17 B Film Absurd Tapi Menghibur untuk Para Pecinta Film

1
89
film b - machete kills - 2013

Ketika memilih film untuk ditonton, banyak orang yang memilih film terbaik. Apakah yang memiliki budget produksi mahal, spesial efek menggelegar, dibintangi aktor dan aktris ternama, sampai mereka yang mendapatkan banyak pujian kritikus. Tapi tidak bagi para pecinta B film.

Para pecinta B film biasanya mencari sebuah film yang tidak terlalu rumit, bisa ditonton sambil bersantai, tapi tetap menghibur. Meskipun banyak memiliki kekurangan.

B film sendiri merupakan film yang diproduksi dengan budget rendah, tapi bukan merupakan film arthouse. Dalam pengertian orisinilnya, B film adalah film-film yang tidak dipublikasikan atau dipasarkan dengan luas. Mirip dengan B side di rekaman musik.

Walau begitu, definisi B film kini semakin berkembang. Salah satu ciri dari B movie adalah mengksploitasi cerita. Karena para kreatornya ingin membuat sesuatu yang meyakinkan, dengan budget yang minim.

Di era awal kemunculannya, B movie lebih sering berkutat pada genre western. Tapi, seiring perkembangannya, ada semakin banyak genre yang dieksplor. Mulai dari kriminal, action, komedi, sampai dengan yang kini paling populer, science fiction.

Daftar B Film yang “sangat menghibur”

Menyematkan predikat terbaik dalam B movie atau B film adalah sebuah hal yang sepertinya tidak mungkin dilakukan. Jika pun dilakukan, tulisan ini hanya akan berisi mungkin kurang dari lima judul saja.

Karenanya, dalam artikel ini, menonton.id hanya menuliskan “sangat menghibur” dan bukan yang “terbaik”. Hal ini tentu saja karena memang B film bisanya sulit mencapai predikat terbaik karena terbatas budget.

Tapi tidak jarang juga B film yang memang sengaja membuat film seaneh dan seabsurd mungkin sekaligus juga semenghibur mungkin.

Untuk itu, diurutkan berdasar tahun rilis, ini dia daftar B film yang bisa jadi rekomendasi menonton untuk kamu.

They Live (1988)

they live - film b

Sutradara: John Carpenter Pemain: Roddy Piper, Keith David, Meg Foster, Raymond St. Jacques Negara: Amerika Serikat Durasi: 94 menit

Premis They Live: Seorang lelaki menemukan sebuah kacamata hitam yang memungkinkan dirinya melihat bahwa alien sudah menguasai dunia.

Film ini merupakan sebuah film yang mendapatkan kritik di saat perilisannya pertama kali. Tapi sama seperti film John Carpenter lainnya, film ini akhirnya banyak digemari orang, dan disebut sebagai sebuah film yang underrated. Film ini berhasil memadukan sci-fi dan juga horor dengan baik. Sekilas saat menontonnya, kita akan merasa sedang menonton film B. Tapi tidak untuk waktu yang lama.

Tremors (1990)

tremors - film b

Sutradara: Ron Underwood Pemain: Kevin Bacon, Fred Ward, Finn Carter, Michael Gross Negara: Amerika Serikat Durasi: 96 menit

Premis Tremors: Penduduk sebuah kota kecil terpencil harus mempertahankan diri mereka sendiri dari serangan makhluk bawah tanah yang membunuh mereka satu per satu.

Film ini mendapatkan sebuah kesuksesan ketika dirilis. Selain juga mendapat pujian dari banyak kritikus film. Hal inilah yang memungkinkan film ini mendapatkan lima sekuel dan satu buah prekuel. Tidak berhenti di sana, film B ini juga diadaptasi ke dalam sebuah TV series berjudul Tremors: The Series yang tayang di tahun 2003.

Bubba Ho-Tep (2002)

bubba ho tep - b film

Sutradara: Don Coscarelli Pemain: Bruce Campbell, Ossie Davis, Ella Joyce, Heidi Marnhout Negara: Amerika Serikat Durasi: 92 menit

Premis Bubba Ho-Tep: Elvis Presley dan seorang “JFK” hitam tinggal di sebuah panti jompo di mana tidak ada hal spesial yang terjadi – sampai sebuah mummy datang untuk menyedot jiwa para orang tua dari pantat mereka. Kedua orang ini memilih untuk melawannya.

Premis film ini sungguh absurd. Tapi jelaslan film ini sangat menghibur sebagai film horor maupun film komedi. Film ini hanya ditampilkan secara “keliling” oleh sang sutradara. Hanya dibuat sebanyak 32 kopi yang disebarkan ke berbagai festival. Saat DVD diluncurkan luas, film B ini langsung populer karena banyaknya kritik positif dan sulitnya mendapatkan akses untuk menonton film ini.

Eight Legged Freaks (2002)

eight legged freaks - film b

Sutradara: Ellory Elkayem Pemain: David Arquette, Kari Wuhrer, Scarlett Johansson, Scott Terra Negara: Amerika Serikat, Jerman, Australia Durasi: 110 menit

Premis Eight Legged Freaks: Laba-laba beracun terkena sebuah cairan kimia yang membuatnya tumbuh dengan ukuran raksasa.

Film B memang lekat dengan sebuah science fiction yang berhubungan dengan hewan. Tapi, berbeda dengan yang ada di tahun 1980-an, film ini memiliki CGI yang lebih baik, walau tetap saja buruk untuk standar film. Walau begitu aksi dari pemain dan juga beragam adegan absurd di dalamnya akan sangat menghibur ketika ditonton. Ditambah lagi, kita bisa melihat Scarlett Johansson berperan sebagai seorang remaja perempuan sebelum kariernya melonjak dan dikenal sebagai superhero dengan nama laba-laba (Black Widow).

The Room (2003)

the room - film b

Sutradara: Tommy Wiseau Pemain: Tommy Wiseau, Juliette Danielle, Greg Sestero, Philip Haldiman Negara: Amerika Serikat Durasi: 99 menit

Premis The Room: Johnny adalah seorang eksekutif bank yang tinggal dengan tenang di San Francisco dengan tunangannya, Lisa. Suatu hari, Lisa menggoda sahabat Johnny, Mark. Dari sana, tidak ada hal yang sama lagi.

Tidak banyak film B yang sengaja dibuat dalam genre drama. Karenanya, kehadiran The Room sangat fenomenal. Banyak publikasi yang menyebut film ini sebagai salah satu film terburuk yang pernah dibuat. Tapi, hal tersebutlah yang menarik banyak orang untuk menontonnya, dan membuahkan sukses bagi film ini. Tidak heran ketika kemudian The Disaster Artist (2017) dibuat untuk menceritakan proses di balik produksi film ini.

Feast (2005)

feast - film b

Sutradara: John Gulager Pemain: Balthazar Getty, Henry Rollins, Navi Rawat, Judah Friedlander Negara: Amerika Serikat Durasi: 87 menit

Premis Feast: Beberapa orang berkumpul di dalam bar di Nevada, di mana mereka tiba-tiba diserang oleh sekelompok makhluk seperti monster.

Banyak darah dan gore, membuat film ini terlihat mengerikan. Tapi bukan berarti film ini tidak menyenangkan untuk ditonton. Film ini memang memiliki kualitas yang buruk, tapi tetap menghibur dengan humornya. Selain juga akting para karakternya yang tidak memiliki nama dan hanya dipanggil dengan julukannya.

Slither (2006)

slither - film b

Sutradara: James Gunn Pemain: Nathan Fillion, Elizabeth Banks, Gregg Henry, Michael Rooker Negara: Amerika Serikat Durasi: 95 menit

Premis Slither: Sebuah kota kecil diserang wabah alien, mengubah penduduknya menjadi zombie dan monster mutan lainnya.

Sebelum terkenal sebagai sutradara dari Guardians of the Galaxy (2014) atau bahkan The Suicide Squad (2021), James Gunn memulai kariernya lewat film B ini. Walaupun gagal secara box office, film ini banyak dipuji oleh kritikus film. Tidak heran jika kemudian banyak orang yang menyukai film ini dan rilis DVD-nya sukses besar.

Grindhouse (2007)

grindhouse - film b

Sutradara: Robert Rodriguez, Quentin Tarantino Pemain: Rose McGowan, Freddy Rodriguez, Kurt Russell, Rosario Dawson Negara: Amerika Serikat Durasi: 191 menit

Premis Grindhouse: Homage Quentin Tarantino dan Robert Rodriguez pada film-film eksploitasi di tahun 1960-an dan 1970-an dengan tambahan beberapa trailer film menarik lainnya.

Tarantino dan Rodriguez sama-sama mencintai B film di masa mudanya. Keduanya kemudian membuat film yang disatukan dalam Grindhouse. Film Rodriguez berjudul Planet Terror yang berkisah tentang serangan zombie yang penuh darah. Sementara film Tarantino berjudul Death Proof tentang seorang pembunuh berantai yang juga seorang stuntman. Menyenangkan.

Bitch Slap (2009)

bitch slap - film b

Sutradara: Rick Jacobson Pemain: Julia Voth, Erin Cummings, America Olivo, Michael Hurst Negara: Amerika Serikat Durasi: 109 menit

Premis Bitch Slap: Tiga cewek bandel melakukan perjalanan ke sebuah gurun terpencil untuk mencuri berlian senilai $200 juta dari seorang bos kriminal sadis.

Film ini memiliki plot menggelikan yang penuh dengan twist tidak jelas yang datang tiba-tiba dan malah membuat rumit jalan ceritanya. Tapi tetap saja menarik untuk ditonton. Ditambah lagi, film ini juga memiliki beberapa penampilan kecil dari para legenda B movie seperti Lucy Lawless, Zoe Bell, dan Kevin Sorbo.

Piranha 3D (2010)

piranha 3d - film b

Sutradara: Alexandre Aja Pemain: Elisabeth Shue, Adam Scott, Jerry O’Connell, Ving Rhames Negara: Amerika Serikat Durasi: 88 menit

Premis Piranha 3D: Setelah tremor dalam laut melepaskan ikan purba pemakan daging, sekelompok orang yang tidak saling mengenal harus bekerja sama untuk menghentikan diri sendiri menjadi makanan ikan buas tersebut.

Piranha 3D mendapatkan kritik positif dari kritikus dan penggemar film. Bahkan film ini disebut sebagai film B yang menyenangkan dan menghibur. Tidak heran jika kemudian film ini dibuat sekuelnya yang berjudul …. tentu saja… Piranha 3DD (2012).

Tucker & Dale vs Evil (2010)

tucker and dale vs. evil - film b

Sutradara: Eli Craig Pemain: Tyler Labine, Alan Tudyk, Katrina Bowden, Jesse Moss Negara: Kanada, Amerika Serikat Durasi: 89 menit

Premis Tucker & Dale vs Evil: Orang desa ramah Tucker dan Dale sedang berlibur di kabin gunung bobroknya ketika mereka disangka sebagai pembunuh oleh sekelompok mahasiswa.

Komedinya sangat asyik untuk ditonton, juga beberapa slapstick-nya yang khas. Film ini juga memberikan kehangatan ketika menontonnya. Layaknya menonton sebuah drama. Tapi jangan salah kira karena tetap saja ada horor dan komedi di dalamnya.

Hobo with a Shotgun (2011)

hobo with a shotgun - film b

Sutradara: Jason Eisener Pemain: Rutger Hauer, Gregory Smith, Molly Dunsworth, Brian Downey Negara: Kanada, Amerika Serikat Durasi: 86 menit

Premis Hobo with a Shotgun: Seorang tunawisma vigilante membunuh polisi-polisi korup, Santa pedofil, dan banyak orang brengsek lain dengan shotgun miliknya.

Film ini pada awalnya hanya dibuat sebagai trailer film palsu untuk ditayangkan dalam Grindhouse (2007). Namun kemudian dibuat menjadi sebuah film beneran. Hasilnya? Sebuah sajian memuaskan untuk ditonton sambil bersantai sebelum tidur.

Big Ass Spider! (2013)

Sutradara: Mike Mendez Pemain: Greg Grunberg, Lin Shaye, Patrick Bauchau, Ray Wise Negara: Amerika Serikat Durasi: 80 menit

Premis Big Ass Spider!: Seekor laba-laba alien raksasa kabur dari laboratorium militer dan menghancurkan kota Los Angeles. Ketika serangan besar militer gagal, kini giliran para peneliti dan seorang pemusnah serangga pintar yang harus membunuhnya sebelum kota ini semakin hancur.

Walaupun premisnya absurd, film ini sangat menghibur banyak orang. Kritikus pun memuji film ini akan humor dan juga horornya yang bisa membuat kita tidak melepas pandangan dari layar. 80 menit waktu untuk menonton film ini tidak akan terbuang secara sia-sia.

Machete Kills (2013)

film b - machete kills - 2013

Sutradara: Robert Rodriguez Pemain: Danny Trejo, Michelle Rodriguez, Sofia Vergara, Amber Heard Negara: Amerika Serikat Durasi: 108 menit

Premis Machete Kills: Pemerintah Amerika Serikat merekrut Machete untuk pergi ke Mexico guna menghancurkan seorang penjual senjata yang ingin meluncurkan senjata ke luar angkasa.

Sama seperti Hobo with a Shotgun, Machete (2010) awalnya merupakan film palsu yang dibuat trailernya untuk mengisi Grindhouse (2007). Film tersebut lalu dibuat menjadi film panjang, lalu sekuel ini dirilis tiga tahun setelahnya. Machete memang populer dan sukses di pasaran. Tapi sekuelnya lah yang mampu untuk membuat film ini semakin gila dan berlebihan; tapi tetap menghibura dan dicintai para penontonnya.

Return to Nuke ‘Em High Volume 1 (2013)

return to nuke 'em high volume 1 - film b

Sutradara: Lloyd Kaufman Pemain: Asta Paredes, Catherine Corcoran, Zac Amico, Vito Trigo Negara: Amerika Serikat Durasi: 85 menit

Premis Return to Nuke ‘Em High Volume 1: Ketika murid lain mulai mengalami mutasi, sepasang lesbian harus menyelesaikan misteri tersebut dan menyelamatkan SMA Tromaville.

Premisnya memang terdengar normal dan tidak terlalu aneh. Tapi percayalah, ketika menontonnya, kalian akan disuguhkan dengan sajian komedi yang menghibur. Film ini bahkan dibuat sekuelnya yang dirilis pada tahun 2017.

Sharknado (2013)

sharknado - film b

Sutradara: Anthony C. Ferrante Pemain: Ian Ziering, Tara Reid, John Heard, Cassie Scerbo Negara: Amerika Serikat Durasi: 85 menit

Premis Sharknado: Ketika suatu badai menghantam Los Angeles, pembunuh paling mematikan menguasai lautan, daratan, dan udara ketika banyak hiu meneror banyak orang.

Premis luar biasa absurd, tapi sangat sukses saat dirilis. Mungkin memang karena ke-absurd-an premis tersebut yang membuat banyak orang ingin menonton film B ini. Walau begitu, film ini tetap dicintai banyak penontonnya, tidak heran ketika kemudian enam film sekuelnya dibuat.

Wolves (2014)

wolves - film b

Sutradara: David Hayter Pemain: Lucas Till, Jason Momoa, Merritt Patterson, John Pyper-Ferguson Negara: Kanada Durasi: 90 menit

Premis Wolves: Seorang anak mencoba untuk mencari tahu tentang sejarah keluarganya, dan ia harus berhadapan dengan sebuah kota penuh manusia serigala.

Film B ini merupakan sebuah sentuhan modern akan mitos manusia serigala. Saat menonton film ini, kita akan merasa seperti sedang menonton Teen Wolf, tentu saja dalam versi R-rated. Beragam efek dan juga make up dalam film ini sungguh di bawah rata-rata film populer kebanyakan, tapi hal tersebut lah yang membuat film ini terasa sangat spesial. It’s a B movie after all.

***

Selain rekomendasi film b, dapatkan juga beragam rekomendasi film lain hanya di menonton.id. Jangan lupa follow kami di Twitter, Instagram, dan Facebook untuk info film terbaru.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here