60 Film Komedi Romantis Terbaik Sepanjang Masa Versi Menonton.id

2
126
roman holiday - film komedi romantis terbaik menonton.id

Sulit untuk membuat daftar film komedi romantis (film rom-com) terbaik sepanjang masa. Bukan karena apa-apa, film komedi romantis sendiri bisa dibilang sebagai genre yang sangat luas cakupannya.

Komedi romantis bisa lekat dengan cerita musikal, drama, action, thriller, bahkan horor sekalipun. Menjadikannya sebagai salah satu genre yang paling versatile dalam film.

Walau begitu, menonton.id merangkum sebanyak 60 judul film komedi romantis terbaik sepanjang masa. Film-film ini memang merupakan film yang bisa memberikan rasa hangat, tawa, dan bahkan haru ketika menontonnya.

Untuk para pecinta film bergenre komedi romantis, film-film ini paling tidak harus dintonton sekali selama hidup.

Daftar film komedi romantis terbaik

1 Daftar film komedi romantis terbaik

Berikut ini adalah daftar film komedi romantis terbaik sepanjang masa. Film-film ini diurutkan berdasarkan tahun rilis, dimulai dari yang paling terlama ke yang terbaru.

Selamat menonton!

City Lights (1931)

Sutradara: Charlie Chaplin Penulis: Charlie Chaplin Pemain: Charlie Chaplin, Virginia Cherrill, Florence Lee, Harry Myers Negara: Amerika Serikat Durasi: 87 menit

Premis City Lights: Dengan bantuan seorang jutawan, The Tramp yang jatuh cinta pada seorang perempuan tunanetra, mengumpulkan uang untuk bisa membantunya secara medis.

Film bisu ini menjadi salah satu pionir genre rom-com dunia perfilman. Kisahnya sederhana, tapi dipenuhi dengan adegan jenaka slapstick yang mengundang penuh tawa. Walau begitu tidak ketinggalan untuk tetap memberikan sebuah sentuhan romantis di dalamnya.

It Happened One Night (1934)

Sutradara: Frank Capra Penulis: Robert Riskin Pemain: Clark Gable, Claudette Colbert, Walter Connolly, Roscoe Karns Negara: Amerika Serikat Durasi: 105 menit

Premis It Happened One Night: Seorang ahli waris perempuan kabur dari keluarganya dengan dibantu oleh seorang pria yang ternyata adalah seorang wartawan yang sedang mencari berita.

Film ini adalah film pertama yang memenangkan lima kategori utama Piala Oscar sekaligus: Best Picture, Best Director, Best Actor, Best Actress, dan Best Adapted Screenplay. Sepanjang sejarah film, hanya ada tiga film yang bisa melakukan ini. Dua film lainnya adalah One Flew Over the Cuckoo’s Nest (1975) dan The Silence of the Lambs (1991).

Modern Times (1936)

Sutradara: Charlie Chaplin Penulis: Charlie Chaplin Pemain: Charlie Chaplin, Paulette Goddard, Henry Bergman, Tiny Sanford Negara: Amerika Serikat Durasi: 87 menit

Premis Modern Times: The Tramp berusaha untuk hidup di era industri modern dengan bantuan dari seorang perempuan tunawisma muda.

Sama seperti film sebelumnya, City Lights (1931), film ini merupakan film bisu yang berkisah tentang The Tramp, karakter khas ciptaan Charlie Chaplin. Berisikan banyak adegan slapstick jenaka dan juga adegan romantis yang menggelitik.

Bringing Up Baby (1938)

Sutradara: Howard Hawks Penulis: Dudley Nichols, Hagar Wilde, Robert McGowan, Gertrude Purcell Pemain: Katharine Hepburn, Cary Grant, Charles Ruggles, Barry Fitzgerald Negara: Amerika Serikat Durasi: 102 menit

Premis Bringing Up Baby: Mencoba untuk mengamankan uang donasi sebesar $1 juta untuk museumnya, seorang paleontologis dikejar-kejar oleh seorang perempuan menganggu dan leopard peliharaannya bernama baby.

Film ini memang bukanlah sebuah film yang sukses secara komersial pada saat pertama kali dirilis. Tapi seiring waktu, Bringing Up Baby mendapatkan banyak pujian dari kritikus dan penggemar film. Karena banyak adegan di dalamnya yang mengundang tawa.

His Girl Friday (1940)

Sutradara: Howard Hawks Penulis: Charles Lederer, Ben Hecht Pemain: Cary Grant, Rosalind Russell, Ralph Bellamy, Gene Lockhart Negara: Amerika Serikat Durasi: 92 menit

Premis His Girl Friday: Seorang reporter surat kabar mencoba menggunakan segala cara menangkal mantan istrinya yang juga seorang reporter ternama untuk menikah lagi.

Film ini memiliki banyak adegan di mana di dalamnya para karakter saling beradu dialog dengan cepat. Mengundang tawa banyak penonton. Tidak heran karena sang sutradara Howard Hawks meminta para pemainnya untuk berakting dengan agresif dan spontan.

The Shop Around the Corner (1940)

Sutradara: Ernst Lubitsch Penulis: Samson Raphaelson, Ben Hecht Pemain: Margaret Sullavan, James Stewart, Frank Morgan Negara: Amerika Serikat Durasi: 99 menit

Premis The Shop Around the Corner: Dua orang pekerja toko hadiah tidak menyukai satu sama lain. Tanpa mengetahui bahwa mereka berdua saling mencintai karena merupakan sahabat pena.

Naskahnya pintar, dan tentunya lucu. Ditambah lagi, kisahnya bercerita tentang sebuah perjalanan cinta yang klasik: benci jadi cinta. Sungguh menghibur dan menghangatkan hati setelah menontonnya.

The Philadelphia Story (1940)

Sutradara: George Cukor Penulis: Donald Ogden Stewart, Waldo Salt Pemain: Cary Grant, Katharine Hepburn, James Stewart, Ruth Hussey Negara: Amerika Serikat Durasi: 112 menit

Premis The Philadelphia Story: Ketika mantan suami seorang perempuan kaya dan seorang reporter tabloid mencoba untuk menikah lagi, ia mulai menyadari hal tentang dirinya.

Film komedi romantis ini merupakan sebuah adaptasi dari pertunjukan teater Broadway. Film ini disebut-sebut sebagai salah satu contoh film komedi terbaik tentang menikah kembali. Genre ini sendiri sempat populer pada tahun 1930 hingga 1940-an; di mana seorang pasangan yang bercerai mencoba berhubungan dengan orang lain, namun kemudian menikah kembali dengan pasangannya.

The Lady Eve (1941)

Sutradara: Preston Sturges Penulis: Preston Sturges Pemain: Phil Boutelje, Charles Bradshaw, Gil Grau, Sigmund Krumgold Negara: Amerika Serikat Durasi: 94 menit

Premis The Lady Eve: Tiga orang pemain kartu andal mengincar seorang pewaris jutaan dollar yang canggung, tapi salah satu dari mereka jatuh cinta padanya.

film ini mendapat banyak pujian dari para kritikus film karena berhasil mengemas cerita jenaka yang sekaligus juga memberikan kesan romantis di dalamnya. Gabungan antara candaan slapstick dan satir juga mengisi film ini.

Roman Holiday (1953)

roman holiday - film komedi romantis

Sutradara: William Wyler Penulis: Dalton Trumbo, Iam McLellan Hunter, John Dighton Pemain: Gregory Peck, Audrey Hepburn, Eddie Albert, Hartley Power Negara: Amerika Serikat, Italia Durasi: 118 menit

Premis Roman Holiday: Seorang putri yang dikurung merasa bosan dan kabur dari penjaganya. Ia kemudian jatuh cinta pada seorang wartawan asal Amerika Serikat di Roma, Italia.

Aksi Audrey Hepburn dalam film ini berhasil memberikannya sebuah penghargaan Piala Oscar Best Actress. Syuting film ini dilakukan di Roma, Italia. Awalnya film rom-com ini akan dirilis dalam format berwarna. Tapi karena biaya produksi yang terlalu mahal, film ini kemudian dirilis dalam hitam putih; yang menjadikannya tampak lebih klasik.

Sabrina (1954)

Sutradara: Billy Wilder Penulis: Billy Wilder, Ernest Lehman, Samuel A. Taylor Pemain: Humphrey Bogart, Audrey Hepburn, William Holden Negara: Amerika Serikat Durasi: 113 menit

Premis Sabrina: Seorang playboy jadi tertarik akan anak perempuan dari sopir keluarganya. Tapi sang kakaknya yang lebih serius lebih baik untuk perempuan tersebut.

Film ini sangat memberikan sebuah sajian yang mengesankan. Terutama dari akting ketiga pemeran utamanya, Bogart, Hepburn, dan Holden. Ketiganya terlibat dalam konflik yang sangat romantis, tapi juga mengundang tawa.

Desk Set (1957)

desk set - film komedi romantis

Sutradara: Walter Lang Penulis: Phoebe Ephron, Henry Ephron Pemain: Katharine Hepburn, Spencer Tracy, Gig Young, Joan Blondell Negara: Amerika Serikat Durasi: 103 menit

Premis Desk Set: Dua kepribadian yang sangat kuat harus beradu saat sebuah departemen riset stasiun TV melakukan komputerisasi.

Komedinya menghibur, dan candaan antar kedua pemeran utamanya sangat kaya dan juga pintar. Menjadikan penonton sangat terhibur oleh film rom-com ini. Akting dari Hepburn dan Tracy juga sangat meyakinkan dan membuat penonton ikut tersenyum sendiri saat menonton tingkah mereka.

Some Like It Hot (1959)

Sutradara: Billy Wilder Penulis: Billy Wilder, I. A. L. Diamond Pemain: Marilyn Monroe, Tony Curtis, Jack Lemmon, George Raft Negara: Amerika Serikat Durasi: 121 menit

Premis Some Like It Hot: Setelah dua orang musisi laki-laki menjadi saksi mata tindakan kriminal oleh gangster, mereka pergi keluar dari negara bagian dan menyamar sebagai perempuan dalam band yang semua personilnya adalah perempuan. Tapi, hal tersebut menjadi sangat rumit seiring waktu.

Film rom-com ini mendapatkan banyak penghargaan dan disebut-sebut sebagai salah satu film terbaik sepanjang masa. Film ini bahkan memuncaki daftar film komedi terbaik yang dibuat oleh American Film Institute atau AFI.

The Apartment (1960)

the apartment - film komedi romantis

Sutradara: Billy Wilder Penulis: Billy Wilder, I. A. L. Diamond Pemain: Jack Lemmon, Shirley MacLaine, Fred MacMurray, Jack Kruschen Negara: Amerika Serikat Durasi: 125 menit

Premis The Apartment: Seorang pebisnis ingin mengembangkan perusahaannya dengan mengizinkan para karyawannya menggunakan apartemennya sebagai tempat pertemuan. Tapi hal ini menjadi rumit dan sebuah kisah romansa mulai muncul.

Sama seperti Some Like It Hot (1959), The Apartment merupakan salah satu film terbaik sepanjang masa para kritikus film. Film ini memenangkan lime penghargaan Piala Oscar. Di antaranya adalah Best Picture, Best Director, dan Best Screenplay.

Harold and Maude (1971)

Sutradara: Hal Ashby Penulis: Collin Higgins Pemain: Ruth Gordon, Bud Cont, Vivian Pickles, Cyril Cusack Negara: Amerika Serikat Durasi: 91 menit

Premis Harold and Maude: Harold, seorang anak muda, kaya raya, dan terobsesi dengan kematian, bertemu dengan seorang perempuan berusia 70 tahunan yang mengubah hidupnya secara drastis.

Penuh dengan lelucon gelap, film ini sangat kontroversial ketika dirilis pertama kali. Banyak kritikus dan penonton tidak menyukai film ini. Menjadikannya gagal secara kritik maupun komersil. Tapi seiring waktu, film ini mendapatkan banyak penggemar dan mulai masuk dalam beragam daftar film terbaik yang dibuat kritikus film. Salah satunya adalah film paling lucu yang pernah dibuat dalam daftar yang disusun oleh AFI.

Annie Hall (1977)

annie hall - film komedi romantis

Sutradara: Woody Allen Penulis: Woody Allen, Marshall Brickman Pemain: Woody Allen, Diane Keaton, Tony Roberts, Carol Kane Negara: Amerika Serikat Durasi: 93 menit

Premis Annie Hall: Seorang lelaki komedian asal New York yang mencoba mencari tahu alasan ia selalu gagal dalam percintaan, jatuh cinta pada Annie Hall yang ia kenal dari seorang teman.

Film ini lagi-lagi menjadi salah satu film rom-com yang disebut-sebut sebagai salah satu film terbaik yang pernah dibuat. Naskahnya penuh dengan dialog jenaka dan sangat menghibur untuk ditonton. AFI memasukkan film ini di peringkat ke-31 daftar film terbaik sinema Amerika Serikat. Bahkan film ini ada di urutan ke-4 dalam daftar film komedi terbaik sepanjang masa.

Manhattan (1979)

Sutradara: Woody Allen Penulis: Woody Allen, Marshall Brickman Pemain: Woody Allen, Diane Keaton, Michael Murphy, Meryl Streep Negara: Amerika Serikat Durasi: 96 menit

Premis Manhattan: Seorang duda penulis TV berpacaran dengan seorang perempuan muda berusia 17 tahun. Hidupnya menjadi semakin rumit ketika ia jatuh cinta pada selingkuhan sahabatnya sendiri.

Sama seperti film sebelumnya, Manhattan juga disebut-sebut sebagai salah satu film terbaik yang pernah ada sepanjang sejarah perfilman. Bukan hanya film komedi romantis terbaik. Kisahnya jenaka, dialognya mendalam, dan juga sangat menyenangkan untuk ditonton.

Broadcast News (1987)

Sutradara: James L. Brooks Penulis: James L. Brooks Pemain: William Hurt, Albert Brooks, Holly Hunter Negara: Amerika Serikat Durasi: 133 menit

Premis Broadcast News: Berkisah tentang dua orang rival reporter TV: satu tampan, satu bertalenta, dan keduanya lelaki. Ditambah seorang produser perempuan. Ketiganya sangat menghibur.

Kisah cinta di kantor tidak pernah ketinggalan zaman. Bahkan dalam sebuah setting di stasiun TV zaman dulu seperti yang disajikan film ini. Film komedi romantis ini bisa membuat kita tertawa sekaligus juga menikmati film dengan alur cerita yang sangat menyenangkan untuk ditonton ini.

Moonstruck (1987)

moonstruck - film komedi romantis

Sutradara: Norman Jewison Penulis: John Patrick Shanley Pemain: Cher, Nicholas Cage, Vincent Gardenia, Olympia Dukakis Negara: Amerika Serikat Durasi: 102 menit

Premis Moonstruck: Loretta Castorini, seorang perempuan dari Brooklyn, New York, harus menghadapi situasi yang sulit ketika ia malah jatuh cinta pada saudara laki-laki pria yang ia akan nikahi.

Film ini banyak dipuji oleh kritikus dan penggemar film. Terutama dari naskahnya yang menghibur dan juga penampilan para pemainnya, Cher dan Dukakis. Film ini mendapatkan enam nominasi Piala Oscar dan memenangkan tiga di antaranya. Yaitu Best Actress (Cher), Best Original Screenplay, dan Best Supporting Actress (Dukakis).

The Princess Bride (1987)

the princess bride - film komedi romantis

Sutradara: Rob Reiner Penulis: William Goldman Pemain: Cary Elwes, Mandy Patinkin, Chris Sarandon, Christopher Guest Negara: Amerika Serikat Durasi: 98 menit

Premis The Princess Bride: Ketika sakit dan menghabiskan waktu di rumah, seorang kakek membacakan seorang anak laki-laki cerita. Cerita tersebut berkisah tentang seorang anak petani yang berubah menjadi perompak dan harus menghadapi banyak rintangan dan musuh untuk bisa bertemu dengan kekasihnya.

Film ini memiliki banyak penggemar fanatik di seluruh dunia. Hal ini karena memang ceritanya yang unik dan juga sangat menghibur banyak orang. Bahkan film ini juga berada di peringkat ke-88 100 film kisah cinta terbaik AFI.

Say Anything… (1989)

say anything - film komedi romantis

Sutradara: Cameron Crowe Penulis: Cameron Crowe Pemain: John Cusack, Ione Skye, John Mahoney Negara: Amerika Serikat Durasi: 100 menit

Premis Say Anything…: Seorang anak SMA laki-laki pemalas dan seorang perempuan cantik juara kelas jatuh cinta sepanjang musim panas, sebelum sang perempuan harus pergi ke universitas.

Kisah cinta anak sekolah modern bisa dibilang mulai populer karena film ini. Bahkan film ini memiliki sebuah adegan ikonik di mana sang karakter utama, Lloyd Dobler (Cusack), mengangkat boombox di depan rumah kekasihnya Diane Court (Skye).

When Harry Met Sally… (1989)

when harry met sally - film komedi romantis

Sutradara: Rob Reiner Penulis: Nora Ephron Pemain: Billy Crystal, Meg Ryan, Carrie Fisher, Bruno Kirby Negara: Amerika Serikat Durasi: 96 menit

Premis When Harry Met Sally…: Harry dan Sally saling mengenal sejak lama, dan merupakan teman yang baik, tapi mereka takut bahwa hubungan seks akan merusak pertemanan mereka.

Disebut-sebut sebagai salah satu film rom-com terbaik sepanjang masa, film ini berhasil mengangkat sebuah tema yang sangat universal, tentang apakah seorang perempuan dan laki-laki bisa menjadi sahabat, tanpa menginginkan hubungan seks sama sekali. Jangan lewatkan adegan ikonik Harry dan Sally di New York Deli.

Belle Époque (1992)

Sutradara: Fernando Trueba Penulis: Rafael Azcona, José Luis García Sánchez, Fernando Trueba Pemain: Jorge Sanz, Penélope Cruz, Fernando Fernán Gómez, Miriam Díaz Aroca Negara: Spanyol Durasi: 109 menit

Premis Belle Époque: Seorang tentara Spanyol pergi mendatangi sebuah desa sepi hingga akhirnya empat anak perempuan petani datang. Ia lalu jatuh cinta pada mereka semua.

Film ini mendapatkan banyak penghargaan bergengsi. Salah satunya adalah Goya Awards di mana film ini mendapatkan banyak penghargaan. Mulai dari Best Film, Best Director, Best Actress, Best Supporting Actor, dan Best Supporting Actress. Film ini juga berhasil membawa pulang penghargaan Best Foreign Language Film Piala Oscar.

Groundhog Day (1993)

Sutradara: Harold Ramis Penulis: Danny Rubin Pemain: Bill Murray, Andie MacDowell, Chris Elliott Negara: Amerika Serikat Durasi: 101 menit

Premis Groundhog Day: Seorang pembawa berita cuaca pergi ke suatu kota untuk meliput acara Groundhog Day bersama rekannya. Tapi ternyata, ia terjebak terus di hari tersebut, dan harus menjalani hari yang sama lagi dan lagi.

Film ini mendapatkan banya pujian karena memang menggambarkan momen sentimental dan sinikal yang sangat dalam. Ditambah lagi dengan pesan filosofis di dalamnya. Belum lagi naskahnya yang juga lucu membuat film ini sebagai film yang sangat menghibur.

Four Weddings and a Funeral (1994)

Sutradara: Mike Newell Penulis: Richard Curtis Pemain: Hugh Grant, Andie MacDowell, Kristin Scott Thomas, Simon Callow Negara: Inggris Durasi: 117 menit

Premis Four Weddings and a Funeral: Dalam lima aktivitas sosial, seorang bujangan menyadari bahwa ia baru saja menemukan cinta di sana.

Film ini berhasil menjadi film Inggris paling laris sepanjang masa ketika pertama kali dirilis. Selain itu, film komedi romantis ini mendapatkan banyak penghargaan. Bahkan, majalah Empire menempatkan film ini di posisi ke-21 dalam daftar 100 film terbaik Inggris.

Go Fish (1994)

Sutradara: Rose Troche Penulis: Rose Troche, Guinevere Turner Pemain: Guinevere Turner, V.S. Brodie, T. Wendy McMillan, Anastasia Sharp Negara: Amerika Serikat Durasi: 84 menit

Premis Go Fish: Max adalah seorang lesbian yang kesulitan mendapatkan cinta. Seorang teman menjodohkan ia dengan Ely, yang memang Max sukai. Tapi Ely dan Max tidak memiliki banyak kesamaan di antara keduanya.

Film ini mendobrak banyak hal. Naskahnya menggelitik sekaligus menghibur, selain juga merayakan kultur lesbian di dalamnya. Film ini juga berhasil meluncurkan karier dari Rose Troche dan Guinevere Turner.

Muriel’s Wedding (1994)

Sutradara: P. J. Hogan Penulis: P. J. Hogan Pemain: Toni Collette, Bill Hunter, Rachel Griffiths Negara: Australia Durasi: 101 menit

Premis Muriel’s Wedding: Seorang perempuan di Australia mencuri uang dari orang tuanya untuk membiayai liburannya di mana ia berharap mendapatkan kebahagiaan, dan mungkin juga cinta.

Film ini mengundang banyak tawa. Walau begitu di dalamnya juga ada beragam pesan penting. Film ini memberikan banyak hal sepanjang filmnya. Tidak heran jika film ini banya disukai penggemar film komedi romantis.

Clueless (1995)

Sutradara: Amy Heckerling Penulis: Amy Heckerling Pemain: Alicia Silverstone, Stacey Dash, Brittany Murphy, Paul Rudd Negara: Amerika Serikat Durasi: 97 menit

Premis Clueless: Cher Horowitz, seorang perempuan SMA populer, cantik, dan kaya raya mencoba berteman dengan anak baru bernama Tai Frasier dan memutuskan untuk memberikan dirinya makeover.

Film ini sebenarnya merupakan adaptasi lepas dari novel karya Jane Austen berjudul Emma. Film ini sangat sukses ketika dirilis. Bahkan hingga kini masih disebut-sebut sebagai film remaja terbaik yang pernah dibuat. Kesuksesan film ini membuat Clueless sudah diadaptasi ke dalam sebuah spin-off sitkom TV, serial buku, komik, hingga teater musikal. Paramount Pictures kabarnya akan membuat remake film ini.

Rangeela (1995)

Sutradara: Ram Gopal Varma Penulis: Ram Gopal Varma Pemain: Aamir Khan, Jackie Shroff, Urmila Matondkar Negara: India Durasi: 150 menit

Premis Rangeela: Perempuan muda kelas menengah yang ingin menjadi aktris terkenal Bollywood, terjebak dalam cinta segitiga antara teman masa kecilnya dan seorang aktor terkenal.

Bollywood menjadi sebuah surga bagi para pecinta film komedi romantis. Bagaimana tidak, banyak film kenamaan dari Bollywood yang memiliki genre komedi romantis. Biasanya ditambah dengan sentuhan musikal khas. Rangeela memberikan itu semua, dan sangat menghibur untuk ditonton.

The American President (1995)

Sutradara: Rob Reiner Penulis: Aaron Sorkin Pemain: Michael Douglas, Annette Bening, Martin Sheen, David Paymer Negara: Amerika Serikat Durasi: 113 menit

Premis The American President: Presiden Amerika Serikat yang seorang duda sedang menjalankan kampanye untuk terpilih kembali. Ia kemudian jatuh cinta pada pelobi lingkungan.

Naskah cepat khas Aaron Sorkin, performa akting keren dari Michael Douglas dan Annette Benning, ditambah arahan film rom-com khas Rob Reiner membuat film ini sangat menakjubkan.

Jerry Maguire (1996)

Sutradara: Cameron Crowe Penulis: Cameron Crowe Pemain: Tom Cruise, Cuba Gooding Jr., Renée Zellweger, Kelly Preston Negara: Amerika Serikat Durasi: 139 menit

Premis Jerry Maguire: Seorang agen olahraga dipecat dari pekerjaannya. Ia lalu berjuang untuk menjadi seorang agen independen dengan hanya bantuan seorang kolega, dan mewakili satu atlet saja.

Kutipan terkenal seperti “You complete me”, “Help me help you”, “Show me the money!”, hingga “You had me at ‘hello'” semuanya berasal dari film ini. Fakta ini sepertinya cukup untuk menggambarkan betapa memorablenya film rom-com ini.

Shall We Dance? (1996)

shall we dance - film komedi romantis

Sutradara: Masayuki Suo Penulis: Masayuki Suo Pemain: Kōji Yakusho, Tamiyo Kusakari, Naoto Takenaka, Eriko Watanabe Negara: Jepang Durasi: 136 menit

Premis Shall We Dance?: Seorang akuntan yang sukses namun tidak bahagia kehilangan semangat dalam hidupnya. Ia lalu menemukannya ketika memulai pelajaran dansa secara diam-diam.

Film ini mendapatkan banyak sambutan meriah dari pecinta film komedi romantis. Bahkan, film ini sempat dibuat dalam versi bahasa Inggris atau Hollywood-nya. Dengan Richard Gere sebagai pemeran utamanya.

Kuch Kuch Hota Hai (1998)

kuch kuch hota hai - film komedi romantis

Sutradara: Karan Johar Penulis: Karan Johar Pemain: Shah Rukh Khan, Kajol, Rani Mukerji, Salman Khan Negara: India Durasi: 185 menit

Premis Kuch Kuch Hota Hai: Saat kuliah, Anjali jatuh cinta pada sahabatnya, Rahun. Tapi Rahul hanya menginginkan Tina. Bertahun-tahun kemudian, anak perempuan 8 tahun Rahul dan Tina mencoba mempersatukan Rahul dan Anjali, setelah Tina telah meninggal dunia.

Bisa dibilang, Kuch Kuch Hota Hai merupakan film Bollywood paling ternama dan legendaris sepanjang sejarahnya. Tidak heran jika ketika dirilis, film ini menjadi film India paling laris sepanjang masa. Performa akting dari para pemeran utamanya sungguh khas Bollywood dan memberikan hiburan yang lepas ketika ditonton.

Shakespeare in Love (1998)

Sutradara: John Madden Penulis: Mark Norman, Tom Stoppard Pemain: Gwyneth Paltrow, Joseph Fiennes, Geoffrey Rush, Colin Firth Negara: Amerika Serikat, Inggris Durasi: 123 menit

Premis Shakespeare in Love: William Shakespeare jatuh cinta pada Viola de Lesseps saat menulis Romeo and Juliet.

Untuk para pecinta film rom-com yang juga merupakan penggemar Shakespeare, film ini sangat cocok untuk dinikmati. Ada banyak karakter, dialog, plot di dalamnya yang sengaja dibuat mirip akan drama-drama karya Shakespeare.

The Wedding Singer (1998)

the wedding singer - film komedi romantis

Sutradara: Frank Coraci Penulis: Tim Herlihy Pemain: Adam Sandler, Drew Barrymore, Christine Taylor Negara: Amerika Serikat Durasi: 96 menit

Premis The Wedding Singer: Robbie, seorang penyanyi pernikahan, dan Julia, seorang pramusaji, keduanya sudah bertunangan, tapi masing-masing pada orang yang salah. Keberuntungan membuat mereka menemukan satu sama lain.

Sweet and funny. Kata-kata itu yang bisa menggambarkan keseluruhan film ini. Aksi dari Drew Barrymore dan Adam Sandler sangat memikat sebagai pasangan film rom-com. Ditambahlagi dengan deretan soundtrack yang tentunya sangat memorable.

Notting Hill (1999)

Sutradara: Roger Michell Penulis: Richard Curtis Pemain: Hugh Grant, Julia Roberts, Hugh Bonneville, Emma Chambers Negara: Inggris, Amerika Serikat Durasi: 124 menit

Premis Notting Hill: Kehidupan William Thacker berubah drastis ketika seorang aktris Amerika Serikat terkenal, Anna Scott, masuk ke dalam toko buku dan hatinya.

Ada banyak dialog dan juga adegan lucu di dalam film ini. Tidak heran jika kemudian film ini menjadi film Inggris paling laris saat dirilis. Akting dari Julia Roberts dan juga Hugh Grant tidak perlu diragukan lagi. Tidak ketinggalan aksi-aksi jenaka dari para pemain pendukung lainnya yang akan membuat kita tertawa.

High Fidelity (2000)

Sutradara: Stephen Frears Penulis: D. V. DeVincentis, Steve Pink, John Cusack, Scott Rosenberg Pemain: John Cusack, Jack Black, Lisa Bonet, Joelle Carter Negara: Amerika Serikat Durasi: 113 menit

Premis High Fidelity: Rob, seorang pemilik toko kaset dan rekaman, yang juga sangat senang membut daftar sesuatu, sedang berusaha mengingat daftar lima putus cinta terburuknya, termasuk yang sedang dialaminya.

Senang menonton film rom-com dengan deretan soundtrack musik terbaik? Maka High Fidelity perlu ditonton. Ditambah lagi, deretan para pemainnya yang berakting dengan sangat baik, membuat film ini penuh dengan sentuhan komedi juga romansa yang kental.

Amélie (2001)

amelie - film komedi romantis

Sutradara: Jean-Pierre Jeunet Penulis: Guillaume Laurant Pemain: Audrey Tautou, Mathieu Kassovitz, Rufus, Lorella Cravotta Negara: Perancis Durasi: 123 menit

Premis Amélie: Berkisah tentang Amélie seorang perempuan di Paris Perancis polos dan juga naif. Ia mencoba untuk selalu membantu orang di sekitarnya, yang suatu waktu, membuatnya bertemu dengan cinta.

Amélie adalah sebuah feel good movie yang penuh dengan adegan jenaka. Tingkah laku para pemainnya mengundang senyum geli. Tidak hanya itu, film ini juga sangat indah dengan art direction dan sinematografi yang bisa menggambarkan Paris sebagai kota yang romantis tapi juga penuh humor.

Monsoon Wedding (2001)

Sutradara: Mira Nair Penulis: Sabrina Dhawan Pemain: Naseeruddin Shah, Lillete Dubey, Shefali Shah, Vasundhara Das Negara: India, Perancis, Jerman, Italia, Amerika Serikat Durasi: 113 menit

Premis Monsoon Wedding: Seorang ayah yang stress, calon pengantin perempuan penuh rahasia, seorang event planner, dan banyak saudara dari penjuru dunia membuat banyak cerita tentang pernikahan perjodohan di India.

Mendobrak stereotipe. Dan memberikan gambaran akan tradisi dan realita tentang perjodohan di India dan wilayah manapun yang masih menganutnya. Walau begitu, film ini berhasil menyajikannya dengan cerita yang sangat menghibur, a feel good movie lainnya.

My Sassy Girl (2001)

my sassy girl - film komedi romantis

Sutradara: Kwak Jae-yong Penulis: Kim Ho-sik, Kwak Jae-yong Pemain: Jun Ji-hyun, Cha Tae-hyun, Kim In-moon, Song Ok-sook Negara: Korea Selatan Durasi: 123 menit

Premis My Sassy Girl: Seorang lelaki melihat seorang perempuan cantik yang mabuk berdiri terlalu dekat pada lintasan kereta api di stasiun Seoul, ia lalu menariknya. Sang perempuan tersebut membawa banyak masalah untuk lelakinya, dimulai dari kereta.

Tidak heran ketika film ini menjadi salah satu film yang berhasil memperkenalkan sinema Korea Selatan ke dunia. Film ini disebut-sebut menjadi kunci dari penyebaran Korean Wave ke seluruh dunia. Filmnya banyak disukai orang di manca negara. Bahkan, ada banyak orang yang mencari DVD-nya di berbagai negara di Asia. Menjadi salah satu film terlaris sepanjang masa Korea Selatan.

Punch-Drunk Love (2002)

Sutradara: Paul Thomas Anderson Penulis: Paul Thomas Anderson Pemain: Adam Sandler, Emily Watson, Philip Seymour Hoffman, Luis Guzmán Negara: Amerika Serikat Durasi: 95 menit

Premis Punch-Drunk Love: Seorang supplier yang kurang sehat secara psikologis tertarik dengan seorang perempuan asal Inggris, yang merupakan saudara perempuan dari teman kerjanya.

Aneh, unik, tapi menyentuh. Ini adalah gambaran dari film karya Paul Thomas Anderson ini. Adam Sandler bermain dengan sangat baik, bahkan menjadi salah satu penampilan terbaik sepanjang kariernya. Film ini juga menjadi film favorit banyak insan perfilman lain. Seperti Joko Anwar, Judd Apatow, Barry Jenkins, Taika Waititi, Owen Wilson, Bill Nighy, hingga Timothée Chalamet.

Love Actually (2003)

love actually - film komedi romantis

Sutradara: Richard Curtis Penulis: Richard Curtis Pemain: Hugh Grant, Liam Neeson, Laura Linney, Emma Thompson Negara: Inggris, Amerika Serikat, Perancis Durasi: 136 menit

Premis Love Actually: berkisah tentang 10 cerita cinta terpisah dari beragam individual yang semuanya saling terhubung satu sama lain. Ceritanya diambil lima minggu sebelum Natal, dan satu bulan setelahnya.

Film rom-com terbaik ini juga bisa dibilang sebagai film Natal yang banyak digemari penonton di dunia. Film ini memiliki beragam cerita cinta yang menarik dan tentu saja sangat berhubungan dengan cerita cinta banyak orang lainnya. Relatable.

Something’s Gotta Give (2003)

something's gotta give - film komedi romantis

Sutradara: Nancy Meyers Penulis: Nancy Meyers Pemain: Jack Nicholson, Diane Keaton, Keanu Reeves, Frances McDormand Negara: Amerika Serikat Durasi: 128 menit

Premis Something’s Gotta Give: Seorang lelaki dan wanita sukses berusia 60 tahunan dan 50 tahunan, saling jatuh cinta di usia tua, walaupun mereka berbeda sifat dan kepribadian.

Tidak ada yang terlambat untuk cinta. Itu mungkin yang coba digambarkan oleh film ini. Ceritanya yang menghangatkan hati dan juga mengundang tawa, disempurnakan oleh akting kelas atas dari veteran Hollywood Jack Nicholson dan Diane Keaton. Perfect.

13 Going on 30 (2004)

Sutradara: Gary Winick Penulis: Cathy Yuspa, Josh Goldsmith, Niels Mueller Pemain: Jenniger Garner, Mark Ruffalo, Judy Greer, Andy Serkis Negara: Amerika Serikat Durasi: 97 menit

Premis 13 Going on 30: Anak perempuan berdoa di ulang tahunnya yang ke-13. Ia kemudian terbangun sebagai seorang perempuan 30 tahun.

Film rom-com fantasi ini sangat menyenangkan untuk ditonton. Akting Jennifer Garner yang kekanak-anakan sangat mengundang tawa. Ditambah lagi, chemistry para pemainnya yang juga meneyangkan untuk ditonton.

The 40-Year-Old Virgin (2005)

Sutradara: Judd Apatow Penulis: Judd Apatow, Steve Carell Pemain: Steve Carell, Catherine Keener, Paul Rudd, Seth Rogen Negara: Amerika Serikat Durasi: 116 menit

Premis The 40-Year-Old Virgin: Diledek teman-temannya, seorang pria 40 tahun yang masih perjaka mencoba mencari cara untuk mendekati perempuan, dan jatuh cinta pada seorang single mother.

Ada banyak dialog yang diimprovisasi oleh para pemainnya. Tidak heran karena di dalamnya berisikan banyak pemain film komedi. Menjadikan film ini sangat menggelikan untuk ditonton, tapi tanpa mengurangi sentuhan romantis juga di dalamnya.

Knocked Up (2007)

Sutradara: Judd Apatow Penulis: Judd Apatow Pemain: Seth Rogen, Katherine Heigl, Paul Rudd, Leslie Mann Negara: Amerika Serikat Durasi: 129 menit

Premis Knocked Up: Seorang pemuda yang senang pesta dan melakukan one-night stand, Ben Stone terkejut saat salah satu perempuan yang pernah dikencaninya delapan minggu sebelumnya hadir di depan tempatnya dan mengatakan ia sedang mengandung anaknya.

Film ii berhasil menangkap drama, romansa, dan juga komedi dengan sangat baik. aksi menggelikan dari Seth Rogen juga membuat film ini menjadi lebih berwarna. Ditambah lagi, naskah yang ditulis oleh Judd Apatow membuat film ini sangat menyentuh.

Waitress (2007)

Sutradara: Adrienne Shelly Penulis: Adrienne Shelly Pemain: Keri Russell, Nathan Fillion, Cheryl Hines, Adrienne Shelly Negara: Amerika Serikat Durasi: 104 menit

Premis Waitress: Jenna adalah seorang pelayan yang sedang mengandung anak dari pernikahan yang tidak membahagiakannya. Ia kemudian bertemu dengan seorang pendatang baru di kotanya, dan jatuh cinta. Ia pun mencoba mencari kebahagiaannya lagi.

Tidak hanya merupakan film rom-com yang sangat baik, film ini juga memanjakan mata kita dengan beragam pie dan dessert yang dibuat oleh Jenna, sang karakter utama dalam film ini. Semuanya seakan melengkapi kisah film komedi romantis ini.

Forgetting Sarah Marshall (2008)

Sutradara: Nicholas Stoller Penulis: Jason Segel Pemain: Jason Segel, Kristen Bell, Mila Kunis, Russell Brand Negara: Amerika Serikat Durasi: 111 menit

Premis Forgetting Sarah Marshall: Hubungannya putus setelah lima tahun, Peter berupaya melupakan Sarah Marshall dan memilih berlibur ke Hawaii. Tidak disangka, ternyata di hotel tempat ia tinggal berlibur, ia bertemu Sarah Marshall yang juga sedang berlibur dengan pacar barunya.

Karakter, naskah, cerita, dan soundtracknya digarap sedemikian rupa hingga memberikan sebuah film komedi romantis yang sangat memuaskan. Menjadikannya sebagai sajian film rom-com yang sangat menghibur.

3 Idiots (2009)

Sutradara: Rajkumar Hirani Penulis: Rajkumar Hirani, Abhijat Josho, Vidhu Vinod Chopra Pemain: Aamir Khan, R. Madhavan, Sharman Joshi, Kareena Kapoor Negara: India Durasi: 170 menit

Premis 3 Idiots: Dua orang lelaki mencari teman masa kuliahnya dulu. Akhirnya, mereka mngingat kembali beragam kekonyolan yang dilakukan saat kuliah

Banyak orang membahas film ini tentang bagaimana film ini adalah sebuah kritik sosial tentang sistem pendidikan yang dipadu dengan komedi. Tapi, jangan ketinggalan akan apek romansanya yang sebenarnya juga sangat menggelikan.

(500) Days of Summer (2009)

500 days of summer

Sutradara: Marc Webb Penulis: Scott Neustadter, Michael H. Weber Pemain: Joseph Gordon-Levitt, Zooey Deschanel, Geoffrey Arend, Chloë Grace Moretz Negara: Amerika Serikat Durasi: 95 menit

Premis (500) Days of Summer: Sebuah sajian komedi romantis tentang seorang perempuan yang tidak percaya bahwa cinta itu nyata, dan seorang pemuda yang jatuh cinta padanya.

Sempurna. Semua aspek dalam film ini seakan sempurna untuk menggambarkan sebuah film komedi romantis. Soundtrack, naskah, pemain, karakter di dalamnya, sampai penyajiannya yang tidak linier. Membuat film ini pantas untuk masuk dalam daftar film komedi romantis terbaik sepanjang masa.

Bridesmaid (2011)

Sutradara: Paul Feig Penulis: Annie Mumolo, Kristen Wiig Pemain: Kristen Wiig, Maya Rudolph, Rose Byrne, Melissa McCarthy Negara: Amerika Serikat Durasi: 125 menit

Premis Bridesmaid: Annie, sering mendapatkan ketidakberuntungan. Ia kemudian di minta untuk menjadi bridesmaid untuk pernikahan sahabatnya, Lilian.

Film ini mendapatkan nominasi Piala Oscar, BAFTA, hingga Golden Globes untuk kategori best original screenplay. Tidak mengherankan karena film ini sangat menghibur para pecinta film rom-com.

Crazy, Stupid, Love (2011)

Sutradara: Glenn Ficarra, John Requa Penulis: Dan Fogelman Pemain: Steve Carell, Ryan Gosling, Julianne Moore, Emma Stone Negara: Amerika Serikat Durasi: 118 menit

Premis Crazy, Stupid, Love: Hidup seorang pria paruh baya berubah drastis ketika istrinya meminta cerai. Ia kemudian bertemu dengan Jacob yang mengajarkannya cara untuk menggaet wanita di bar.

Film ini adalah film komedi romantis yang sangat memberikan tawa dan cinta dengan dosis yang pas. Tidak berlebihan, tapi tidak juga kurang. Para pemainnya juga memberikan akting yang sangat menarik, dan chemistry yang sangat crazy.

Midnight in Paris (2011)

midnight in paris

Sutradara: Woody Allen Penulis: Woody Allen Pemain: Owen Wilson, Rachel McAdams, Marion Cotillard, Michael Sheen Negara: Amerika Serikat, Spanyol Durasi: 94 menit

Premis Midnight in Paris: Saat berlibur di Paris dengan keluarga tunangannya, seorang penulis naskah mengetahui dirinya bisa kembali ke Paris tahun 1920-an setiap tengah malam

Film komedi romantis ini membahas tema nostalgia dan modernisme dengan sangat baik. Kisahnya juga sangat orisinal dan sangat unik. Menjadikannya sangat menghibur, membuat para penontonya berpikiran liar akan apa yang dilakukan ketika bertemu dengan para tokoh bersejarah.

Ruby Sparks (2012)

ruby sparks

Sutradara: Jonathan Dayton, Valerie Faris Penulis: Zoe Kazan Pemain: Paul Dano, Zoe Kazan, Annette Bening, Chris Messina Negara: Amerika Serikat Durasi: 104 menit

Premis Ruby Sparks: Seorang penulis muda yang pernah sukses sedang menghadapi writer’s block. Ia kemudian membuat sebuah karakter perempuan yang mencintai dirinya apa adanya. Keesokan harinya, sang karakter itu menjadi nyata.

Film rom-com ini dengan sukses membahas sebuah tema besar dalam romansa: apakah kita yakin menginginkan pasangan yang memang sesuai dengan keinginan kita? Film ini membahasnya dengan sangat pintar, dengan selingan adegan dan dialog yang jenaka, dan akting para pemainnya yang luar biasa baik.

About Time (2013)

about time

Sutradara: Richard Curtis Penulis: Richard Curtis Pemain: Domhnall Gleeson, Rachel McAdams, Bill Nighy, Tom Hollander Negara: Inggris Durasi: 123 menit

Premis About Time: Di usia 21 tahun, Tim mengetahui bahwa ia bisa berpindah waktu dan mengubah apa yang terjadi pada hidupnya.

Bisa jadi, ini adalah film Richard Curtis yang paling sentimental. Kisahnya sangat unik, membahas hal yang lebih dalam daripada hanya sekadara film rom-com. Sajian filosofis dalam dengan balutan film komedi romantis.

Enough Said (2013)

Sutradara: Nicole Holofcener Penulis: Nichole Holofcener Pemain: Julia Louis-Dreyfus, James Gandolfini, Catherine Keener, Toni Collette Negara: Amerika Serikat Durasi: 93 menit

Premis Enough Said: seorang terapis mulai membangun sebuah hubungan dengan seorang lelaki. Pada akhirnya, ia menyadari bahwa lelaki ini adalah mantan suami dari teman yang juga kliennya.

Film ini menadi film terakhir yang diperankan oleh James Gandolfini. Ia meninggal dunia saat film ini sudah selesai diproduksi, namun belum dirilis. Tidak mengecewakan karena aksi terakhirnya ini sangat memberikan sebuah sajian yang luar biasa menghangatkan dengan cerita lucu dan juga menyentuhnya.

Obvious Child (2014)

Sutradara: Gillian Robespierre Penulis: Gillian Robespierre Pemain: Jenny Slate, Jake Lacy, Gaby Hoffmann, Gabe Liedman Negara: Amerika Serikat Durasi: 83 menit

Premis Obvious Child: Seorang stand-up comedian melakukan one-night stand dalam keadaan mabuk setelah putus dengan kekasihnya. Ia kemudian mengetahui bahwa ia mengandung, dan memutuskan untuk mengaborsi kandungannya.

Bisa dibilang, film ini tidak untuk semua kalangan. Tapi, bagi mereka yang memiliki selara tinggi dan logika yang baik, tentu film ini sangat menghibur. Terutama dengan naskahnya yang sangat menyenangkan, walau membahas isu-isu yang sensitif.

Sleeping with Other People (2015)

Sutradara: Leslye Headland Penulis: Leslye Headland Pemain: Jason Sudeikis, Alison Brie, Adam Scott, Jason Mantzoukas Negara: Amerika Serikat Durasi: 101 menit

Premis Sleeping with Other People: Seorang playboy dan seorang perempuan tukang selingkuh memiliki sebuah hubungan pertemanan platonik. Hingga suatu saat, sebuah ketertarikan muncul di antara mereka.

Sangat mudah untuk menyukai kedu akarakter di dalam film ini; walaupun sebenarnya keduanya juga bukan role model yang baik. Tapi, secara keseluruhan, kebaikan film ini memang muncul dari kedua karakternya yang sangat fresh dan juga tentuya lucu.

La La Land (2016)

la la land

Sutradara: Damien Chazelle Penulis: Damien Chazelle Pemain: Emma Stone, Ryan Gosling, John Legend, Rosemarie DeWitt Negara: Amerika Serikat Durasi: 128 menit

Premis La La Land: Saat membangun karier di Los Angeles, seorang pianis dan aktris jatuh cinta sambil terus berusaha mengejar mimpi mereka masing-masing.

Film ini berhasil mendapatkan penghargaan Best Picture Piala Oscar, selama kurang lebih dua menit; sebelum dikoreksi. Tapi percayalah, film ini adalah salah satu film terbaik yang pernah ada. Bukan hanya film komedi romantis saja, tapi film secara keseluruhan. Semua hal di dalam film ini sangat sempurna.

The Big Sick (2017)

Sutradara: Michael Showalter Penulis: Emily V. Gordon, Kumail Nanjiani Pemain: Kumail Nanjiani, Zoe Kazan, Holly Hunter, Ray Romano Negara: Amerika Serikat Durasi: 120 menit

Premis The Big Sick: Komedian kelahiran Pakistan dan seorang mahasiswi saling jatuh cinta, tapi mereka harus menghadapi perbedaan budaya. Saat sang mahasiswi terkena penyakit misterius, sang komedian harus berhadapan dan mengenal langsung keluarganya.

Mendapatkan nominasi Best Original Screenplay Piala Oscar, film ini tentu tidak perlu diragukan lagi jalan cerita dan dialog di dalamnya. Ada banyak hal yang juga dibahas dalam film ini. Tapi yang utama adalah tentang cinta dengan budaya yang berbeda.

Palm Springs (2020)

palm springsa - film komedi romantis

Sutradara: Max Barbakow Penulis: Andy Siara Pemain: Andy Samberg, Cristin Milioti, J. K. Simmons, Camila Mendes Negara: Amerika Serikat Durasi: 90 menit

Premis Palm Springs: Seorang lelaki dan perempuan yang menghadiri pernikahan harus terjebak menjalani hari yang sama berulang-ulang.

Kami membahasnya secara panjang dalam review Palm Springs. Film ini merupakan sebuah film komedi romantis dengan bahasan mendalam tentang kehidupan, bukan hanya romansa saja.

***

1 Daftar film komedi romantis terbaik

Jangan lewatkan beragam informasi menarik lainnya tentang dunia film, TV series, dan entertainment lain di Twitter dan Instagram menonton.id.

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here