy cop

Partikelir (2018)

Sutradara: Pandji Pragiwaksono | Pemain: Pandji Pragiwaksono, Deva Mahenra, Aurelie Moeremans, Lala Karmela

Partikelir diklaim sebagai film buddy cop pertama Indonesia.

Berkisah tentang Adri dan Jaka yang bersahabat sejak kecil. Cita-cita mereka adalah menjadi detektif. Adri memiliki karakter yang berani dan berpikiran spontan. Sementara Jaka adalah seseorang yang senang membuat strategi dan sedikit lebih lama dalam mengambil keputusan. Suatu hari Adri, yang telah menjadi seorang private investigator meminta bantuan Jaka, seorang laywer, untuk memecahkan suatu misteri.

Bad Boys (1995)

Sutradara: Michael Bay | Pemain: Martin Lawrence, Will Smith, Tea Leoni, Joe Pantaliano

Film ini merupakan film panjang pertama yang disutradarai oleh Michael Bay. Walaupun mendapatkan kritik yang beragam, tapi film ini banyak disukai penonton karena menghibur. Bahkan melahirkan dua film lain Bad Boys II (2003) dan Bad Boys for Life (2020).

Diceritakan, Marcus adalah seorang family man. Sementara Mike adalah seorang playboy. Suatu hari, keduanya diberikan waktu 72 jam untuk mencari heroin yang dicuri dari gudang markas polisi mereka sendiri.

White Chicks (2004)

Sutradara: Keenen Ivory Wayans | Pemain: Shawn Wayans, Marlon Wayans, Jaime King, Frankie Faison

Walaupun mendapatkan banyak nominasi Razzie Awards, film ini tetap menjadi salah satu film komedi paling laris di 2004.

Kakak beradik FBI, Kevin dan Marcus yang berkulit hitam, harus menyamar menjadi perempuan kulit putih untuk menyelesaikan kasus penculikan.

Let’s Be Cops (2014)

Sutradara: Luke Greenfield | Pemain: Jake Johnson, Damon Wayans Jr., Nina Dobrev, Keegan-Michael Key

Diproduksi hanya dengan $17 juta, film ini bisa meraup keuntungan hingga $138,2 juta di seluruh dunia.

Ryan dan Justin bukanlah seorang polisi. Mereka hanyalah dua sabahat yang menggunakan seragam polisi untuk datang ke pesta kostum. Tapi, akhirnya mereka malah harus berhadapan dengan mafia dan detektif korup di dunia nyata.

The Heat (2013)

Sutradara: Paul Feig | Pemain: Sandra Bullock, Melissa McCarthy, Demian Bichir, Michael Rapaport

Film ini disebut-sebut sebagai film yang mudah ditebak. Tapi The Heat juga dipuji karena chemistry dua pemeran utamanya, Sandra Bullock dan Mellisa McCarthy, yang kocak.

Seorang special agent FBI yang kaku harus ber-partner dengan polisi Boston yang senang berkata kasar. Mereka berdua harus saling membantu untuk menangkap gembong narkoba yang jahat.

Ride Along (2014)

Sutradara: Tim Story | Pemain: Ice Cube, Kevin Hart, John Leguizamo, Laurence Fishburne

Film ini mendapatkan total pendapatan $153 juta di seluruh dunia. Padahal hanya membutuhkan budget produksi sebesar $25 juta.

Ride Along berkisah tentang Ben, seorang penjaga sekolah suatu SMA yang berusaha untuk meyakinkan James, bahwa ia pantas untuk menikahi adiknya. James sendiri merupakan seorang polisi. Ia kemudian terpaksa mengajak Ben ikut serta dalam pengejaran perompak dari Serbia.

The Other Guys (2010)

Sutradara: Adam McKay | Pemain: Will Ferrell, Mark Wahlberg, Eva Mendes, Michael Keaton

Film ini merupakan kolaborasi keempat antara Will Ferrell dan sutradara Adam McKay. Banyak dipuji kritikus, film ini berhasil menggaet untung $170 juta di seluruh dunia.

Diceritakan, dua detektif yang bertolak belakang mengambil kesempatan untuk menjadi polisi terbaik di New York, seperti idola mereka. Tapi, tentu saja semuanya tidak berjalan mulus.

48 Hrs. (1982)

Sutradara: Walter Hills | Pemain: Nick Nolte, Eddie Murphy, Annette O’Toole, James Remar

Eddie Murphy memulai debutnya sebagai aktor layar lebar lewat film ini. Tidak tanggung-tanggung, perannya langsung diganjar nominasi Golden Globe.

Film ini bercerita tentang polisi dan tahanannya yang akhirnya harus bersatu untuk menangkap dua pembunuh polisi. Semua itu harus dilakukannya dalam 48 jam.

The Guard (2011)

Sutradara: John Michael McDonagh | Pemain: Brendan Gleeson, Don Cheadle, Mark Strong, Liam Cunningham

Film ini banyak mendapatkan pujian terutama untuk akting dari Gleeson dan Cheadle. Gleeson sendiri bahkan mendapatkan nominasi Golden Globe untuk perannya.

Seorang polisi Irlandia yang agresif disatukan dengan seorang agen FBI yang kaku. Padahal mereka harus menangkap komplotan penyelundup narkoba internasional.

Blue Streak (1999)

Sutradara: Les Mayfield | Pemain: Martin Lawrence, Luke Wilson, Dave Chappelle, Peter Greene

Film ini merupakan sebuah remake dari film Inggris berjudul The Big Job (1965). Soundtrack film ini mendapatkan penghargaan platinum. Salah satu pengisi soundtracknya adalah Jay-Z dengan lagu Girl’s Best Friend.

Blue streak bercerita tentang seorang mantan narapidana yang menyamar menjadi polisi untuk mengambil berlian yang ia curi bertahun-tahun lalu. Ia harus menyamar karena tempat di mana ia menyembunyikan berlian telah berubah menjadi kantor polisi.

Men in Black (1997)

Sutradara: Barry Sonnenfeld | Pemain: Tommy Lee Jones, Will Smith, Linda Fiorentino, Vincent D’Onofrio

Men in Black bercerita tentang dua agen organisasi rahasia bernama Men in Black yang mengawasi kehidupan alien di bumi yang menyamar sebagai manusia.

Film ini mendapatkan pujian di seluruh dunia. Bahkan dua nominasi Piala Oscar berhasil disabet: Best Art Direction dan Best Original Score. Sementara kategori Best Makeup berhasil dimenangkannya.

Hot Fuzz (2007)

Sutradara: Edgar Wright | Pemain: Simon Pegg, Nick Frost, Jim Broadbent, Bill Nighy

Simon Pegg bekerja sama dengan Nick Frost untuk mengungkap beragam kejadian misterius di sebuah desa bernama Sandford di West Country.

Film ini dibintangi banyak nama aktor besar Inggris dan juga beberapa cameo. Hot Fuzz merupakan film kedua dari trilogy Three Flavours Cornetto. Film pertamanya adalah Shaun of the Dead (2004) dan film ketiganya adalah The World’s End (2013). Di ketiga film tersebut, karakternya terlihat memakan berbagai rasa es krim Cornetto.

21 Jump Street (2012)

Sutradara: Phil Lord, Christopher Miller | Pemain: Jonah Hill, Channing Tatum, Brie Larson, Dave Franco

Film ini merupakan pengembangan cerita dari serial TV berjudul sama yang tenar tahun 1987 hingga 1991. Kesuksesan film ini membuatnya mendapatkan sekuel 22 Jump Street di tahun 2014.

Diceritakan, dua polisi harus menyamar sebagai anak SMA untuk mencari tahu tentang penjualan dan transaksi narkoba di sekolah tersebut.

Rush Hour (1998)

Sutradara: Brett Ratner | Pemain: Jackie Chan, Chris Tucker, Tom Wilkinson, Chris Penn

Dua karakter dengan sifat berseberangan dan juga berasal dari negara yang berbeda harus bersatu untuk menyelesaikan kasus penculikan anak diplomat China di Amerika Serikat.

Film ini sukses besar di pasaran sehingga dibuat dua film tambahan, yaitu Rush Hour 2 (2001) dan Rush Hour 3 (2007)

Lethal Weapon (1987)

Sutradara: Richard Donner | Pemain: Mel Gibson, Danny Glover, Gary Busey, Mitchell Ryan

Tiga film sekuel dan satu acara TV series dibuat setelah film ini sukses besar.

Berkisah tentang detektif LAPD yang memiliki sifat berbeda akhirnya harus bekerja sama untuk menyelesaikan kasus. Martin adalah mantan anggota Pasukan Khusus Green Beret yang kehilangan istrinya. Sementara Roger adalah seorang detektif 50 tahun yang “too old for this sh*t“.