Perempuan Tanah Jahanam Jadi Wakil Indonesia di Piala Oscar 2021

0
46
perempuan tanah jahanam - oscar

Film Perempuan Tanah Jahanam (Impetigore) kini resmi menjadi wakil Indonesia untuk bersaing dalam perebutan kategori Best International Feature Film di Piala Oscar 2021.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Komite Seleksi Oscar Indonesia, Garin Nugroho Selasa (10/11) kemarin. Seperti dikutip dari laman CNNIndonesia.com, Garin menyebut Perempuan Tanah Jahanam dipilih karena telah memenuhi beberapa kriteria. Utamanya adalah penyutradaraan dan skenario.

Tidak hanya itu, film yang mendapatkan total 17 nominasi di Festival Film Indonesia ini juga bisa menunjukkan nilai-nilai lokal yang merepresentasikan Indonesia di ajang terbesar dunia film dunia tersebut.

Di kesempatan itu juga, Garin menyebutkan bahwa tidak ada batasan genre untuk bisa ikut bersaing dalam Piala Oscar. Bahkan film horor seperti Perempuan Tanah Jahanam juga bisa ikut bersaing di ajang Piala Oscar.

Menurut sutradara Kucumbu Tubuh Indahku ini, ada banyak negara yang membawa film horor sebagai perwakilan resmi negara mereka di Academy Awards.

Tercatat, negara tetangga Malaysia juga membawa film horor berjudul Roh di kompetisi Oscar 2021 ini.

Disutradarai Joko Anwar, Perempuan Tanah Jahanam telah mendapatkan banyak penghargaan baik di dalam maupun di luar negeri. Di ajang FFI, film ini menjadi film dengan raihan nominasi terbanyak sepanjang sejarah dengan 17 nominasi.

Sebelumnya, film ini juga pernah mendapatkan penghargaan Best Asian Film di ajang bergengsi BIFAN 2020.

Di ajang Piala Oscar 2020 lalu, Indonesia diwakili oleh film Kucumbu Tubuh Indahku yang disutradarai oleh Garin Nugroho. Sayangnya film tersebut tidak masuk ke dalam jajaran nominasi akhir kategori Best International Feature Film.

Kategori tersebut dimenangkan oleh Parasite (2019), yang akhirnya juga memenangkan kategori Best Picture; menjadi film non-bahasa Inggris pertama yang memenangkan kategori tersebut.

***

Ikuti terus perkembangan dunia film dan TV series hanya di menonton.id. Jangan lupa untuk follow kami di Twitter, Instagram, dan Facebook untuk berita menarik tentang dunia entertainment.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here