BerandaEditorial14 Film Steven Spielberg: Yang Terbaik dari Sang Legenda

14 Film Steven Spielberg: Yang Terbaik dari Sang Legenda

Kamu pasti sudah familiar dengan nama Steven Spielberg, salah satu sutradara dan produser film terkenal di dunia.

Spielberg dikenal sebagai pionir era baru Hollywood yang menciptakan film-film blockbuster yang sukses secara kritik dan komersial.

Dia juga salah satu pendiri dari Amblin Entertainment, DreamWorks Pictures, dan DreamWorks Animation.

Spielberg telah menggarap berbagai genre film, mulai dari sci-fi, petualangan, thriller, drama, sejarah, hingga animasi.

Dia juga telah memenangkan banyak penghargaan, termasuk empat Oscar untuk kategori Sutradara Terbaik dan Film Terbaik.

Tak heran jika Spielberg dijuluki sebagai Raja Hollywood.

Dari sekian banyak film yang telah dibuatnya, mana saja yang bisa dianggap sebagai film terbaik Steven Spielberg?

Tentu ini bukan pertanyaan mudah, karena setiap filmnya memiliki keunikan dan kelebihan tersendiri.

Namun, berdasarkan beberapa kriteria seperti raihan Oscar, pendapatan box office, rating dari situs-situs film ternama, dan popularitas di kalangan penonton, kami telah memilih 15 film Steven Spielberg terbaik yang wajib kamu tonton.

Berikut daftarnya.

Schindler’s List (1993)

schindler's list - menonton.id (13)

Film ini adalah karya paling monumental dan mengharukan dari Spielberg.

Film ini menceritakan kisah nyata Oskar Schindler (Liam Neeson), seorang pengusaha Jerman yang menyelamatkan lebih dari seribu orang Yahudi dari kekejaman Nazi selama Holocaust.

Schindler’s List dibuat dengan gaya hitam putih untuk memberikan kesan realistis dan dramatis.

Film ini berhasil meraih tujuh Oscar, termasuk Sutradara Terbaik dan Film Terbaik untuk Spielberg.

Film ini juga mendapat pujian luas dari kritikus dan penonton, serta menjadi salah satu film terbaik sepanjang masa.

Saving Private Ryan (1998)

saving private ryan - menonton.id (12)

Film perang yang menggambarkan pendaratan Sekutu di Normandia pada Perang Dunia II ini adalah salah satu film terbaik Steven Spielberg yang menampilkan adegan perang yang brutal dan realistis.

Film ini mengisahkan misi penyelamatan seorang prajurit Amerika bernama James Ryan (Matt Damon) yang ketiga saudaranya tewas dalam pertempuran.

Tom Hanks berperan sebagai Kapten John Miller yang memimpin timnya untuk mencari Ryan di tengah medan perang yang berbahaya.

Film ini mendapat lima Oscar, termasuk Sutradara Terbaik untuk Spielberg.

Film ini juga mendapat apresiasi tinggi dari kritikus dan penonton, serta menjadi salah satu film perang terbaik sepanjang masa.

- Advertisement -

Jurassic Park (1993)

jurassic park - menonton.id (10)

Film sci-fi petualangan yang menghidupkan kembali dinosaurus dengan teknologi DNA ini adalah salah satu film terlaris dan paling populer yang pernah dibuat Spielberg.

Film ini bercerita tentang sebuah taman hiburan yang menampilkan dinosaurus hidup sebagai atraksi utama.

Namun, ketika sistem keamanan taman tersebut rusak akibat ulah seorang pekerja nakal, dinosaurus-dinosaurus tersebut lepas dan menyerang pengunjung dan staf taman tersebut.

Film ini menampilkan efek visual dan suara yang luar biasa, serta aksi-aksi menegangkan yang membuat penonton terpaku di kursi bioskop.

Film ini memenangkan tiga Oscar untuk kategori Best Sound, Best Visual Effects, dan Best Sound Effects Editing.

E.T. the Extra-Terrestrial (1982)

e.t. the extra-terrestrial - menonton.id (11)

Film sci-fi fantasi yang menceritakan persahabatan antara seorang anak laki-laki bernama Elliott (Henry Thomas) dan makhluk luar angkasa bernama E.T. ini adalah salah satu film terbaik Steven Spielberg yang paling menyentuh hati penonton.

Film ini menggambarkan bagaimana Elliott dan saudara-saudaranya berusaha menyembunyikan E.T. dari pemerintah yang ingin menangkapnya, serta membantunya pulang ke planet asalnya.

E.T. dipenuhi dengan adegan-adegan menggemaskan, lucu, dan mengharukan yang membuat penonton tersenyum dan menangis.

Film ini memenangkan empat Oscar untuk kategori Best Sound, Best Visual Effects, Best Sound Effects Editing, dan Best Original Score.

Raiders of the Lost Ark (1981)

raiders of the lost ark - menonton.id (8)

Film petualangan yang mengenalkan karakter ikonik Indiana Jones (Harrison Ford), seorang arkeolog dan petualang yang berusaha mencari Tabut Perjanjian yang konon memiliki kekuatan supernatural ini adalah salah satu film terbaik Steven Spielberg yang paling seru dan menghibur.

Film ini dipenuhi dengan aksi-aksi menantang, teka-teki misterius, dan humor yang cerdas.

Raiders of the Lost Ark juga menjadi film pertama dari seri Indiana Jones yang terus berlanjut hingga saat ini.

Film ini memenangkan empat Oscar untuk kategori Best Art Direction, Best Sound, Best Film Editing, dan Best Visual Effects.

The Color Purple (1985)

film steven spielberg the color purple - menonton.id (9)

Film drama yang diadaptasi dari novel karya Alice Walker ini adalah salah satu film terbaik Steven Spielberg yang paling berbeda dari karya-karyanya yang lain.

Film ini menceritakan kisah hidup Celie (Whoopi Goldberg), seorang wanita kulit hitam yang mengalami berbagai penindasan dan kekerasan sejak kecil hingga dewasa di Amerika Selatan pada awal abad ke-20.

The Color Purple menggambarkan bagaimana Celie berjuang untuk menemukan cinta, kebahagiaan, dan kebebasan dalam hidupnya.

Film ini mendapat sebelas nominasi Oscar, tetapi tidak memenangkan satupun.

Namun, film ini tetap mendapat pengakuan sebagai salah satu film drama terbaik sepanjang masa.

The Adventures of Tintin (2011)

film steven spielberg the adventures of tintin - menonton.id (7)

Film animasi yang diadaptasi dari komik karya Hergé ini adalah salah satu film terbaik Steven Spielberg yang paling inovatif dan menyenangkan.

Film ini mengisahkan petualangan Tintin (Jamie Bell), seorang wartawan muda yang bersama anjingnya, Snowy, terlibat dalam pencarian harta karun yang terkait dengan kapal tua bernama Unicorn.

The Adventures of Tintin menggunakan teknologi motion capture untuk menciptakan karakter-karakter animasi yang realistis dan ekspresif.

Film ini juga menampilkan adegan-adegan petualangan yang mendebarkan dan mengagumkan, serta humor yang cerdas dan menghibur.

Film ini memenangkan Oscar untuk kategori Best Animated Feature.

Close Encounters of the Third Kind (1977)

close encounters of the third kind - menonton.id (6)

Film sci-fi yang menggambarkan kontak antara manusia dan makhluk luar angkasa ini adalah salah satu film terbaik Steven Spielberg yang paling visioner dan inspiratif.

Film ini bercerita tentang Roy Neary (Richard Dreyfuss), seorang pekerja listrik yang mengalami pengalaman aneh setelah melihat cahaya-c ahaya misterius di langit malam.

Roy kemudian menjadi terobsesi untuk mencari tahu arti dari pengalamannya tersebut, dan akhirnya menemukan sebuah lokasi rahasia di mana pemerintah sedang melakukan komunikasi dengan makhluk luar angkasa.

Film ini menampilkan efek visual dan suara yang luar biasa, serta adegan penutup yang spektakuler dan mengharukan.

Film ini memenangkan Oscar untuk kategori Best Cinematography.

The Terminal (2004)

film steven spielberg the terminal - menonton.id (4)

Film komedi drama yang menceritakan kisah nyata Viktor Navorski (Tom Hanks), seorang warga negara fiktif Krakozhia yang terjebak di bandara JFK, New York, karena paspornya tidak valid akibat perang saudara di negaranya ini adalah salah satu film terbaik Steven Spielberg yang paling menghangatkan hati dan menyentuh jiwa.

The Terminal menggambarkan bagaimana Viktor beradaptasi dengan hidup di bandara selama sembilan bulan, berteman dengan para pekerja bandara, jatuh cinta dengan seorang pramugari (Catherine Zeta-Jones), dan berhadapan dengan seorang pejabat bandara (Stanley Tucci) yang ingin mengusirnya dari bandara.

Film ini menampilkan akting yang brilian dari Tom Hanks, serta pesan-pesan moral tentang kebaikan, harapan, dan impian.

Catch Me If You Can (2002)

catch me if you can - menonton.id (5)

Film biografi kriminal yang menceritakan kisah nyata Frank Abagnale Jr. (Leonardo DiCaprio), seorang penipu ulung yang berhasil mengelabui banyak orang dengan berpura-pura menjadi pilot, dokter, pengacara, dan agen FBI, serta menghasilkan jutaan dolar dari cek palsu ini adalah salah satu film terbaik Steven Spielberg yang paling seru dan menghibur.

Catch Me If You Can juga mengisahkan pertarungan kucing dan tikus antara Frank dan agen FBI Carl Hanratty (Tom Hanks) yang bertekad untuk menangkapnya.

Film ini menampilkan akting yang memukau dari Leonardo DiCaprio dan Tom Hanks, serta alur cerita yang penuh dengan kejutan, humor, dan drama.

Jaws (1975)

film steven spielberg jaws - menonton.id (2)

Film thriller yang mengisahkan teror seekor hiu putih raksasa yang menyerang para wisatawan di sebuah pulau pantai ini adalah salah satu film terbaik Steven Spielberg yang paling menegangkan dan menakutkan.

Film ini juga menjadi film pertama yang mencapai status blockbuster, dengan pendapatan lebih dari 100 juta dolar di Amerika Serikat.

Jaws mengisahkan upaya tiga orang, yaitu kepala polisi Martin Brody (Roy Scheider), ahli biologi laut Matt Hooper (Richard Dreyfuss), dan pemburu hiu Quint (Robert Shaw) untuk membunuh hiu tersebut sebelum ia membunuh lebih banyak korban.

Film ini menampilkan efek visual dan suara yang luar biasa, serta adegan-adegan yang membuat penonton berteriak kaget.

Film ini memenangkan tiga Oscar untuk kategori Best Sound, Best Film Editing, dan Best Original Score.

The Post (2017)

the post - menonton.id (3)

Film drama sejarah yang menceritakan kisah nyata tentang penerbitan Pentagon Papers oleh The Washington Post pada tahun 1971 ini adalah salah satu film terbaik Steven Spielberg yang paling relevan dan penting.

Film ini menggambarkan bagaimana Kay Graham (Meryl Streep), pemilik surat kabar tersebut, dan Ben Bradlee (Tom Hanks), editor utama surat kabar tersebut, berani mengambil risiko untuk membongkar rahasia pemerintah tentang perang Vietnam yang telah berlangsung selama empat dekade.

The Post juga menyoroti peran media sebagai pengawas kekuasaan dan pembela kebebasan pers.

Film ini mendapat dua nominasi Oscar untuk kategori Best Picture dan Best Actress.

Minority Report (2002)

minority report - menonton.id (1)

Film sci-fi thriller yang diadaptasi dari cerpen karya Philip K. Dick ini adalah salah satu film terbaik Steven Spielberg yang paling futuristik dan menarik.

Film ini bercerita tentang John Anderton (Tom Cruise), seorang kepala unit polisi khusus yang menggunakan teknologi precognition untuk mencegah kejahatan sebelum terjadi.

Namun, ketika ia sendiri dituduh akan membunuh seseorang dalam waktu 36 jam, ia harus melarikan diri dan mencari tahu siapa yang mencoba menjebaknya.

Film ini menampilkan efek visual dan suara yang luar biasa, serta alur cerita yang penuh dengan misteri, aksi, dan twist.

Bridge of Spies (2015)

bridge of spies - menonton.id

Film drama sejarah yang menceritakan kisah nyata tentang pertukaran tahanan antara Amerika Serikat dan Uni Soviet pada tahun 1962 ini adalah salah satu film terbaik Steven Spielberg yang paling mengesankan dan mendidik.

Film ini mengisahkan bagaimana James Donovan (Tom Hanks), seorang pengacara asuransi yang ditunjuk untuk membela Rudolf Abel (Mark Rylance), seorang mata-mata Soviet yang ditangkap di Amerika Serikat, kemudian diminta untuk bernegosiasi dengan pihak Soviet untuk menukar Abel dengan Francis Gary Powers (Austin Stowell), seorang pilot U-2 Amerika Serikat yang ditangkap di Uni Soviet.

Bridge of Spies menampilkan akting yang luar biasa dari Tom Hanks dan Mark Rylance, serta skenario yang cerdas dan kuat.

Film ini memenangkan Oscar untuk kategori Best Supporting Actor untuk Mark Rylance.

***

Demikianlah 15 film terbaik Steven Spielberg yang wajib kamu tonton. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan inspirasi untuk kamu yang suka menonton film berkualitas.


Jika kamu ingin membaca artikel tentang film, tv series, dan berita hiburan lainnya, kunjungi menonton.id. Ikuti juga kami di media sosial seperti TwitterInstagramFacebook, dan YouTube untuk mengetahui berita dan rekomendasi terbaru tentang film.

Tim Menonton.id
Tim Menonton.idhttps://menonton.id/
Tim Menonton.id diisi oleh para penulis konten berpengalaman yang hobinya menonton film dan TV series.
ARTIKEL TERKAIT

Artikel Lainnya

- Advertisment -

Terbaru

- Advertisment -

Terpopuler