How Do You Live? Hayao Miyazaki Perlu 1 Bulan untuk 1 Menit Adegan

hayao-miyazaki-menonton.id

Kreator animasi legendaris Hayao Miyazaki dikenal sebagai orang yang sangat teliti dan memperhatikan detail; begitu pula di film terbarunya, How Do You Live?

Ia sangat memperhatikan setiap frame film yang dibuatnya, sehingga menjadikan filmnya lama untuk diproduksi. Tapi ini memang sebuah hal yang setimpal ketika melihat hasil film indah dari Studio Ghibli.

Sempat akan pensiun, tapi Hayao Miyazaki memutuskan kembali bekerja pada tahun 2016 untuk film animasi remaja terbaru How Do You Live?

Film yang diadaptasi dari novel ttahun 1973 karya Genzaburo Yoshini ini masih dalam tahap produksi.

Produser Studio Ghibli Toshio Suzuki baru-baru ini memberikan berita terbaru mengenai film yang sudah masuk masa produksi selama 3 tahun ini.

Ia menyebut, walau sudah dikerjakan selama tiga tahun, film ini masih akan membutuhkan waktu tiga tahun lagi untuk diselesaikan.

“Kami masih menggambar tangan semuanya, tapi membutuhkan lebih banyak waktu untuk menyelesaikan filmnya karena kita menggambar lebih banyak frame. Ada banyak gambar yang harus digambar daripada [film] sebelumnya. Saat kami membuat ‘My Neighbor Totoro’, kami memiliki delapan animator. Kami menyelesaikan ‘Totoro’ selama 8 bulan.

Untuk film yang sedang dikerjakan Miyazaki, kami memiliki 60 animator, tapi kami hanya bisa menghasilkan 1 menit animasi dalam sebulan. Berarti 12 bulan dalam setahun, kamu mendapat 12 menit film. Kami sudah mengerjakan filmnya selama tiga tahun, ini berarti sudah menyelesaikan 36 menit film sekarang. Kami harap akan menyelesaikannya tiga tahun lagi.”

Karya gambar tangan ini berkisah tentang seorang anak laki-laki berusia 15 tahun yang pindah ke rumah pamannya setelah kematian ayahnya. Dan Miyazaki disebut-sebut membuat film terbarunya ini untuk cucunya:

“Ini caranya untuk berkata ‘Kakek akan pergi ke dunia berikutnya, tapi ia meninggalkan film ini.’ banyak sutradara membuat film lagi dan lagi dan lagi selama kariernya hingga mereka tua. Ketika Miyazaki kembali da berkata bahwa ia ingin membuat film lagi, Aku mengatakan bahwa ini bukan ide bagus karena ia sudah mendapatkan banyak hal. Kamu tidak bisa kembali dan melakukan apa yang kamu sudah lakukan di masa lalu, kamu harus melakukan hal yang berbeda. Salah satu ide yang muncul dari itu adalah, kenapa tidak menghabiskan lebih banyak waktu dan uang [untuk membuat film]? Jadi, inilah salah satu pendekatan yang baru.”

Hayao Miyazaki sudah mengerjakan How Do You Live? sejak 2016. Dan proyek ini sudah dilanjutkan setelah adanya pandemik covid-19. Tapi paling cepat film ini akan selesai pada 2023.

Sumber: EW

***

Informasi lengkap seputar film bisa dibaca di menonton.id.