17 Indian Film yang Tidak Boleh Dilewatkan Pecinta Film

taare zameen par - 2007 - indian film

Tidak semua Indian film merupakan film Bollywood. Industri film India sendiri bisa memproduksi lebih dari 2.000 judul film setiap tahunnya, dan hanya sebagiannya merupakan film Bollywood.

Bollywood sendiri merupakan film yang diproduksi di Mumbai (dulunya Bombay) dan berbahasa Hindi. Di tahun 2017 lalu, terdapat lebih dari 1.900 judul film yang diproduksi India. Sebanyak 364 film di antaranya adalah film Bollywood.

Karenanya, di luar Bollywood juga masih ada banyak Indian film yang baik. Mulai dari yang diproduksi secara independen, hingga film yang memang diproduksi di luar industri Bollywood.

Bayangkan saja, jika digabungkan, keseluruhan industri film India bisa mengalahkan jumlah produksi film Hollywood. Bahkan dari segi penjualan tiketpun, Bollywood bisa mengalahkan penjualan Hollywood. Belum lagi jika kita menghitung film India secara keseluruhan; tidak hanya Bollywood saja.

Rekomendasi Indian film terbaik untuk tontonan akhir pekan

Sulit untuk memastikan genre dari India. Karena film dari negara ini biasanya merupakan gabungan dan campuran dari beragam genre.

Ada istilah untuk menyebut percampuran genre Indian film ini: Masala film. Masala film adalah film India yang memiliki beragam campuran genre dalam satu film. Tipe film ini sangat umum dan tipikal bagi Indian film.

Biasanya, genre yang digabungkan adalah action, komedi, romance, dan drama dengan sentuhan musikal di dalamnya. Istilah ini diambil dari “masala”, yang merupakan gabungan bumbu dan rempah di masakan India.

Ini dia beragam rekomendasi Indian film terbaik yang bisa dinikmati sambil bersantai di akhir pekan.

Mother India (1957)

Mother India - 1957 - Film Indian

Sutradara: Mehboob Khan Pemain: Nargis, Sunil Dutt, Rajendra Kumar, Raaj Kumar Genre: Drama, Musical, Family Durasi: 172 menit

Premis Mother India: Seorang perempuan desa miskin bernama Radha, yang ditinggalkan suaminya, kesulitan membesarkan anak-anaknya dan bertahan melawan para rentenir licik di tengah banyak masalah lainnya.

Film Indian epik ini merupakan salah satu film termahal yang pernah diproduksi sinema India. Bahkan mendapatkan keuntungan terbesar ketika dirilis. Setelah penyesuaian inflasi pun, film ini masih berada di dalam jajaran film India dengan pendapatan box office terbaik. Bahkan film ini disebut-sebut sebagai film India terbaik sepanjang masa.

Pyaasa (1957)

Pyaasa - 1957 - Film Indian

Sutradara: Guru Dutt Pemain: Guru Dutt, Waheeda Rehman, Mala Sinha, Johnny Walker Genre: Drama, Musical, Romance Durasi: 146 menit

Premis Pyaasa: Seorang penyair berbakat tapi miskin berjuang untuk mendapatkan cinta dan pengakuan di dunia yang egois ini.

Film ini berada di urutan ke 160 dari daftar film terbaik di duna sepanjang masa yang dirilis oleh majalah Sight & Sound yang dipilih dari polling para kritikus dan sutradara film dunia. Bahkan film ini juga masuk dalam daftar 100 film terbaik sepanjang masa yang dibuat oleh majalah Time.

Mughal-e-Azam (1960)

Mughal-e-Azam - 1960 - Film Indian

Sutradara: K. Asif Pemain: Prithviraj Kapoor, Madhubala, Durga Khote, Dilip Kumar Genre: Drama, Romance, War Durasi: 197 menit

Premis Mughal-e-Azam: Seorang pangeran abad 16 jatuh cinta pada seorang penari kerajaan dan harus melawan ayahnya yang merupakan seorang kaisar.

walaupun ketepatan sejarahnya diragukan, tidak ada yang menyangsikan kualitas dari film ini. Film ini menjadi salah satu film tonggak dari genre ini. Dan mendapatkan banyak pujian dari beragam insan perfilman dunia, bukan hanya Indian film saja. Film ini juga sempat menjadi film paling laris di India selama 15 tahun. Ketika dirilis ulang di tahun 2004, film ini juga sukses secara komersial, layaknya film baru.

Sholay (1975)

Sholay - 1975 - Film Indian

Sutradara: Ramesh Sippy Pemain: Dharmendra, Sanjeev Kumar, Hema Malini, Amitabh Bachchan Genre: Action, Adventure, Comedy Durasi: 204 menit

Premis Sholay: Setelah keluarganya dibunuh oleh bandit kejam, seorang anggota polisi merekrut dua orang kriminal untuk menangkap sang bandit tersebut.

Jika film Italia dikenal dengan film Spaghetti Western-nya, Indian film dikenal dengan Curry Western-nya. Film ini mengangkat banyak tema dan filosofi di dalamnya. Dan kini, film tersebut kembali populer dengan para karakter dan adegannya menjadi meme kultural di kehidupan masyarakat India.

Salaam Bombay! (1988)

Salaam Bombay - 1988 - Film Indian

Sutradara: Mira Nair Pemain: Shafiq Syed, Raghuvir Yadav, Anita Kanwar, Nana Patekar Genre: Crime, Drama Durasi: 113 menit

Film ini menjadi film kedua yang dinominasikan sebagai Best International Feature Film Piala Oscar, setelah Mother India (1957). Tidak hanya itu, film ini juga mendapatkan beragam penghargaan lan. Seperti Caméra d’Or dan Audience award di Festival Film Cannes. The New York Times juga memasukkan film ini ke dalam daftar 1.000 Film Terbaik yang Pernah Dibuat.

Dilwale Dulhania Le Jayenge (1995)

Dilwale Dulhania Le Jayenge - 1995 - Film Indian

Sutradara: Aditya Chopra Pemain: Shah Rukh Khan, Kajol, Amrish Puri, Farida Jalal Genre: Drama, Romance Durasi: 189 menit

Premis Dilwale Dulhania Le Jayenge: Ketika Raj bertemu dengan Simran di Eropa, hal itu bukan merupakan cinta pada pandangan pertama. Tapi ketika Simran pindah ke India untuk dijodohkan, cinta datang.

Film ini adalah film satu dari tiga Indian film yang masuk dalam buku referensi menonton 1001 Movies You Must See Before You Die. Tidak hanya itu, kisahnya yang bisa menyentuk banyak orang membuat film ini sangat populer. Sampai-sampai, film ini memegang rekor sebagai film yang paling lama ditayangkan sepanjang sejarah sinema India. Bahkan pada tahun 2019, selama lebih dari 24 tahun setelah film ini dirilis, film ini masih ditayangkan di Maratha Mandir theatre di Mumbai.

Lagaan (2001)

Laagan - 2001 - Film Indian

Sutradara: Ashutosh Gowariker Pemain: Aamir Khan, Raghuvir Yadav, Gracy Singh, Rachel Shelley Genre: Adventure, Drama, Musical Durasi: 224 menit

Premis Lagaan: Di era Victorian, penduduk desa kecil di India mempertaruhkan masa depan dalam sebuah permainan cricket melawan para penguasa Inggris keji.

Menjadi film Indian ketiga yang dinominasikan penghargaan Best Foreign Language setelah Mother India dan Salaam Bombay!, film ini juga tidak boleh terlewatkan. Tidak hanya memenangkan banyak penghargaan dalam negeri, film ini juga mendapatkan pujian di berbagai gelaran penghargaan film dunia.

Jab We Met (2007)

Jab We Met - 2007 - Film Indian

Sutradara: Imtiaz Ali Pemain: Kareena Kapoor, Shahid Kapoor, Dara Singh, Pavan Malhotra Genre: Comedy, Drama, Romance Durasi: 142 menit

Premis Jab We Met: Seorang pebisnis depresi menyadari hidupnya telah berubah setelah ia bertemu seorang perempuan muda yang bebas.

Film ini mendapatkan banyak pujian dari dalam maupun luar negeri India. Tidak tanggung-tanggung, kepopulerannya membuat film ini akan dibuat dalam empat bahasa India lainnya: Tamil, Telugu, Kannada, dan Malayalam. Tapi, akhirnya film ini hanya di-remake ke dalam bahasa Tamil lewat Kanden Kadhalai (2009).

Taare Zameen Par (2007)

taare zameen par - 2007 - indian film

Sutradara: Aamir Khan Pemain: Darsheel Safary, Aamir Khan, Tisca Chopra, Vipin Sharma Genre: Drama, Family Durasi: 164 menit

Premis Taare Zamen Par: Seorang anak berusia delapan tahun dikira sebagai seorang pemalas pembuat masalah. Sampai seorang guru kesenian baru dengan sabar dan sayang menemukan masalah utama di balik kesulitannya di sekolah.

Film ini merupakan film Indian pertama yang hak distribusinya dibeli oleh Disney. Tidak heran jika film ini sangat cocok untuk ditonton bersama keluarga. Beragam penghargaan juga didapatkan oleh film ini. Di antaranya adalah Best Film Filmfare Award.

3 Idiots (2009)

3 Idiots - 2009 - Film Indian

Sutradara: Rajkumar Hirani Pemain: Aamir Khan, R. Madhavan, Sharman Joshi, Kareena Kapoor Genre: Comedy, Drama Durasi: 170 menit

Premis 3 Idiots: Dua orang teman mencari seorang sahabat lama lainnya. Mereka mendatangi kampus dan mengingat lagi memorinya, bagaimana mereka diminta untuk berpikir berbeda sampai orang lain menyebut mereka “idiot”.

Film yang mengubah dunia pendidikan di India dan juga hingga ke negara Asia lain seprti China adalah 3 Idiots. Film ini memadukan kisah masa kuliah, kritik sosial, kisah romansa, dan juga kekonyolan para karakternya dengan sangat baik. Tidak heran jika ilm ini menjadi salah satu film India yang sukses dalam segi komersial di dunia Internasional. Bahkan film ini sudah dibuat ulang ke dalam bahasa Tamil (Nanban, 2012), Telugu (Snehitudu, 2012), Meksiko (3 Idiotas), dan Israel (3 Idiotim, 2021).

Barfi! (2012)

Barfi - 2012 - Film Indian

Sutradara: Anurag Basu Pemain: Ranbir Kapoor, Priyanka Chopra, Ileana D’Cruz, Ashish Vidyarthi Genre: Comedy, Drama, Romance Durasi: 150 menit

Premis Barfi!: Tiga anak muda menyadari bahwa cinta tidak bisa didefinisikan atau diisi dengan definisi normal dan abnormal oleh masyarakat.

Komedi romantis ini bisa jadi merupakan salah satu film Indian yang terbaik yang pernah dibuat. Film ini sukses di pasaran, begitu juga mendapatkan banyak pujian dari kritikus dan pecinta film. Lewat film ini kita juga menyadarai bahwa dengan cinta yang spesial bagi mereka yang spesial juga akan mengajarkan sesuatu yang spesial.

Kahaani (2012)

Kaahani - 2012 - Film Indian

Sutradara: Sujoy Ghosh Pemain: Vidya Balan, Parambrata Chattopadhyay, Indraneil Sengupta, Nawazuddin Siddiqui Genre: Mystery, Thriller Durasi: 122 menit

Premis Kahaani: Seorang perempuan hamil mencari suaminya yang meninggal membawanya dari London ke Kolkata, tapi semua orang yang ia tanya membantah pernah bertemu dengan suaminya.

Tidak banyak film misteri dan thriller Indian yang dikena masyarkat luas internasional. Kahaani adalah salah satu yang bisa menembus pasar internasional tersebut. Tidak heran ketika film ini akhirnya memenangkan beragam penghargaan film terbaik di India, dan dibuat sekuelnya di tahun 2016. Film ini mengeksplor feminisme dan menjadi seorang ibu di masyarakat India yang didominasi laki-laki.

Queen (2013)

Queen - 2013 - Film Indian

Sutradara: Vikas Bahl Pemain: Kangana Ranaut, Rajkummar Rao, Lisa Haydon, Mish Boyko Genre: Adventure, Comedy, Drama Durasi: 146 menit

Premis Queen: Perempuan Delhi yang berasal dari keluarga tradisional mengadakan bulan madu mandiri setelah pernikahannya batal.

Film ini banyak disebut sebagai film klasik oleh peneliti film. Majalah seperti O, The Oprah Magazine dan Cosmopolitan bahkan memasukkan film ini sebagai film Indian terbaik spanjang masa. Hal ini karena film ini menjadi sebuah tonggak sejarah baru dari film India yang memiliki karakter utama perempuan kuat, dan mengubah film konvensional Bollywood.

The Lunchbox (2013)

The Lunchbox - 2013 - Film Indian

Sutradara: Ritesh Batra Pemain: Irrfan Khan, Nimrat Kaur, Nawazuddin Siddiqui Genre: Drama, Romance Durasi: 105 menit

Premis The Lunchbox: Sebuah sistem pengiriman makan siang di Mumbai menghubungkan seorang ibu rumah tangga muda dengan seorang lelaki tua sambil mereka membangun dunia fantasi bersama dengan catatan di makan siang mereka.

Penghargaan Grand Rail d’Or berhasil dimenangkan oleh film ini di Festival Film Cannes. Di sini kita bisa melihat penampilan akting luar biasa dari Irrfan Khan, selain juga bisa menikmati sebuah sajian film romantis yang bisa membuat senyum-senyum sendiri.

PK (2014)

PK - 2014 - Film Indian

Sutradara: Rajkumar Hirani Pemain: Aamir Khan, Anushka Sharma, Sushant Singh Rajput, Boman Irani Genre: Comedy, Drama, Musical Durasi: 152 menit

Premis PK: Seorang alien mendatang di Bumi dan kehilangan satu-satunya alat yang bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan pesawat angkasanya. Ia yang tidak tahu apa-apa mempertanyakan berbagai hal dan dampak dari agama pada masyarakat.

PK hadir sebagai film satir yang datang tepat waktu. Di mana film ini mempertanyakan beragam institusi agama yang seakan menjadi sebuah media untuk memperkaya para petingginya, dibanding dengan umatnya. Film ini memenangkan beragam penghargaan baik di India maupun di dunia.

Dangal (2016)

Sutradara: Nitesh Tiwari Pemain: Aamir Khan, Sakshi Tanwar, Faitma Sana Shaikh, Zaira Wasim Genre: Action, Biography, Drama Durasi: 161 menit

Premis Dangal: Mantan pegulat Mahavir Singh Phogat dan dua anak perempuan pegulatnya berjuang mendapatkan kemenangan di kejuaraan Commonwealth Game saat harus juga menghadapi tekanan sosial.

Film Indian ini merupakan film genre olahraga terlaris sepanjang masa di seluruh dunia. Hal tersebut sudah cukup untuk menunjukkan betapa film ini memang sangat diterima banyak pecinta film di dunia. Film ini juga menjadi sebuah kritik sosial akan kelas, gender, baik di India dan dunia.

Kapoor & Sons (2016)

Kapoor & Sons - 2016 - Film Indian

Sutradara: Shakun Batra Pemain: Sidharth Malhotra, Fawad Khan, Alia Bhatt, Rishi Kapoor Genre: Comedy, Drama, Romance Durasi: 140 menit

Premis Kapoor & Sons: Sekeluarga disfungsional dengan dua anak laki-laki mendatangi keluarganya dan menyadari bahwa pernikahan orang tua mereka sedang di ujung tanduk. Keluarganya juga mengalami kesulitan sosial, dan drama mulai terbuka.

Memenangkan banyak penghargaan film bergensi di India, film ini merupakan film keluarga yang perlu ditonton para pecinta genre ini. Akting para pemainnya begitu meyakinkan dan bisa menghidupkan kisah yang sebenarnya cukup general.

***

Tidak hanya Indian film, lihat juga rekomendasi film lain dari berbagai negeri di menonton.id. Follow juga Twitter, Instagram, dan Facebook.

Ryan Achadiat

Memulai karier sebagai seorang editor dan penulis di sebuah majalah film, Ryan berpindah karier sebagai wartawan dan lalu kemudian sebagai digital content manager. Kini kesibukannya adalah menonton ulang The Office sambil mencoba menyelesaikan pekerjaannya yang menumpuk. Tapi malah bikin menonton.id.

View All Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *