7 Film Romantis Indonesia Penuh Drama, Tawa, dan Cinta

0
293
posesif - film romantis indonesia

Kehadiran film romantis Indonesia selalu dinantikan publik pecinta sinema dalam negeri. Industri perfilman tanah air dari tahun ke tahun memang mengalami perkembangan yang cukup pesat.

Ini dibuktikan dengan munculnya berbagai judul film yang tayang di layar bioskop. Kalau kamu termasuk pecinta film, jangan lewatkan menonton sinema anak negeri, ya.

Ada banyak genre film yang berkembang, salah satu yang paling digemari masyarakat adalah genre romantis. Kisah-kisah cinta anak manusia diangkat ke layar perak selalu dinantikan para penikmat cerita romansa.

Terlebih lagi kini para sineas semakin kreatif dalam mengembangkan cerita maupun pengemasannya.

Tidak hanya Hollywood, sinema bergenre romantis di Indonesia ternyata juga tidak kalah menarik lho. Para aktor dan aktris yang beradu akting mampu menghidupkan karakter sehingga ceritanya semakin terasa real.

Penonton pun dapat terbawa suasana seolah masuk ke cerita tersebut. Berikut ini 7 daftar film romantis Indonesia terbaik.

Daftar film romantis Indonesia yang bisa kamu tonton bareng pasangan

Ada Apa dengan Cinta?

ada apa dengan cinta

Sutradara: Rudi Soedjarwo Pemain: Dian Sastrowardoyo, Nicholas Saputra, Titi Kamal, Ladya Cheryl, Sissy Priscillia, Adinia Wirasti Durasi: 112 menit

Ada Apa dengan Cinta? menandai bangkitnya industri perfilman Indonesia setelah sempat mati suri di era 90-an. Sebelumnya film Indonesia hanya diisi karya-karya picisan yang dianggap kurang bermoral karena mengandalkan unsur erotisme.

Namun, Ada Apa dengan Cinta? yang digarap oleh Rudy Soedjarwo langsung mendobrak pasar hiburan khususnya perfilman.

Sosok Nicholas Saputra yang beradu akting dengan Dian Sastrowardoyo menjelma menjadi aktor idola para remaja kala itu. Perannya sebagai Rangga yang dingin dan misterius membuat Cinta jatuh hati meskipun pada awalnya sering dibuat kesal.

Sementara Cinta menggambarkan sosok gadis populer yang dipuja banyak teman lelakinya.

Habibie & Ainun

habibi & ainun - film romantis indonesia

Sutradara: Faozan Rizal Pemain: Reza Rahadian, Bunga Citra Lestari, Tio Pakusadewo, Ratna Riantiarno, Mike Lucock, Vitta Mariana Durasi: 118 menit

Tidak afdol rasanya jika membicarakan film romantis Indonesia tanpa menyebut Habibie & Ainun. Film ini menceritakan tentang kehidupan Presiden Republik Indonesia ketiga, B.J. Habibie yang jatuh hati pada Ainun sejak masa mudanya.

Kisah romansa dua insan tersebut berlanjut hingga pernikahan dan hidup di Jerman.

Film yang mengangkat kisah nyata tersebut digambarkan dengan begitu apik dan menarik. Nuansa romantisme klasik dan manis sangat terasa kental.

Ditambah kualitas akting Reza Rahadian dan Bunga Citra Lestari yang memukau. Kisah cinta sejati yang hanya dapat dipisahkan oleh maut tersebut mampu mengacak-acak emosi penonton.

Eiffel I’m In Love

eiffel i'm in love

Sutradara: Nasri Cheppy Pemain: Shandy Aulia, Samuel Rizal, Titi Kamal, Yogi Finanda, Helmy Yahya, Didi Petet Durasi: 262 menit

Pasca kemunculan AADC, kehadiran film romantis Indonesia berkualitas di layar bioskop semakin banyak.

Salah satu diantaranya adalah Eiffel, I’m in Love yang dibintangi Shandy Aulia dan Samuel Rizal. Yang menjadi daya tarik utama dari film ini adalah mengambil latar di Paris, Prancis.

Rilis di tahun 2003, Eiffel I’m in Love mengangkat kisah cinta remaja dan konflik dengan keluarga. Perkenalan Adit (Samuel Rizal) dan Tita (Shandy Aulia) yang terkesan dipaksakan pada awalnya akhirnya berujung saling jatuh hati.

Setelah sempat terpisah, akhirnya keduanya bertemu kembali di Paris.

Critical Eleven

critical eleven - film romantis indonesia

Sutradara: Monty Tiwa, Robert Ronny Pemain: Adinia Wirasti, Reza Rahadian, Astrid Tiar, Hamish Daud, Hannah Al Rashid, Slamet Rahardjo Durasi: 135 menit

Adaptasi dari novel best seller karya Ika Natassa ini mengangkat kisah Ale (Reza Rahadian) dan Anya (Adinia Wirasti). Pertemuan yang tidak disengaja membawa mereka pada hubungan asmara sampai pernikahan.

Anya yang sebelumnya menjadi seorang wanita karir rela pindah ke New York demi hidup bersama Ale.

Rupanya kehidupan pernikahan mereka tidak mulus. New York ternyata memberikan banyak rintangan yang menguji kisah romantisme keduanya.

Kamu belum sah jadi pecinta film romantis Indonesia kalau belum menonton karya garapan Monty Tiwa dan Robert Ronny tersebut.

Critical Eleven sukses menjadi nominasi beberapa kategori di Festival Film Bandung 2017, lho.

Posesif

posesif - film romantis indonesia

Sutradara: Edwin Pemain: Putri Marino, Adipati Dolken, Yayu Unru, Cut Mini, Gritte Agatha, Chicco Kurniawan, Teuku Rifnu Wikana Durasi: 102 menit

Berbeda dari film bergenre romantis pada umumnya yang membuat penonton tersipu, Posesif menyajikan kisah cinta dari perspektif berbeda. Posesif bercerita tentang kisah cinta seorang siswa SMA bernama Lala (Putri Marino) dan Yudhis (Adipati Dolken).

Konflik yang ditonjolkan adalah gaya berpacaran Yudhis yang posesif dan disertai kekerasan.

Isu toxic relationship saat ini memang mendapat sorotan karena nyata terjadi di masyarakat, bahkan anak muda sekalipun. Adalah Edwin, sutradara fenomenal yang menjadi otak dibalik kesuksesan film romantis Indonesia yang rilis pada 2017 ini.

Kesuksesan Posesif dibuktikan dengan raihan tiga penghargaan sekaligus di ajang Festival Film Indonesia 2017.

Dilan 1990

dilan 1990 - film romantis indonesia

Sutradara: Fajar Bustomi, Pidi Baiq Pemain: Iqbaal Ramadhan, Vanesha Prescilla, Giulio Parengkuan, Adhisty Zara, Ira Wibowo, Farhan Durasi: 110 menit

Film yang diangkat dari novel karya Pidi Baiq ini mendapat sambutan hangat dari berbagai kalangan, khususnya para remaja. Dilan 1990 menceritakan kisah asmara antara Milea (Vanesha Prescilla) dan Dilan (Iqbaal Ramadhan) yang begitu manis dan menggebu-gebu.

Tidak heran jika para penonton dibuat baper melihat akting keduanya.

Untuk para penonton dewasa, menonton Dilan 1990 seolah mengajak bernostalgia pada manisnya cinta masa SMA. Meskipun bagi sebagian orang terasa ‘cheesy’, namun film ini berhasil membuat siapapun tersenyum simpul.

Pasca rilisnya Dilan 1990, terdapat dua sequel yang juga mendapat respon positif, yaitu Dilan 1991 dan Milea: Suara dari Dilan.

Ayat-Ayat Cinta

ayat-ayat cinta

Sutradara: Hanung Bramantyo Pemain: Fedi Nuril, Rianti Cartwright, Carissa Putri, Zaskia Adya Mecca, Melanie Putria Durasi: 120 menit

Ayat-Ayat Cinta bukan hanya menjadi film romantis Indonesia tetapi juga termasuk dalam jajaran sinema religi. Nuansa Islam yang kental bisa kamu rasakan saat menonton adaptasi dari novel karya Habiburrahman El Shirazy tersebut.

Pemain yang terlibat antara lain Fedi Nuril, Rianti Cartwright, Carissa Putri, dan Zaskia Adya Mecca.

Film garapan sutradara ternama Hanung Bramantyo ini cukup kontroversial karena mengangkat issue poligami yang masih sensitif di Indonesia. Meski begitu ternyata antusiasme masyarakat sangat tinggi sehingga membuat Ayat-Ayat Cinta mendulang kesuksesan.

Film bergenre drama romantis memang memiliki tempat istimewa bagi para moviegoers. Indonesia sendiri memiliki deretan judul menarik yang tidak kalah jika dibandingkan film produksi luar negeri.

Untuk mendukung industri perfilman dalam negeri, jangan lupa tonton film romantis Indonesia, ya.

***

Jangan lupa untuk ikuti terus beragam trailer, rekomendasi, dan review film terbaru hanya di menonton.id. Follow juga Twitter, Instagram, dan Facebook untuk beragam informasi terbaru tentang dunia entertainment lainnya untuk kamu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here