45 Film Horor Terbaik Sepanjang Masa Versi Menonton.id

0
143
scream

Film horor adalah salah satu genre yang disukai pecinta film di mana pun di dunia. Bahkan, mereka yang tidak senang menonton film pun, bisa jadi menyukai film horor untuk hiburan mereka.

Hal ini karena film horor menawarkan beragam perasaan setelah menontonnya. Tapi yang utamanya: ketakutan.

Meskipun sama seperti film action yang memacu adrenalin, film horor tetap memberikan perasaan ketakutan dan ketegangan yang lebih besar dari film horor. Dan inilah sensasi yang memang dicari para penikmatnya.

Film horor terbaik sepanjang masa untuk para pecinta kengerian

Daftar film-film di bawah ini memanglah kebanyakan berupa film-film mainstream. Alasannya jelas, agar nantinya sahabat menonton bisa dengan mudah mencari film-filmnya.

Ingin rasanya memasukkan film horor terbaik Indonesia, tapi daftar itu akan dibuat terpisah.

Ini dia daftar film horor terbaik yang bisa kamu saksikan.

Nosferatu: A Symphony of Horror (1922)

nosferatu - film horor

Sutradara: F. W. Murnau Pemain: Max Schreck, Gustav von Wangenheim, Greta Schröder, Alexander Granach Negara: Jerman Durasi: 94 menit

Premis Nosferatu: Vampire Count Orlok tertarik pada sebuah rumah baru dan juga agenistri agen real estate Hutter.

Film bisu ini merupakan film yang penuh kontroversi. Nosferatu merupakan film horor yang tidak resmi dan tidak meminta izin untuk mengadaptasi kisah Dracula (1897) karya Bram Stoker.

Nama karakternya pun diubah dari Count Dracula menjadi Count Orlok untuk menghindari tuntutan hak cipta.

Walau begitu, film ini tetap menyalahi hak cipta setelah para ahli waris Stoker menuntut film ini. Alhasil, sidang mewajibkan seluruh kopi dari film ini dihancurkan.

Walau begitu, beberapa kopi berhasil diselamatkan dan menjadi salah satu film paling berpengaruh dalam sejarah sinema.

Frankenstein (1931)

Sutradara: James Whale Pemain: Colin Clive, Mae Clarke, John Boles, Boris Karloff Negara: Amerika Serikat Durasi: 71 menit

Premis Frankenstein: Dr. Frankenstein bermain dengan hidup dan mati saat menciptakan sebuah monster manusia dari bagian tubuh mayat.

Film horor ini banyak disukai orang karena memang kisahnya yang menyeramkan. Saat dirilis pertama kali, film ini sukses besar di pasaran, dan kualitasnya pun dipuji banyak kritikus film.

Bahkan sejumlah sekuel dan spin-off film juga diproduksi. Tidak berhenti sampai di sana, hingga kini Frankenstein kerap kali menjadi sebuah bahasan kultur pop di dunia.

House of Wax (1953)

house of wax - film horor

Sutradara: Andre DeToth Pemain: Vincent Price, Frank Lovejoy, Phyllis Kirk, Carolyn Jones Negara: Amerika Serikat Durasi: 88 menit

Premis House of Wax: Seorang pegawai membakar habis sebuah museum lilin dengan pemiliknya yang berada di dalamnya. Namun ia berhasil selamat dan ingin membalaskan dendam.

Film ini merupakan film horor 3D pertama yang dirilis dalam format berwarna dan bukan hitam putih. Hal tersebut menjadi salah satu penentu kesuksesan dari film ini.

Efek 3D, yang walaupun masih dalam tahap awal perkembangan, efektif memberikan rasa horor yang lengkap di dalamnya.

Film ini sendiri bahkan mendapatkan sukses yang kedua ketika dirilis ulang pada saat teknologi 3D booming di awal tahun 1980-an.

Psycho (1960)

Sutradara: Alfred Hitchcock Pemain: Anthony Perkins, Vera Miles, Janet Leigh, Martin Balsam Negara: Amerika Serikat Durasi: 109 menit

Premis Psycho: Seorang sekretaris mengambil uang senilai $40.000 dari klien bosnya, ia kemudian kabur, dan bermalam di sebuah motel terpencil dikelola oleh seorang pemuda yang didominasi oleh sang ibu.

Film ini bukan hanya salah satu film horor terbaik yang pernah ada. Tapi sering juga disebut sebagai salah satu film terbaik yang pernah dibuat.

Kita bisa melihat betapa Alfred Hitchcock adalah seorang masterpiece dalam film thriller. Film ini juga menjadi sebuah film yang menjadi contoh banyak film slasher horor modern setelahnya.

The Birds (1963)

the birds - film horor

Sutradara: Alfred Hitchcock Pemain: Rod Taylor, Tippi Hedren, Jessica Tandy, Suzanne Pleshette Negara: Amerika Serikat Durasi: 120 menit

Premis The Birds: Seorang sosialita kaya raya San Francisco mengejar seorang lelaki yang bisa menjadi kekasihnya di sebuah kota kecil di California Utara.

Hanya saja kejadian berubah menjadi mengerikan ketika burung-burung tiba-tiba menyerang banyak orang.

The Birds juga menjadi sebuah film horor terbaik dari Alfred Hitchcock.

Bagaimana tidak, film ini berhasil memberikan drama segar, sekaligus juga kengerian di saat para burung mulai menyerang banyak orang di California.

Film ini juga menjadi bukti bahwa Hitchcock merupakan sutradara yang bisa membuat film adaptasi novel dengan sangat baik.

Night of the Living Dead (1968)

Sutradara: George A. Romero Pemain: Judith O’Dea, Duane Jones, Marilyn Eastman, Karl Hardman Negara: Amerika Serikat Durasi: 96 menit

Premis Night of the Living Dead: Sekelompok orang Pennsylvania membarikade mereka sendiri di dalam sebuah rumah perkebunan tua untuk tetap aman dari serangan monster pemakan daging yang haus darah di pesisir timur Amerika Serikat.

Film ini juga masuk ke dalam jajaran film zombie terbaik versi menonton.id. Film ini banyak disebut sebagai salah satu cult classic yang disukai banyak penggemar.

Padahal, pada awal peluncurannya film ini mendapatkan banyak kritik karena sangat eksplisit dan gore.

Namun, kini film karya George A. Romero ini menjadi salah satu standar film zombie yang keren.

Rosemary’s Baby (1968)

rosemary's baby

Sutradara: Roman Polanski Pemain: Mia Farrow, John Cassavetes, Ruth Gordon, Sidney Blackmer Negara: Amerika Serikat Durasi: 136 menit

Premis Rosemary’s Baby: Pasangan muda mencoba untuk memiliki anak pindah ke sebuah apartemen mewah yang dikelilingi oleh tetangga aneh.

Rosemary’s Baby adalah film horor yang mengangkat tema paranoia, kebebasan perempuan, kristianitas (atau katolikisme), dan hal-hal gaib.

Kisah di dalamnya tidak dangkal namun tetap bisa memberikan kengerian ketika ditonton.

Tidak heran ketika film ini kemudian dinominasikan dan memenangkan banyak penghargaan, selain juga disebut sebagai salah satu film horor paling berpengaruh sepanjang masa.

The Exorcist (1973)

Sutradara: Willia Friedkin Pemain: Ellen Burstyn, Max von Sydow, Lee J. Cobb, Kitty Winn Negara: Amerika Serikat Durasi: 121 menit

Premis The Exorcist: Ketika seorang anak perempuan berusia 12 tahun kerasukan arwah misterius, sang ibu meminta banduan dari dua orang pendeta untuk menolongnya.

Film ini laris besar ketika dirilis di pasaran. Dan menjadi film horor pertama yang mendapatkan nominasi Best Picture Piala Oscar.

Ada banyak orang yang bahkan rela mengantre di depan bioskop untuk menonton film ini, bahkan lebih dari satu kali. Dilaporkan juga ada beberapa penonton yang mengalami reasksi fisik parah.

Bahkan hingga muntah dan juga pingsan ketika menontonnya. Yang terparah, ada beberapa penonton yang dilaporkan mengalami serangan jantung hingga keguguran.

Mengerikan.

The Texas Chain Saw Massacre (1974)

the texas chain saw massacre

Sutradara: Tobe Hooper Pemain: Marilyn Burns, Paul A. Partain, Edwin Neal, Jim Siedow Negara: Amerika Serikat Durasi: 83 menit

Premis The Texas Chainsaw Massacre: Dua saudara dan tiga orang temannya mengambil jalan pintas untuk mendatangi makam kakeknya di Texas. Mereka berakhir menjadi korban dari keluarga psikopat kanobal dan harus menyelamatkan diri dari teror tersebut.

Film ini memiliki banyak adegan sadis di dalamnya. Hal ini membuatnya sempat dilarang untuk tayang di beberapa negara.

Bahkan ada banyak bioskop yang berhenti menayangkan film ini karena adanya komplain tentang sadisnya film ini.

Walau begitu, kini film ini dinobatkan sebagai salah satu film horor yang paling berpengaruh di sepanjang sejarah.

Carrie (1976)

Sutradara: Brian De Palma Pemain: Sissy Spacek, John Travolta, Piper Laurie,William Katt Negara: Amerika Serikat Durasi: 98 menit

Premis Carrie: Carrie White, anak perempuan pemalu yang tidak memiliki teman tinggal dengan ibunya yang dominan dan religius. Ia kemudian menyadari bahwa ia memiliki kekuatan telekinetik setelah dipermalukan oleh teman-temannya di pesta prom night.’

Carrie adalah film pertama yang diadaptasi dari novel karya Stephen King. Ketika dirilis, film ini sukses memberikan kengerian.

Disebut sebagai film horor terbaik yang pernah dibuat, film ini mendapatkan beragam penghargaan.

Mulai dari nominasi Piala Oscar untuk Sissy Spacek dan Piper Laurie, hingga masuk dalam daftar 500 Film Terbaik Sepanjang Masa yang dibuat majalah film Empire.

Eraserhead (1977)

eraserhead - film horor

Sutradara: David Lynch Pemain: Jack Nance, Charlotte Stewart, Allen Joseph, Jeanne Bates Negara: Amerika Serikat Durasi: 89 menit

Premis Eraserhead: Henry Spencer mencoba untuk menyelamatkan diri dari kekasihnya yang marah, dan juga teriakan anak mutannya yang baru lahir.

Ini adalah film panjang pertama yang disutradarai oleh David Lynch. Sebelumnya ia dikenal sebagai sutradara film pendek.

Dirilis secara kecil-kecilan, seiring waktu kengerian film ini mendapatkan kepopuleran.

Ada banyak orang yang menyukai film ini. Dan kini, film ini dinobatkan sebagai salah satu film horor terbaik.

Hausu (1977)

Sutradara: Nobuhiko Obayashi Pemain: Kimiko Ikegami, Miki Jinbo, Ai Matubara, Kumiko Oba Negara: Jepang Durasi: 88 menit

Premis Hausu: Seorang murid perempuan dan enam teman sekelasnya pergi ke rumah tantenya di desa, yang ternyata berhantu.

Film komedi horor ini mungkin mendapatkan kritik yang kurang baik dari para kritikus film di Jepang pada saat dirilis pertama kali. Tapi film ini mengerikan.

Sebuah rumah yang menakutkan dan memangsa satu per satu orang di dalamnya tentu saja memberikan kengerian tersendiri.

Dan benar saja, film ini memberikan ketakutan itu.

Suspiria (1977)

suspiria

Sutradara: Dario Argento Pemain: Jessica Harper, Stefania Casini, Flavio Bucci, Miguel Bosé Negara: Italia Durasi: 99 menit

Premis Suspiria: Seorang pendatang baru asal Amerika yang masuk ke sebuah akademi balet prestisius Jerman menyadari bahwa sekolah tersebut adalah sebuah tipuan dan berisikan kengerian akan pembunuhan berantai.

Suspiria merupakan film karya Daria Argento yang paling sukses.

Tidak hanya indah untuk ditonton karena visual dan adegan di dalamnya, film ini juga bisa membuat bulu kuduk berdiri karena kengeriannya.

Walau penuh warna, kita tetap merasa kesuraman film ini. Disebut-sebut salah satu film horor paling berpengaruh, tidak heran ketika Luca Guadagnino kemudian membuat versi terbarunya di tahun 2018.

Halloween (1978)

Sutradara: John Carpenter Pemain: Donald Pleasence, Jamie Lee Curtis, P. J. Soles, Nancy Loomis Negara: Amerika Serikat Durasi: 91 menit

Premis Halloween: Lima belas tahun setelah membunuh saudara perempuannya di tahun 1963, Michael Myers kabur dari rumah sakit jiwa dan kembali ke kota kecil Haddonfield, Illinois untuk membunuh kembali.

Film ini berhasil membuat sebuah legenda baru di Amerika Serikat. Ada banyak ketakutan yang diciptakan oleh film ini.

Hal itu dibangun dari penyutradaraan John Carpenter yang luar biasa ditambah dengan scoring yang mencekam.

Tidak heran jika kemudian Halloween menjadi sebuah franchise film yang sukses hingga kini.

The Shining (1980)

the shining

Sutradara: Stanley Kubrick Pemain: Jack Nicholson, Shelley Duvall, Scatman Crothers, Danny Lloyd Negara: Amerika Serikat, Inggris Durasi: 146 menit

Premis The Shining: Satu keluarga pergi ke sebuah hotel terpencil di musim dingin di mana arwah jahat mempengaruhi sang ayah untuk melakukan kejahatan. Sementara anak laki-lakinya bisa melihat kengerian di masa lalu dan masa depan di tempat tersebut.

Film lain yang diadaptasi dari novel Stephen King ini sungguh fenomenal dan menjadi sebuah ikon kultur pop yang dikenal banyak orang hingga kini.

Gambaran hotel yang menyeramkan, ditambah dengan akting para pemainnya yang luar biasa baik, menjadikan kita bisa merasakan dinginnya dan suramnya hotel tersebut.

Sebuah sekuel film ini, Doctor Sleep, dirilis pada 2019 lalu.

The Evil Dead (1981)

Sutradara: Sam Raimi Pemain: Bruce Campbell, Ellen Sandweiss, Richard DeManincor, Betsy Baker Negara: Amerika Serikat Durasi: 85 menit

Premis The Evil Dead: Lima orang teman pergi ke sebuah kabin di hutan, di mana ternyata mereka melepas dan menghidupkan mayat hidup.

Stephen King, sang penulis novel horor dan misteri, sangat menyukai film ini. Tidak heran jika kemudian film ini menjadi sukses di pasaran.

Alhasil, film ini juga menjadi sebagai salah satu film paling signifikan dalam sejarah film horor.

Kesuksesannya juga melahirkan franchise film horor yang sukses.

The Thing (1982)

the thing - film horor

Sutradara: John Carpenter Pemain: Kurt Russell, A. Wilford Brimley, T. K. Carter, David Clennon Negara: Amerika Serikat Durasi: 109 menit

Premis The Thing: Regu penelitian di Antartika dihantui oleh sebuah alien pengubah bentuk yang bisa berubah menjadi korbannya.

Lagi-lagi film dari John Carpenter, film ini merupakan salah satu masterpiece dalam sejarah film horor yang pernah dibuat.

Padahal film ini mendapatkan review yang sangat buruk saat pertama kali dirilis.

Tapi, banyak orang yang akhirnya menyadari betapa film ini sangat berpengaruh ketika mulai dirilis ulang dalam bentuk home video dan ditayangkan di TV.

A Nightmare on Elm Street (1984)

Sutradara: Wes Craven Pemain: John Saxon, Ronee Blakley, Heather Langenkamp, Amanda Wyss Negara: Amerika Serikat Durasi: 91 menit

Premis A Nightmare on Elm Street: Arwah monster dari pembunuh anak-anak membalas dendam dengan mendatangi mimpi para pemuda yang orang tuanya bertanggung jawab atas kematiannya.

Masuk dalam jajaran film horor terbaik sepanjang masa, film ini bermain-main dengan imajinasi dan dunia nyata para penontonnya.

Film ini sendiri dibuat dengan budget yang kecil, tapi berhasil memberikan beragam kengerian layaknya film slasher lain.

The Fly (1986)

the fly - film horor

Sutradara: David Cronenberg Pemain: Jeff Goldblum, Geena Davis, John Getz, Joy Boushel Negara: Amerika Serikat Durasi: 96 menit

Premis The Fly: Seorang peneliti brilian namun eksentrik mulai berubah menjadi lalat raksasa (setengah manusia setengah lalat) setelah penelitiannya mengalami kekacauan.

Saat dirilis pertama kali, film ini berhasil mendapatkan banyak pujian karena kengerian ceritanya yang dipadu dengan aksi keren dari Jeff Goldblum.

Film ini juga menjadi film karya Cronenberg terlaris.

Scream (1996)

scream

Sutradara: Wes Craven Pemain: David Arquette, Neve Campbell, Courteney Cox, Matthew Lillard Negara: Amerika Serikat Durasi: 111 menit

Premis Scream: Setahun setelah pembunuhan ibunya, seorang perempuan muda diteror oleh pembunuh baru, yang menargetkan perempuan tersebut dan teman-temannya menggunakan film horor sebagai bagian dari permainan mematikan.

Film yang menggabungkan unsur black comedy dan juga misteri whodunit ini sukses besar di pasaran.

Walaupun banyak menyajikan satur klise film slasher, tapi film ini berhasil memberikan kengerian di dalamnya.

Kesuksesannya menjadikan Scream sebagai salah satu franchise horor paling sukses dalam sejarah film.

The Blair Witch Project (1999)

Sutradara: Daniel Myrick, Eduardo Sánchez Pemain: Heather Donahue, Michael C. Williams, Joshua Leonard Negara: Amerika Serikat Durasi: 81 menit

Premis The Blair Witch Project: Tiga murid sekolah film hilang setelah pergi ke hutan Maryland untuk membuat film dokumenter tentang legenda Blair Witch. Namun mereka meninggalkan rekaman videonya.

Film horor ini adalah film penting dalam perkembangan sejarah film horor.

Walaupun bukan yang pertama menyajikan film dalam format found footage, tapi film ini menjadi yang tersukses.

Film ini juga mengundang banyak kontroversi karena banyak penonton yang mengira menonton rekaman horor di dalamnya nyata.

Ringu (1998)

Sutradara: Hideo Nakata Pemain: Nanako Matshushima, Hiroyuki Sanada, Rikiya Ōtaka, Yoichi Numata Negara: Jepang Durasi: 95 menit

Premis Ringu: Seorang reporter dan mantan suaminya menginvestigasi sebuah video terkutuk yang dirumorkan bisa membunuh penontonnya tujuh hari setelah menontonnya.

Film horor Jepang pertama yang berkualitas memang bukanlah Ringu atau The Ring.

Tapi film inilah yang mempopulerkan J-horor atau film horor Jepang.

Saking menyeramkannya, film ini bukan hanya sukses sebagai salah satu film horor Jepang terbaik, tapi juga sebagai film horor terbaik sepanjang masa.

A Tale of Two Sisters (2003)

a tale of two sisters - film horor

Sutradara: Kim Jee-woon Pemain: Im Soo-jung, Moon Geun-young, Yum Jung-ah, Kim Kap-soo Negara: Korea Selatan Durasi: 114 menit

Premis A Tale of Two Sisters: Satu keluarga dihantu tragedi kematian di dalam keluarga mereka.

Film ini merupakan film horor Korea pertama yang ditayangkan di bioskop Amerika Serikat.

Selain itu, film ini juga menjadi film horor Korea paling laris yang pernah dibuat.

Kesuksesan dan kengeriannya membuat Hollywood membuat versi Amerika Serikatnya lewat film The Uninvited (2009).

Saw (2004)

Sutradara: James Wan Pemain: Cary Elwes, Danny Glover, Monica Potter, Michael Emerson Negara: Amerika Serikat Durasi: 103 menit

Premis Saw: Dua orang asing terbangun di sebuah ruangan tanpa bisa mengingat bagaimana mereka bisa berada di sana. Mereka kemudian menyadari bahwa mereka adalah pion di dalam sebuah permainan mematikan yang dibuat oleh seorang pembunuh berantai.

Saw adalah film horor yang bermain dengan psikologis karakter dan juga penontonnya.

Lewat permainan-permainan mematikan, kita dibuat menebak atau bahkan melihat bagaimana sifat asli seseorang ketika dihadapkan pada masalah yang mematikan.

Tidak heran jika kemudian Saw terbangun sebagai salah satu franchise film horor terlaris yang pernah ada.

Paranormal Activity (2007)

paranormal activity

Sutradara: Oren Peli Pemain: Katie Featherston, Micah Sloat, Ashley Palmer, Mark Fredrichs Negara: Amerika Serikat Durasi: 86 menit

Premis Paranormal Activity: Setelah pindah ke rumah baru, sepasang pengantin muda diganggu oleh kehadiran arwah menakutkan setiap malam.

Dibuat secara independen, Paranormal Activity menjadi sebuah fenomena film horor di era modern.

Kisahnya yang sederhana membuat kengerian film ini sangat terasa dekat dengan kenyataan sehari-hari.

Secara profit dan pendapatan balik, film ini adalah yang paling menguntungkan sepanjang sejarah film.

Let the Right One In (2008)

Sutradara: Thomas Alfredson Pemain: Kåre Hedebrant, Lina Leandersson, Per Ragnar, Ika Nord Negara: Swedia Durasi: 114 menit

Premis Let the Right One in: Oskar, seorang anak tidak populer yang sering dibully, menemukan cinta dan balas dendan lewat Eli, seorang perempuan cantik namun aneh.

Film ini memberikan gambaran kengerian di dalamnya lewat hubungan antar dua karakter utamanya. Sisi gelap manusia ditunjukkan dalam film ini.

Dan benar saja bahwa memang manusia bisa menjadi sangat mengerikan, bahkan lebih mengerikan dari makhluk horor lainnya.

Drag Me To Hell (2009)

drag me to hell

Sutradara: Sam Raimi Pemain: Alison Lohman, Justin Long, Lorna Raver, Dileep Rao Negara: Amerika Serikat Durasi: 99 menit

Premis Drag Me To Hell: Petugas pinjaman yang menggusur seorang perempuan tua di rumahnya mendapatkan dirinya sebagai penerima kutukan supernatural. Putus asa, ia mencari pertolongan untuk menyelamatkan jiwanya, saat kekuatan jahat di dalam dirinya terus mencoba menghancurkan hidupnya.

Mendapatkan penghargaan Best Horror Film dalam ajang Scream Awards 2009 sdan Saturn Awards 2010, tidak meragukan lagi bahwa film ini memang mengerikan.

Walau terkadang ada sisipan jokes di dalamnya, bukan berarti film ini adalah film horor kebanyakan, yang tidak memberikan ketakutan.

The Cabin in the Woods (2012)

Sutradara: Drew Goddard Pemain: Kristen Connolly, Chris Hemsworth, Fran Kranz, Jesse Williams Negara: Amerika Serikat Durasi: 95 menit

Premis The Cabin in the Woods: Lima orang teman pergi ke sebuah kabin di hutan terpencil, di mana mereka mendapatkan lebih dari yang di harapkan, saat mereka mendapati kebenaran di balik kabin tersebut.

Film ini sebenarnya bukan film horor murni. Tapi sebuah film satir tentang film horor yang memiliki cerita tipikal.

Tapi jangan salah, walaupun satir, film ini tetap sama mengerikannya, sekaligus menghibur. Kamu bisa melihat beragam kengerian di dalam film ini.

Semua hantu, monster, binatang, sampai pembunuh berantai mengerikan ada semua di sini.

Sinister (2012)

sinister

Sutradara: Scott Derrickson Pemain: Ethan Hawke, Juliet Rylance, James Ransone, Fred Dalton Thompson Negara: Amerika Serikat Durasi: 109 menit

Premis Sinister: Penulis novel kriminal nyata Ellison Oswalt menemukan box berisikan film super 8 di rumah barunya. Film tersebut merupakan tentang pembunuhan berantai di tahun 1960 yang sedang ia riset untuk buku terbarunya.

Film ini merupakan film yang paling menakutkan menurut penelitian.

Dari penelitian Science Scare Project, film ini berhasil mendapatkan hasil paling menakutkan berdasar detak jantung para (responden) penontonnya.

Kalian boleh menyangkal apapun, yang pasti kamu tidak bisa menyangkal sains!

The Conjuring (2013)

Sutradara: James Wan Pemain: Vera Farmiga, Patrick Wilson, Ron Livingston, Lili Taylor Negara: Amerika Serikat Durasi: 112 menit

Premis The Conjuring: Investigator paranormal Ed dan Lorraine Warren bekerja untuk membantu sekeluarga yang diteror oleh arwah hitam di rumahnya.

James Wan memang sudah dikenal sebagai seorang sutradara pencipta film horor mengerikan.

Tapi ia membuat sebuah universe horor baru lewat The Conjuring, yang sukses besar dan memberikan banyak jump scare tidak terduga.

You’re Next (2013)

you're next - film horor

Sutradara: Adam Wingard Pemain: Sharni Vinson, Nicholas Tucci, Wendy Glenn, A. J. Bowen Negara: Amerika Serikat Durasi: 94 menit

Premis You’re Next: Ketika keluarga Davidson diserang saat merayakan ulang tahun perkawinannya, sekelompok pembunuh misterius menyadari bahwa salah satu korbannya memiliki rahasia untuk melawan balik.

You’re Next memberikan sebuah gabungan ketakutan dan gore yang sangat menarik.

Ditambah lagi sentuhan black comedy di dalamnya membuat beragam adegan ketakutan sedikit menghibur.

Membuat kamu tersenyum sebelum menahan napas tegang.

The Babadook (2014)

Sutradara: Jennifer Kent Pemain: Essie Davis, Noah Wiseman, Hayley McElhinney, Daniel Henshall Negara: Australia Durasi: 94 menit

Premis The Babadook: Seorang single mother dan anaknya jatuh ke dalam ketakutan ketika sebuah buku anak menakutkan berjudul Mister Babadook hadir di rumahnya.

The Babadook membangun ketakutan bukan lewat jump scare layaknya film horor kebanyakan.

Tapi dengan sebuah sajian horor nyata yang dibangun dengan baik di setiap adegannya.

Menjadikannya seperti film horor yang berbeda daripada yang lain.

It Follows (2015)

it follows - film horor

Sutradara: David Robert Mitchell Pemain: Maika Monroe, Keir Gilchrist, Daniel Zovatto, Jake Weary Negara: Amerika Serikat Durasi: 100 menit

Premis It Follows: Seorang perempuan muda diikuti oleh sebuah arwah supernatural setelah melakukan aktivitas cabul.

Tidak banyak film horor yang menberikan pesan atau interpretasi lain dari kisahnya. It Follows adalah salah satunya.

Walaupun film ini merupakan film horor, ketakutan di dalam film ini juga diartikan sebagai rasa sesal, atau juga sebuah penyakit yang memang bisa menjangkiti seseorang setelah melakukan aktivitas seksual.

10 Cloverfield Lane (2016)

Sutradara: Dan Trachtenberg Pemain: Mary Elizabeth Winstead, John Goodman, John Gallagher Jr. Negara: Amerika Serikat Durasi: 104 menit

Premis 10 Cloverfield Lane: Setelah mengalami kecelakaan mobil, seorang perempuan ditempatkan di sebuah penampungan oleh dua orang laki-laki, yang mengklaim bahwa dunia luar sedang mengalami serangan kimia.

Bukan hanya saja premisnya yang menarik, film ini juga memiliki aksi dari para pemainnya yang sangat meyakinkan.

Menjadikan film ini sangat memuaskan banyak pecinta film horor, yang lebih ke arah psychological thriller.

Raw (2016)

raw - film horor

Sutradara: Julia Ducournau Pemain: Garance Marillier, Ella Rumpf, Laurent Lucas Negara: France, Belgium Durasi: 99 menit

Premis Raw: Seorang perempuan muda, yang sedang belajar untuk menjadi dokter hewan, ternyata mendapatkan sebuah ketertarikan akan rasa daging manusia.

film horor yang memiliki kontroversi, bisa jadi adalah film horor yang dinanti. Dan Raw memiliki banyak adegan kontroversial di dalamnya.

Mengerikan, sekaligus menciptakan sensasi tidak nyaman ketika menontonnya.

The Witch (2016)

Sutradara: Robert Eggers Pemain: Anya Taylor-Joy, Ralph Ineson, Kate Dickie, Harvey Scrimshaw Negara: Amerika Serikat, Kanada Durasi: 93 menit

Premis The Witch: Sekeluarga di New England tahun 1630-an dihancurkan oleh kekuatan sihir, sihir hitam, dan kerasukan.

Ketakutan dan kengerian di dalam film ini dibangun dengan pelan tapi meyakinkan.

Bahkan, penonton tidak akan mendapatkan ketakutan dari adegan mengerikan, tapi melalui efek-efek yang dibangun oleh suasana dan juga pengambilan gambar yang luar biasa dari film ini.

The Wailing (2016)

the wailing

Sutradara: Na Hong-jin Pemain: Kwak Do-won, Hwang Jung-min, Chun Woo-hee Negara: Korea Selatan Durasi: 156 menit

Premis The Wailing: Segera setelah seorang asing datang ke sebuah desa kecil, sebuah penyakit mengerikan mulai menyebar. Seorang polisi, masuk ke dalam insiden ini, dipaksa untuk menyelesaikan misteri untuk menyelamatkan anak perempuannya.

Salah satu film terbaik Korea Selatan sepanjang masa versi menonton.id, film ini cukup panjang untuk genrenya.

Tapi percayalah, durasi itu tidak akan terasa saat kita menonton dan menikmati beragam hal mengerikan yang dibangun dengan sangat baik oleh film ini.

Memuaskan.

Get Out (2017)

Sutradara: Jordan Peele Pemain: Daniel Kaluuya, Allison Williams, Bradley Whitford, Caleb Landry Jones Negara: Amerika Serikat Durasi: 104 menit

Premis Get Out: Seorang pemuda kulit hitam mendatangi rumah keluarga kekasihnya yang berkulit putih. Di mana di sana ia menyadari bahwa ada sesuatu yang janggal di tempat tersebut.

Get Out menjadi sebuah fenomena ketika dirilis.

Kaitan kisah horor dan juga komentar sosialnya tentang kesenjangan rasial di Amerika Serikat menjadikannya sangat menyenangkan, menghibur, dan penting untuk ditonton.

Walau tetap mengerikan.

It (2017)

It - film horor

Sutradara: Andy Muschietti Pemain: Jaeden Lieberher, Bill Skarsgård, Jeremy Ray Taylor, Sophia Lillis Negara: Kanada, Amerika Serikat Durasi: 135 menit

Premis It: Musim panas 1989, sekelompok anak yang dibully bersatu untuk menghancurkan monster pengubah bentuk, yang menyamar menjadi badut dan menyasar anak-anak di kota kecil Derry, Maine.

Salah satu maha karya lain dari Stephen King yang diadaptasi menjadi sebuah film, tidak ada yang tidak takut saat menyaksikan badut ini menggentayangi anak-anak.

Mengajak kita masuk ke dalam kegelapan yang mencekam.

A Quiet Place (2018)

Sutradara: John Krasinski Pemain: Emily Blunt, John Krasinski, Millicent Simmonds, Noah Jupe Negara: Amerika Serikat Durasi: 90 menit

Premis A Quiet Place: Di sebuah dunia yang sudah hancur, sebuah keluarga berusaha untuk hidup dalam kesunyian karena mereka hidup dikelilingi monster pemakan manusia yang sensitif akan suara.

Film horor ini mungkin sekitar 80%-nya diisi dengan kesunyian. Menjadikan filmnya lebih mencekam dan mengerikan.

Bahkan kita akan ikut bernapas dengan sangat perlahan ketika menontonnya. Sekuelnya akan ditayangkan pada 2022 mendatang.

Hereditary (2018)

hereditary - film horor

Sutradara: Ari Aster Pemain: Toni collette, Alex Wolff, Milly Shapiro, Ann Dowd Negara: Amerika Serikat Durasi: 127 menit

Premis Hereditary: Keluarga yang sedang berkabung dihantui oleh kemunculan tragis dan juga mengganggu.

Ari Aster menjadi salah satu sutradara film horor generasi baru yang sangat dikagumi.

Lewat film ini kamu akan bisa merasakan betapa geniusnya sang sutradara ini.

Mengerikan, mencekam, ditambah dengan penampilan para pemainnya yang meyakinkan.

Midsommar (2019)

Sutradara: Ari Aster Pemain: Florence Pugh, Jack Reynor, William Jackson Harper Negara: Amerika Serikat, Swedia Durasi: 148 menit

Premis Midsommar: Sepasang kekasih pergi ke Swedia untuk mendatangi sebuah festival musim panas. Acara tersebut ternyata merupakan sebuah tempat pengikut pagan yang aneh dan juga mengerikan.

Arguably merupakan film horor terbaik 2019, film dari Ari Aster ini menyajikan horor yang tidak mainstream layaknya film lain.

Kengerian di dalam film ini disajikan lewat cahaya terang dan warna-warna cerah.

Walau berbeda dari banyak film horor yang gelap dan suram, tapi percayalah, film ini tidak kalah menakutkan.

Us (2019)

Us

Sutradara: Jordan Peele Pemain: Lupita Nyong’o, Winston Duke, Elisabeth Moss, Tim Heidecker Negara: Amerika Serikat Durasi: 116 menit

Premis Us: Liburan sebuah keluarga di pantai berubah menjadi kekacauan ketika doppleganger mereka mulai hadir dan juga meneror mereka.

Us juga merupakan film horor yang memberikan sebuah pesan menarik di dalam filmnya.

Ketakutan yang kita rasakan biasanya datang dari diri kita sendiri. Tapi, tetap saja menakutkan.

Host (2020)

Sutradara: Rob Savage Pemain: Haley Bishop, Jemma Moore, Emma Louise Webb, Radina Drandova Negara: Inggris Durasi: 57 menit

Premis Host: Enam orang teman membuat sebuah video conference melalui zoom saat lockdown, tapi mereka mendapatkan hal yang tidak mereka harapkan, dan semuanya berubah menjadi kekacauan.

Host hadir di tengah pandemi covid-19 yang mengharuskan banyak orang berdiam di rumah.

Walau virusnya saja sudah menakutkan, dalam film ini kengerian tersebut mendatangi mereka yang menyendiri di rumah dan saling bercengkerama satu sama lain lewat video conference. Semakin menakutkan.

Film ini bahkan sempat disebut sebagai salah satu film horor terbaik 2020.

The Invisible Man (2020)

the invisible man - film horor

Sutradara: Leigh Whannell Pemain: Elisabeth Moss, Aldis Hodge, Storm Reid, Harriet Dyer Negara: Amerika Serikat, Australia Durasi: 124 menit

Premis The Invisible Man: Ketika kekasih abusif Cecilia bunuh diri dan memberikannya kekayaan, ia menyadari bahwa kematian tersebut adalah berita bohong. Kejadian-kejadian aneh terjadi, dan Cecilia berusaha untuk membuktikan bahwa ia sedang diikuti oleh seseorang yang tidak terlihat.

Film remake ini bisa dibilang lebih sukses daripada pendahulunya. Sejak ditayangkan, film ini mengerikan dari awal hingga akhir.

Membuat kita merasakan kehadiran ia yang tidak terlihat secara langsung.

***

Jangan lupa baca juga rekomendasi film lain di menonton.id. Follow juga Twitter, Instagram, dan Facebook untuk info dunia entertainment terbaru lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here