Piala Oscar 2021 Ditunda: Dari Februari ke Bulan April

academy-awards-menonton.id

Resmi sudah, Piala Oscar 2021 atau Academy Awards ke-93 ditunda. Dari tanggal awalnya akan langsungkan 28 Februari 2021, kini dimundurkan ke tanggal 25 April 2021.

Keputusan ini diambil oleh Academy of Motion Picture Arts and Sciences berbarengan dengan mengganti aturan periode film panjang. Kini film yang bisa diikut sertakan adalah film sejak 1 Januari 2020 hingga 28 Februari 2021. Tanggal ini berubah dari sebelumnya hanya hingga 31 Desember 2020.

Nominasi akan diumumkan pada 15 Maret 2021. Dan batas waktu pengumpulan untuk kategori umum akan dimulai pada 15 Januari 2021. Sementara kategori 1 Desemer 2020.

Acara tahunan Governor Awads, sebuah makan malam, biasanya dilakukan pada minggu ke-dua November, tidak akan dilakukan tahun ini. Sementara itu presentasi Scientific and Technical Award yang sebelumnya dijadwalkan para 20 Juni 2020, juga diundur ke tanggal yang belum ditentukan.

Dari statemen yang ada, the Academy menyebut bahwa Piala Oscar akan tetap dilangsungkan di Dolby Theatre di Hollywood & Highland Center, Hollywood walau ditunda. Acara ini juga dipastikan tetap akan disiarkan secara langsung di stasiun ABC.

Sebagai tambahan, the Academy Museum of Motion Pictures akan dibuka lima hari setelah Piala Oscar pada 30 April 2021.

Perubahan peraturan Piala Oscar karena ditunda

Sebelumnya memang santer diberitakan bahwa Piala Oscar 2021 akan ditunda.

Sumber anonim dari Variety¬†menyatakan bahwa belum ada rencana definitif soal ajang Piala Oscar berikutnya tersebut. “Kemungkinan akan ditunda,” ujarnya tanpa memberikan detail lebih jelas. Termasuk tanggal potensial, belum didiskusikan dan ditawarkan secara resmi, menjadikan tanggal yang diberikan ABC masih belum tergantikan.

Pergantian aturan sementara mengenai film yang berhak untuk ikut berkompetisi di ajang ini diumumkan April 2020 lalu. Hal ini mengikuti kondisi industri perfilman yang harus berubah drastis akibat covid-19.

Dalam peraturan sementara ini, film diperbolehkan untuk ditayangkan di kota lain selain Los Angeles, dan bahkan diperbolehkan untuk tayang dalam bentuk VOD dalam beberapa kondisi.

Pertanyaan besar lain muncul apakah Academy akan mengizinkan film yang dirilis di deadline akhir tahun untuk bersaing di Piala Oscar 2021. Jika iya, maka ini berarti beberapa film akan melakukan screening di awal tahun, di mana biasanya sepi dari rilis film baru.

Sumber: AMPAS

***

Informasi lain seputar dunia film bisa dibaca di menonton.id.