4 Tipe Penonton Streaming: Kamu yang Mana?

0
303
watching hulu movies tv series

Hulu mempublikasikan sebuah penelitian kebiasaan terbaru yang memetakan beragam tipe penonton streaming. Ternyata, setiap penonton bisa dibagi ke dalam empat kelompok, tergantung dari bagaimana mereka menggunakan platform streaming tersebut.

Dengan lebih dari 90% penonton berusia 13-54 tahun dari 2.500 orang yang disurvei, mereka menggunakan paling tidak satu platform streaming. Penelitian ini menunjukkan bahwa orang-orang tidak menggunakan platform streaming ini dengan cara yang biasa. Dan setiap sub-kelompok terdiri dari demografi yang berbeda yang masing-masing dengan perbedaan psikografi yang berbeda pula.

Ini dia empat tipe penonton streaming yang ada.

Penonton Terapi

Kelompok ini merupakan yang terbesar. Mereka adalah penonton yang menonton streaming film untuk mengurangi stress dan juga merefleksikan diri. Konten yang ditonton biasanya memiliki elemen nostalgia untuk masing-masing penonton. Secara demografis, kelompok ini memiliki jumlah yang sangat dekat dengan keseluruhan populasi survei.

Penonton Klasik

Kelompok ini terdiri dari 24% pengguna. Mereka menonton dengan jadwal tertentu dengan keluarga, teman, atau partner sebagai kegiatan harian rutin. Kelompok ini memiliki kemungkinan lebih besar untuk sudah menikah, dan juga memiliki hidup yang bisa dibilang sudah sejahtera.

Penonton Sabar

21% dari pengguna, kelompok ini akan menghabiskan waktu selama seminggu penuh untuk menonton seluruh season sebuah acara. Atau bahkan lebih dari satu season dari sebuah TV series. Kelompok ini lebih memiliki banyak responden yang berusia cukup tua, dan kemungkinan besar hidup sendiri.

Penonton Pemilih

Sebanyak 13% dari penonton. Jenis penonton ini adalah mereka yang memilih TV series atau film yang dibuat atau diramaikan dalam pembicaraan budaya, dan mereka ingin ikut ambil bagian dalam pembicaraan tersebut. Jadi mereka menentukan pilihan tontonan dari hal yang populer dan banyak dibicarakan orang. Kebanyakan demografi penonton jenis ini adalah dari Generasi Z dan Post-Millennials.

Ada beberapa tren besar lainnya juga. Sebanyak dua per tiga dari penonton lebih senang akan menonton “santai”, terutama acara TV. Sehingga mereka bisa rileks dan duduk nyaman tanpa harus memberikan perhatian penuh. Selain itu mereka juga senang menonton kedua kali terutama acara TV.

Sumber: The Live Feed

***

Dapatkan informasi lain seputar dunia TV dan film hanya di menonton.id.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here