The Trial of the Chicago 7 Karya Aaron Sorkin Diincar Netflix

0
15
aaron-sorkin

Netflix dilaporkan tengah bernegosiasi untuk mendapatkan hak distribusi global dari film terbaru Aaron Sorkin (Molly’s Game, The Social Network) The Trial of the Chicago 7 (2020).

Film ini berkisah tentang “Chicago Seven”, tujuh aktivis yang didakwa oleh pemerintah federal dengan tuduhan konspirasi, menghasut kerusuhan, dan beragam dakwaan lainnya dari demonstrasi anti-Perang Vietnam.

Demonstrasi ini terjadi pada Konvensi Nasional Partai Demokrat tahun 1968. Yang sebelumnya merupakan demonstrasi damai berubah menjadi rusuh saat terjadi bentrokan antara demonstran dan polisi juga National Guard. Persidangan ini menjadi hal buruk yang tercatat dalam sejarah.

Film ini dibintangi nama-nama besar. Di antaranya adalah Sacha Baron Cohen, Eddie Redmayne, Jeremy Strong, Joseph Gordon-Levitt, Yahya Abdul-Mateen II, Frank Langella, William Hurt, Michael Keaton, dan Mark Rylance.

Paramount Pictures awalnya akan merilis film secara terbatas pada 25 September sebelum merilis secara luas pada 16 Oktober.

Netflix telah mengambil hal siar produk Paramount Pictures sebelumnya dari The Cloverfield Paradox (2018) hingga Annihilation (2018).

Jika film The Trial of the Chicago 7 berhasil didapatkan Netflix, maka film ini akan mengikuti jejak film lain. Film-film ternama yang didistribusikan Netflix tahun ini di antaranya adalah Mank dari David Fincher, Hillbilly Elegy dari Ron Howard, Ma Rainey’s Black Bottom dari George C. Wolfe, dan Da 5 Bloods yang baru dirils Netflix karya Spike Lee.

Jalan Panjang Mewujudkan The Trial of the Chicago 7

Film ini telah dikembangkan Sorkin sejak tahun 2007. Ia mengangkat kisah teori konspirasi dari kelompok Chicago 7. Steven Spielberg, Walter F. Parkes, dan Laurie MacDonald berkolaborasi menjadi produser untuk mengembangkan naskah Sorkin.

Steven Spielberg awalnya ditunjuk sebagai sutradara. Sacha Baron Cohen kemudian dipilih sebagai pemeran Abbie Hoffman, sambil Spielberg mencoba mendekati Will Smith untuk berperan sebagai Bobby Seale. Ia juga sempat berencana untuk bertemu dengan Heath Ledger untuk berperan sebagai Tom Hayden.

Sayangnya, project ini tertunda akibat adanya mogok kerja yang dilakukan oleh Writers Guild of America yang dimulai pada November 2007, dan berlangsung selama 100 hari. Proyek ini akhirnya menunda proses syuting dan proyeknya dihentikan.

Sorkin kemudian menulis ulang naskah untuk Spielberg, dan sang sutradara berencana memilih pemain tidak terkenal untuk menekan budget. Nama Paul Greengrass dan Ben Stiller sempat masuk dalam jajaran sutradara pengganti Spielberg. Tapi project ini tidak dilanjutkan.

Hingga, 11 tahun kemudian, pada Oktober 2018 Sorkin ditunjuk sebagai sutradara. Film ini tidak langsung berjalan mulus, karena di bulan Desember 2018, sempat dihentikan dengan alasan finansial. Paramount Pictures kemudian mendapatkan hak distribusi dan produksi film kembali dilanjutkan.

Jonathan Majors dan Seth Rogen juga sempat masuk dalam jajaran pemain. Tapi kemudian digantikan Yahya Abdul-Mateen II dan Jeremy Strong.

Proses syuting akhirnya dilakukan pada 19 September 2019 di Chicago dan New Jersey.

Sumber: Variety

***

Dapatkan informasi film lainnya hanya di menonton.id.