17 Film Masak Memasak Ini Akan Sukses Bikin Kamu Lapar

0
623
big-night-il-timpano

Film masak memasak menjadi salah satu genre tersendiri yang semakin banyak dinikmati penggemar film.

Keunikan dari film ini sendiri biasanya adalah keindahan estetika proses memasak hingga penyajian makanan yang indah, sehingga memanjakan mata dan membuat perut keroncongan.

Karena itulah film masak sendiri tidak bisa dibilang sebagai film yang biasa saja. Film-film yang sukses adalah yang bisa membawa cerita yang baik, tapi dengan keindahan pengambilan gambar yang seakan mengajak penonton untuk mencicipi makanan.

Tidak heran ketika ada beberapa film dengan adegan masak yang gagal total. Bukannya membuat penonton ingin untuk mencicipi makanan, tapi mereka malah membuat penonton pusing karena gambar yang acak-acakan.

Daftar film masak terbaik

Karenanya, untuk kamu yang ingin menonton film sekaligus terhibur dengan adegan masak, menonton.id sudah membuat daftarnya.

Beberapa film masakan ini akan sukses membuat kamu lapar. Daftar film masak masakan ini ada yang berasal dari Hollywood, Asia, bahkan di Indonesia.

Berikut daftar lengkapnya.

Tampopo (1985)

tampopo - film masak

Sutradara: Juzo Itami Pemain: Tsutomu Yamazaki, Nobuko Miyamoto, Koji Yakusho, Ken Watanabe Sinematografi: Masaki Tamura

Tampopo adalah film komedi Jepang yang banyak disukai penonton karena menyajikan beragam adegan masak juga makan yang menggugah selera.

Diceritakan, dua supir truk susu Jepang (Yamazaki, Watanabe) berusaha membantu seorang pemilik restoran (Miyamoto) untuk belajar memasak mie yang lezat.

Ada beragam adegan adegan masak memasak yang bisa bikin kita lapar, sekaligus juga mengundang tawa.

Beberapa yang legendaris adalah adegan memasak omurice dan juga adegan memakan ramen yang lezat.

Babette’s Feast (1987)

babette's feast - film masak

Sutradara: Gabriel Alex Pemain: Stephane Audran, Birgitte Federspiel, Bodil Kjel Sinematografi: Henning Kristiansen

Film pemenang Best Foreign Language Film Piala Oscar ini berkisah tentang Babette, seorang pengungsi dari Paris yang diminta untuk menjadi tukang masak di sebuah keluarga.

Babette’s Feast dipenuhi dengan adegan masak yang sangat memanjakan mata dan lidah. Tentunya membuat kita semakin lapar saja.

Goodfellas (1990)

goodfellas

Sutradara: Martin Scorsese Pemain: Robert De Niro, Ray Liotta, Joe Pesci, Lirraine Bracco Sinematografer: Masaki Tamura

Goodfellas memang bukan film masak masakan atau film kuliner secara spesifik.

Film ini adalah film friminal yang berkisah tentang Henry Hill (Liotta) bersama dua temannya Jimmy (De Niro) dan Tommy (Pesci). Mereka mencoba untuk memanjat kelas kriminal dari jalanan New York ke level gangster.

Hanya saja, ada satu scene di mana beberapa tokoh dalam film mempersiapkan makan malam di dalam penjara.

Screenplay yang dinarasikan oleh Hill, memberikan kita gambaran makanan yang sangat enak. Ia mulai mendeskripsikan bagaimana Paulie memotong bawang putih sangat tipis sehingga bisa lumer saat dibuat saus pasta.

Ia juga menjelaskan tentang steak, lobster, roti, keju, salami, prosciutto hingga scotch.

Sungguh tidak seperti penjara yang dibayangkan banyak orang.

Eat Drink Man Woman (1994)

eat drink man woman

Sutradara: Ang Lee Pemain: Sihung Lung, Kuei-Mei Yang, Chien-lien, Yu-Wen Wang Sinematografi: Jong Jin

Chef Chu (Lung) adalah seorang master chef yang sudah akan pensiun dan tinggal di rumah bersama tiga anak perempuannya.

Cerita tentang bagaimana mereka menghadapi kehidupan sehari-hari semuanya tergambanr dalam mempersiapkan dan makan malam bersama setiap hari Minggu.

Ada banyak adegam masak dalam Eat Drink Man Woman. Tapi, salah satu yang paling menggugah selera adalah adegan pembuka film ini; di mana chef Chu mempersiapkan makan malam dengan memasak banyak makanan.

Mulai dari menggoreng ikan, mengiris cabai, memotong ayam, sampai mengukus dim sum semuanya dikemas dengan sangat menggugah selera. Membuat kita segera ingin makan sambil menontonnya.

Big Night (1996)

big night - film masak

Sutradara: Campbell Scott, Stanley Tucci Pemain: Minnie Driver, Ian Holm, Tony Shaloub, Stanley Tucci Sinematografi: Ken Kelsch

Big Night bercerita tentang dua bersaudara dari Italia. Mereka adalah seorang chef dan seorang pebisnis.

Suatu hari, mereka mencoba untuk membuat seorang penyanyi Amerika-Italia terkenal terkesan, guna menyelamatkan restoran mereka yang hampir bangkrut.

Dalam sebuah scene, mereka mencoba memasak timpano, sebuah makanan pasta dengan resep rahasia yang mereka bawa dari Italia.

Adegan ini menggambarkan bagaimana proses pembuatan timpano. Membuat kita ingin ikut coba mencicipi masakan ini.

Chocolat (2000)

chocolat - film masak

Sutradara: Lasse Hallstrom Pemain: Juliette Binoche, Johnny Depp, Judi Dench, Alfred Molina Sinematografi: Roger Pratt

Untuk para penggemar makanan manis, cobalah tonton bagaimana Juliette Binoche mempersiapkan beragam hidangan cokelat di film ini. Membuat kita ingin sedikit mencicipi cokelat dan makanan manis lainnya.

Chocolat sendiri bercerita tentang seorang wanita dan anak perempuannya yang membuat toko cokelat di sebuah desa konservatif di Perancis. Kebanyakan dari penduduk desa keberatan akan kedatangannya ke sana.

Ratatouille (2007)

ratatouille

Sutradara: Brad Bird, Jan Pinkava Pengisi Suara: Patton Oswalt, Ian Holm, Lou Romano, Janeane Garofalo Sinematografi: Sharon Calahan, Robert Anderson

Tidak banyak film animasi yang bisa menggugah selera lewat filmnya. Salah satu yang terbaik adalah Ratatouille. Ada banyak adegan di mana mata kita disuguhkan masakan yang ingin kita cicipi.

Film ini sendiri berkisah tentang Remy, seekor tikus, yang bercita-cita untuk menjadi seorang koki handal terkenal di Perancis. Tapi, itu semua tidak mudah karena ia dianggap sebagai hama dan binatang yang kotor bagi kebanyakan orang.

Waitress (2007)

waitress - film masak

Sutradara: Adrienne Shelly Pemain: Keri Russell, Nathan Fillion, Cheryl Hines, Eddie Jemison Sinematografi: Matthew Irving

Film ini lagi-lagi cocok untuk kamu yang menyukai makanan manis, terutama pie. Bagaimana tidak, film ini sendiri bercerita tentang seorang waitress yang bekerja di sebuah diner dengan beragam macam pie yang dibuatnya.

Ia sendiri selalu membuat pie sesuai dengan suasana hatinya ketika itu. Ketika menonton film ini, dijamin kita pasti langsung ingin makan pie. Atau… mungkin masak pie sendiri(?)

Julie & Julia (2009)

julie and julia - film masak

Sutradara: Nora Ephron Pemain: Meryl Streep, Amy Adams, Stanley Tucci, Chris Messina Sinematografi: Stephen Goldblatt

Julie & Julia bercerita tenang bagaimana seorang Julie yang sangat mengidolakan Julia Child. Ia kemudian menantang dirinya sendiri untuk membuat blog yang berisikan pengalamannya memasak masakan Julia Child.

Ada banyak adegan yang membuat perut keroncongan. Mulai dari membahas butter, memasak lobster, beef bourguignon, bruschetta, ikan, hingga memasak telur rebus. Semua masakan rumahan ini akan membuat kita sangat lapar.

Bridesmaids (2011)

bridesmaid

Sutradara: Paul Feig Pemain: Kristen Wiig, Maya Rudolph, Rose Byrne, Melissa McCarthy Sinematografi: Robert Yeoman

Sama seperti Goodfellas, Bridesmaids bukanlah sebuah film yang khusus berkisah tentang masak memasak. Akan tetap ada sebuah scene yang tentunya akan memanjakan mata dengan proses memasaknya yang ciamik.

Adegan tersebut adalah ketika Annie (Wiig) memasak cupcake untuk dirinya sendiri. Proses pembuatan hingga menghiasnya diambil dengan sangat detail menjadikan cupcake tampak sangat cantik dan memanggil untuk dinikmati.

Jiro Dreams of Sushi (2011)

jiro dreams of sushi

Sutradara: David Gelb Pemain: Jiro Ono Sinematografi: David Gelb

Dokumenter ini menceritakan kisah perjalanan hidup Jiro Ono, seorang chef Sushi yang sangat terkenal, dan kini membuka restoran sushi yang mendapatkan tiga bintang Michelin.

Kini, harga sekali makan di tempatnya bisa mencapai harga ¥30.000 (sekitar 4 juta Rupiah).

Paduan dari musik klasik, pengambilan gambar yang baik, hingga teknik penyajian sushi oleh Jiro sangat berkelas. Tidak heran ketika film ini akhirnya memenangkan banyak penghargaan.

Tabula Rasa (2014)

tabula rasa - film masak

Sutradara: Adriyanto Dewo Pemain: Jimmy Kobogau, Dewi Irawan, Yayu Unru, Ozzol Ramdan Sinematografi: Amalia T.S.

Pecinta masakan Padang sih rasanya wajib menonton film Tabula Rasa. Karena di dalamnya, ada banyak adegan memasak makanan padang yang tentunya kaya akan rasa.

Film ini bercerita tentang Hans, seoran pemuda dari Papua yang merantau ke Jakarta untuk jadi pemain sepakbola. Sayang, cidera membuatnya tinggal luntang lantung di ibu kota.

Sampai akhirnya ia bertemu dengan Mak, seorang pemilik restoran Padang.

The Hundred-Foot Journey (2014)

the hundred-foot journey - film masak

Sutradara: Lasse Hallstrom Pemain: Hellen Mirren, Om Puri, Manish Dayal, Charlotte Le Bon Sinematografi: Linus Sandgren

Bercerita tentang keluarga India yang pindah ke Perancis dan membuka sebuah restoran tepat di seberang restoran kelas atas Perancis. Hal ini kemudian menjadikan adanya perang rival antar keduanya.

Dari ceritanya, sudah dipastikan akan ada banyak adegan masak yang menggugah selera. Mulai dari masakan fine dining kelas atas hingga masakan rumahan India.

Tapi salah satu scene yang paling menonjol adalah ketika Madame Mallory membuat omelette bersama dengan Hasan.

Chef (2014)

chef - film masak

Sutradara: Jon Favreau Pemain: Jon Favreau, Sofia Vergara, John Leguizamo, Emjay Anthony Sinematografi: Kramer Morgenthau

Memasak jadi terlihat menyenangkan saat menonton Chef. Film arahan Jon Favreau ini kaya akan banyak adegan masak yang sangat menggiurkan.

Mulai dari makanan fancy hingga roti isi yang bisa dibuat banyak orang, disajikan dengan baik dalam pengambilan gambar yang lezat.

Film ini berkisah tentang seorang chef yang karirnya terjun bebas setelah masakannya dikritik pedas oleh seorang kritikus makanan. Ia kemudian beralih haluan menjual Cuban sandwich dari dalam food truck.

Burnt (2015)

burnt - film masak

Sutradara: John Wells Pemain: Bradley Cooper, Sienna Miller, Daniel Bruhl, Omar Sy Sinematografi: Adriano Goldman

Jika dalam Chef kita ditunjukkan bagaimana memasak bisa menjadi hal yang membahagiakan, tidak di film ini.

Burnt berkisah tentang Adam Jones (Cooper), seorang chef yang karier memasaknya hancur karena obat-obatan terlarang.

Ia kemudian mencoba kembali dan berusaha mendapatkan bintang Michelin yang ke-tiga untuknya.

Dalam film ini kita akan melihat banyaknya adegan memasak di dalam dapur profesional. Masakan yang diperlihatkan pun adalah makanan-makanan fine dining khas restoran kelas atas.

Cook Up a Storm (2017)

cook up a storm

Sutradara: Wai-Man Yip Pemain: Nicholas Tse, You Ge, Anthony Chau-Sang Wong Sinematografi: S.K. Yip

Menonton film ini tidak sama seperti menonton film masak lainnya. Setiap adegan memasak dalam Cook Up a Storm dibuat layaknya adegan laga.

Walau kita menyaksikannya dengan cepat, tapi tetap membuat kita seakan merasakan kenikmatan setiap masakannya.

Film ini sendiri berkisah tentang rivalitas antara seorang koki makanan jalanan Kanton dan seorang koki kelas bintang Michelin. Mereka berdua beradu keahlian sambil bersiap untuk mengikuti kompetisi kuliner kelas dunia.

Aruna & Lidahnya (2018)

aruna dan lidahnya

Sutradara: Edwin Pemain: Dian Sastrowardoyo, Nicholas Saputra, Hannah Al Rashid, Oka Antara Sinematografi: Amalia T.S.

Seorang ahli epidemiologi diminta untuk menginvestigasi sebuah kasus flu burung. Dalam perjalanannya ke berbagai daerah di Indonesia, ia juga mencoba merasakan banyak makanan khas lokal.

Pecinta masakan nusantara tentunya perlu menonton Aruna & Lidahnya. Ada banyak makanan khas dari berbagai daerah di dalam film ini.

Yang tentunya juga membuat kita ingin segera pergi ke tempatnya dan mencicipinya langsung.

Honorary Mention Film Masak: Ghibli Movies

ghibli

Sutradara: Various Film: Various Sinematografi: Various

Tidak lengkap membicarakan adegan masak di film jika tidak bicara tentang film Ghibli. Ada banyak adegan film animasi masak yang diproduksi studio ini.

Walaupun disajikan dalam gambar animasi, tapi seriap makanan dan masakan di dalam film akan terlihat sangat lezat. Membuat kita ingin segera menyantap makanan di dalam dunia animasi tersebut.

***

Itu dia beragam pilihan film masak yang bisa kita nonton. Jangan lupa persiapkan makanan dan minuman sebelum menontonnya. Karena pasti kamu juga akan ikutan lapar!

***

Dapatkan rekomendasi, review, dan trailer film terbaru hanya di menonton.id. Follow juga Twitter, Instagram, dan Facebook untuk informasi terbaru seputar dunie entertainment.