18 Film Perang Epik Terbaik Sepanjang Masa Versi Menonton.id

-

Film perang epik memang menawarkan sebuah hal yang berbeda dibanding film lainnya. Adrenalin, ketegangan, kesedihan, hingga rasa menang bisa diberikan oleh film ini.

Tidak hanya itu, film perang juga memberikan sajian film yang luar biasa memuaskan. Biasanya, film perang disajikan dengan epik dan dalam skala yang besar.

Ribuan ekstra, dengan kamera wide terluas, set produksi yang keren, semua ini untuk menggambarkan betapa mengerikannya pertarungan perang yang terjadi.

Daftar film perang epik terbaik

Film-film di bawah ini disusun berdasarkan waktu rilis. Film yang pertama kali dirilis, akan dibahas terlebih dahulu.

Catatan lain, film-film di bawah ini merupakan film perang epik, dan bukan film perang modern. Semua cerita di bawah ini merupakan film perang dengan kisah sebelum Perang Dunia I dan II.

Hanya akan ada film perang kerajaan, perang sipil, dan perang sebelum modern yang terjadi sebelum PD I dan II.

Hal ini menarik untuk dibahas karena film-film ini berisikan adegan peperangan dengan senjata yang belum modern. Tidak ada pesawat, tank, senapan mesin, roket, sniper, kapal selam, dan beragam senjata modern lainnya.

Yang ada hanya pedang, golok, panah, tombak, dan senapan generasi pertama yang sangat tidak modern.

Menjadikan adegan perang terjadi dalam jarak dekat, bukan jarak jauh seperti yang dilakukan dalam perang modern.

Sementara itu, untuk daftar film perang epik terbaik, ini dia daftarnya:

Henry V (1944)

henry v - Menonton.id (4)
Sutradara: Laurence Olivier Pemain: Laurence Olivier, Renée Asherson, Robert Newton, Leslie Banks Negara: Inggris Durasi: 136 menit

Henry V adalah film klasik yang disutradarai oleh Laurence Olivier, yang juga berperan sebagai Raja Henry V.

Film ini menggambarkan kisah heroik dan dramatis dari Raja Inggris dalam Pertempuran Agincourt selama Perang Seratus Tahun melawan Prancis.

Dengan visual yang memukau dan akting yang kuat, film ini mengajak kamu menyelami dunia sejarah, patriotisme, dan strategi perang.

Cocok banget buat kamu yang suka film perang dengan nuansa teater dan cerita yang mendalam.

Adegan perang epik terbaik dalam film: The Battle of Agincourt

Spartacus (1960)

spartacus - Menonton.id (2)
Sutradara: Stanley Kubrick Pemain: Kirk Douglas, Laurence Olivier, Jean Simmons, Charles Laughton Negara: Amerika Serikat Durasi: 197 menit

Spartacus adalah epik sejarah yang tak terlupakan, menampilkan Kirk Douglas sebagai Spartacus, seorang budak yang memimpin pemberontakan terhadap kekaisaran Romawi.

Dengan narasi yang kuat dan penuh emosi, film ini menggali perjuangan Spartacus dalam membebaskan diri dan sesamanya dari perbudakan.

Visual yang spektakuler dan pertarungan yang mendebarkan menjadikan film ini klasik yang wajib ditonton.

Cocok untuk kamu yang tertarik dengan cerita kepahlawanan, cinta, dan keadilan yang dikejar dengan semangat yang membara.

Adegan perang epik terbaik dalam film: The final battle

Zulu (1964)

zulu - Menonton.id (3)
Sutradara: Cy Endfield Pemain: Michael Caine, Syanley Baker, Jack Hawkins, Ulla Jacobsson, James Booth Negara: Inggris Durasi: 139 menit

Zulu adalah film perang yang menggambarkan Pertempuran Rorke’s Drift antara tentara Inggris dan pejuang Zulu pada tahun 1879.

Dengan akting yang kuat dari Michael Caine dan visual yang menegangkan, film ini mengeksplorasi konflik, keberanian, dan strategi dalam skenario yang penuh ketegangan.

Cocok untuk kamu yang suka film perang dengan perspektif sejarah dan adegan pertempuran yang mendalam.

Film ini mengajak penonton menyelami dinamika perang dan pengorbanan.

Adegan perang epik terbaik dalam film: Battle of Rorke’s Drift

Major Dundee (1965)

major dundee-film perang epik
Sutradara: Sam Peckinpah Pemain: Charlton Heston, Richard Harris, Jim Hutton, James Coburn Negara: Amerika Serikat Durasi: 136 menit

Major Dundee adalah film petualangan perang yang dibintangi oleh Charlton Heston sebagai Mayor Dundee, seorang perwira yang memimpin pasukan gabungan dalam misi untuk mengejar suku Apache di perbatasan Meksiko.

Dengan drama yang intens dan latar belakang Perang Saudara Amerika, film ini menawarkan cerita tentang persahabatan, rivalitas, dan pencarian keadilan.

Cocok untuk kamu yang gemar dengan cerita yang sarat akan aksi, strategi, dan pengembangan karakter yang kuat.

Adegan perang epik terbaik dalam film: The battle

The Message (1976)

the message-film perang epik
Sutradara: Moustapha Akkad Pemain: Anthony Quin, Irene Papas, Michael Ansara, Johnny Sekka Negara: Libanon, Libya, Kuwait, Maroko, Arab Saudi, Inggris Durasi: 207 menit

The Message adalah film perang epik yang menceritakan awal mula Islam dan kehidupan Nabi Muhammad SAW.

Dengan pendekatan yang menghormati aturan dan penuh wawasan, film biopik ini menunjukkan perjuangan awal umat Islam untuk menegakkan kepercayaan mereka di tengah tekanan dan tantangan.

Visual yang autentik dan narasi yang mendalam menjadikan film ini penting untuk dipahami bagi kamu yang tertarik dengan sejarah Islam dan perjuangan keyakinan.

Ideal untuk menambah wawasan sejarah dan spiritual.

Adegan perang epik terbaik dalam film: Battle of Badr (Perang Badar)

Ran (1985)

Ran - 1985 - film perang epikepik terbaik
Sutradara: Akira Kurosawa Pemain: Tatsuya Nakadai, Akira Terao, Jinpachi Nezu, Daisuke Ryu Negara: Jepang, Perancis Durasi: 162 menit

Ran adalah karya epik Akira Kurosawa yang terinspirasi oleh kisah Shakespeare King Lear.

Film ini bercerita tentang seorang penguasa Jepang tua yang memicu perang saudara setelah membagi kerajaannya kepada tiga anak laki-lakinya.

Dengan sinematografi yang memukau dan pertunjukan warna yang dramatis, Ran menggabungkan tragedi, pengkhianatan, dan konflik keluarga dalam skala epik.

Sangat cocok untuk kamu yang suka film Jepang dengan narasi mendalam dan visual yang artistik.

Adegan perang epik terbaik dalam film: Samurai battle, Castle Attack

Glory (1989)

glory - film perang epik
Sutradara: Edward Zwick Pemain: Matthew Broderick, Denzel Washington, Cary Elwes, Morgan Freeman Negara: Amerika Serikat Budget: $18 juta Durasi: 122 menit

Glory adalah film yang menggugah hati tentang Resimen Infanteri Kulit Hitam ke-54 Massachusetts selama Perang Saudara Amerika.

Dibintangi oleh Denzel Washington, Morgan Freeman, dan Matthew Broderick, film ini mengeksplorasi perjuangan mereka dalam menghadapi rasisme dan mendapatkan pengakuan sebagai tentara yang berhak.

Dengan cerita yang kuat dan emosional, film ini memberikan pandangan mendalam tentang keberanian, persaudaraan, dan perjuangan untuk kesetaraan.

Ideal bagi kamu yang tertarik dengan sejarah dan kisah inspiratif.

Adegan perang epik terbaik dalam film: forest Battle, The Battle of Antietam, Final Battle

Henry V (1989)

henry v - film perang epik
Sutradara: Kenneth Branagh Pemain: Kenneth Branagh, Paul Scofield, Derek Jacobi, Ian Holm Negara: Inggris Durasi: 137 menit

“Henry V” (1989), arahan Kenneth Branagh, membawa kembali kisah Shakespeare dengan sentuhan modern.

Film ini mengeksplorasi kehidupan Raja Henry V dari Inggris dalam menaklukkan Prancis di Pertempuran Agincourt.

Dengan dialog yang memikat dan akting yang mendalam dari Branagh, film ini menawarkan pengalaman drama sejarah yang kuat.

Cocok untuk kamu yang menyukai teater dan cerita kepemimpinan penuh strategi dalam balutan sejarah Eropa yang klasik.

Adegan perang epik terbaik dalam film: Battle of Agincourt

The Last of the Mohicans (1992)

the last of the mohicans
Sutradara: Michael Mann Pemain: Daniel Day-Lewis, Madeleine Stowe, Russell Means, Eric Schweig Negara: Amerika Serikat Durasi: 112 menit

“The Last of the Mohicans” (1992), dibintangi Daniel Day-Lewis, adalah film petualangan yang mengambil latar di Amerika pada masa Perang Prancis dan Suku Indian.

Ceritanya mengikuti Hawkeye, seorang pemburu yang berjuang melindungi dua putri seorang perwira Inggris.

Dengan lanskap alam yang memukau dan adegan aksi yang intens, film ini mengeksplorasi cinta, loyalitas, dan konflik budaya.

Ideal untuk kamu yang mencari cerita epik dengan nuansa sejarah dan romantisme.

Adegan perang epik terbaik dalam film: Magua Ambush

Braveheart (1995)

braveheart
Sutradara: Mel Gibson Pemain: Mel Gibson, Sophie Marceau, Patrick McGoohan, Catherine McCormack Negara: Amerika Serikat Durasi: 178 menit

Braveheart, film perang epik yang dibintangi dan disutradarai oleh Mel Gibson, menceritakan kisah William Wallace, pahlawan Skotlandia yang memimpin perlawanan melawan penjajahan Inggris.

Dengan adegan perang yang spektakuler dan emosi yang mendalam, film ini menggali tema kebebasan, pengorbanan, dan cinta.

Visual yang menawan dan narasi yang kuat menjadikan Braveheart pilihan tepat bagi kamu yang menyukai kisah heroik dengan latar belakang sejarah yang dramatis.

Adegan perang epik terbaik dalam film: the Battle of Stirling

Gladiator (2000)

gladiator - Menonton.id (1)
Sutradara: Ridley Scott Pemain: Russell Crowe, Joaquin Phoenix, Connie Nielsen, Oliver Reed Negara: Amerika Serikat, Inggris Durasi: 155 menit

Gladiator, dengan bintang utama Russell Crowe, menghidupkan kembali era Kekaisaran Romawi melalui kisah Maximus, seorang jenderal yang menjadi gladiator setelah dikhianati.

Film ini menawarkan drama, balas dendam, dan aksi yang menegangkan dengan pertarungan gladiator yang epik.

Visual yang megah dan skor musik yang memikat menjadikan film ini ikonik.

Cocok untuk kamu yang suka kisah perjuangan dan keadilan dalam balutan sejarah yang menarik dan penuh aksi.

Adegan perang epik terbaik dalam film: The Last of the Germanic Tribe

Cold Mountain (2003)

cold mountain
Sutradara: Anthony Minghella Pemain: Jude Law, Nicole Kidman, Renée Zellweger, Eileen Atkins Negara: Amerika Serikat, Inggris, Rumania, Italia Durasi: 154 menit

Cold Mountain adalah film drama romantis yang mengisahkan perjalanan Inman, seorang prajurit Konfederasi, kembali ke rumah kekasihnya, Ada, selama Perang Saudara Amerika.

Dengan pemandangan yang indah dan cerita yang mengharukan, film ini mengeksplorasi tema cinta, kesetiaan, dan pengorbanan di tengah kekacauan perang.

Nicole Kidman dan Jude Law membawa kedalaman emosi yang luar biasa, menjadikan film ini sempurna bagi kamu yang mencari kisah cinta yang kuat dan penuh tantangan.

Adegan perang epik terbaik dalam film: The Battle of the Crater

The Lord of the Rings: The Return of the King (2003)

the return of the king
Sutradara: Peter Jackson Pemain: Elijah Wood, Ian McKellen, Liv Tyler, Viggo Mortensen Negara: Selandia Baru, Amerika Serikat Durasi: 252 menit

The Lord of the Rings: The Return of the King adalah puncak dari seri film trilogi epik yang membawa penonton ke pertempuran akhir untuk menentukan nasib Middle-earth.

Dengan kisah Frodo dan Sam yang berjuang menyelesaikan misi menghancurkan Cincin, film ini dipenuhi adegan luar biasa, pertarungan spektakuler, dan momen emosional yang mendalam.

Ideal untuk kamu yang suka petualangan fantastis dengan pesan tentang keberanian, persahabatan, dan pengorbanan.

Visual yang memukau dan cerita yang kuat membuat film ini tak terlupakan.

Master and Commander: The Far Side of the World (2003)

master and commander
Sutradara: Peter Weir Pemain: Russell Crowe, Paul Bettany, James D'Arcy, Robert Pugh Negara: Amerika Serikat Durasi: 138 menit

Master and Commander: The Far Side of the World (2003) membawa kamu ke tengah samudra luas bersama Kapten Jack Aubrey, diperankan oleh Russell Crowe.

Film ini mengisahkan perjuangan Aubrey dalam menghadapi musuh dan menjaga kru kapalnya dalam perjalanan penuh bahaya.

Dengan detil navigasi dan taktik perang laut yang autentik, film ini sempurna bagi penggemar drama sejarah maritim yang penuh strategi dan aksi seru di lautan lepas.

Adegan perang epik terbaik dalam film: Capturing the Acheron

Troy (2004)

troy
Sutradara: Wolfgang Petersen Pemain: Brad Pitt, Eric Bana, Orlando Bloom, Diane Kruger Negara: Amerika Serikat, Inggris, Malta Durasi: 163 menit

Troy adalah rekonstruksi epik dari kisah legendaris Perang Troya, dengan Brad Pitt memerankan Achilles, pahlawan Yunani yang tak terkalahkan.

Film ini mengeksplorasi konflik besar antara Yunani dan Troya, termasuk duel dramatis dan strategi perang.

Dengan cerita cinta, pengkhianatan, dan heroisme, Troy menawarkan pengalaman visual yang menawan dan narasi yang mendalam.

Cocok untuk kamu yang terpikat oleh mitologi Yunani dan pertempuran epik yang memukau.

Adegan perang epik terbaik dalam film: Main battle, Greeks attack Troy

Kingdom of Heaven (2005)

kingdom of heaven
Sutradara: Ridley Scott Pemain: Orlando Bloom, Eva Green, Jeremy Irons, David Thewlis Negara: Inggris, Jerman, Amerika Serikat Durasi: 194 menit

Kingdom of Heaven (2005) adalah film drama sejarah yang mengambil latar Perang Salib, dengan Orlando Bloom sebagai Balian, seorang pandai besi yang menjadi ksatria.

Film ini menggali tema keadilan, agama, dan perdamaian di tengah konflik Timur Tengah yang keras.

Dengan adegan pertempuran yang megah dan dialog yang penuh makna, film ini ideal bagi kamu yang suka cerita tentang kepahlawanan, diplomasi, dan pencarian makna hidup dalam kekacauan perang.

Adegan perang epik terbaik dalam film: The Siege of Jerusalem

300 (2006)

300
Sutradara: Zack Snyder Pemain: Gerard Butler, Lena Headey, David Wenham, Dominic West Negara: Amerika Serikat Durasi: 116 menit

300 adalah film aksi yang dramatis dan penuh adrenalin, mengisahkan perjuangan heroik 300 prajurit Sparta di bawah pimpinan Raja Leonidas melawan tentara Persia yang besar jumlahnya di Pertempuran Thermopylae.

Dengan gaya visual yang unik dan penuh gaya, film ini menonjolkan keberanian, taktik, dan kekuatan fisik yang luar biasa.

Cocok untuk kamu yang menyukai kisah-kisah epik, pertarungan yang intens, dan dialog yang memotivasi dalam suasana yang serba dramatis.

Adegan perang epik terbaik dalam film: Hot gates battle, Immortals battle

Red Cliff (2009)

red cliff - Menonton.id
Sutradara: John Woo Pemain: Tony Leung, Takeshi Kaneshiro, Zhang Fengyi, Chang Chen Negara: Cina, Hong Kong, Jepang, Korea Selatan, Taiwan Durasi: 228 menit

Red Cliff, arahan John Woo, adalah rekonstruksi epik dari Pertempuran Red Cliff, momen kunci dalam sejarah Cina.

Film ini membawa kamu ke era Tiga Kerajaan, dengan strategi perang yang cerdas dan pertarungan yang mendebarkan.

Dengan karakter yang kuat dan alur cerita yang memikat, film ini ideal bagi kamu yang menyukai drama sejarah dengan aksi besar-besaran dan penggambaran budaya yang autentik.

Visual yang menakjubkan menambah kedalaman pada kisah legendaris ini.

Adegan perang epik terbaik dalam film: Battle of three kingdoms

***

Jangan lupa untuk terus menjelajahi dunia hiburan di menonton.id, di mana kamu bisa menemukan artikel-artikel menarik tentang film, serial TV, dan berita hiburan lainnya. Ikuti juga kami di media sosial seperti TwitterInstagramFacebook, YouTube,TikTok, dan Google News untuk mengetahui berita dan rekomendasi terbaru tentang film.

Ryan Achadiat
Ryan Achadiat
Ryan sempat jadi editor dan penulis majalah film bulanan dan wartawan. Sebelum banting setir jadi SEO & Content Manager perusahaan startup.

Artikel Lainnya

Terpopuler

Lainnya dari Penulis