Aturan Piala Oscar 2021 Diubah Karena COVID-19

0
153
Oscars

The Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) telah berkumpul secara virtual untuk membahas tentang Academy Awards berikutnya. Aturan Piala Oscar 2021 sendiri perlu disesuaikan di tengah banyaknya film yang tidak bisa tayang di bioskop akibat covid-19 di seluruh dunia.

Virus ini telah memaksa industri dunia hiburan untuk memikirkan ulang banyak hal. Terutama tentang bagaimana karya didistribusikan dan dirayakan melalui ajang penghargaan, seperti Piala Oscar.

AMPAS akhirnya mengubah beberapa hal – paling tidak hingga krisis pandemi ini selesai.

“Hingga pemberitahuan berikutnya, dan untuk Piala (Oscar) ke-93 saja, film yang sebelumnya direncanakan untuk dirilis di teater tapi awalnya tersedia di layanan streaming komersial atau VOD memenuhi syarat dalam kategori Best Picture, peserta umum, dan kategori spesialisasi untukk Academy Awards ke-93 di bawah ketentuan berikut:

-Film harus dibuat tersedia di situs aman hanya untuk member Academy Screening Room aman dalam 60 hari rilis streaming atau VOD film tersebut.

-Film harus memenuhi seluruh ketentuan kelayakan.

Dalam waktu yang ditentukan oleh Academy, dan ketika bioskop dibuka kembali sesuai panduan dan kriteria negara, negara bagian, dan lokal, pembebasan peraturan ini tidak lagi berlaku.”

Bersamaan dengan membuka syarat untuk film yang dirilis VOD dan streaming, Academy juga akan mengembangkan beberapa bioskop yang memenuhi syarat. Jadi film-film juga akan lebih mudah memenuhi syarat penayangan bioskop dan tidak harus tayang selama “tujuh hari berturut-turut di bioskop Los Angeles County”. Bioskop seperti New York, Chicago, San Francisco, Miami, dan Atlanta kini juga akan bisa memenuhi persyaratan kualifikasi.

Sementara itu dua kategori Suara yaitu Sound Mixing dan Sound Editing kini disatukan dalam sebuah kategori penghargaan. Dalam aturan Piala Oscar 2021 yang baru, kategori ini, yang biasanya dibatasi untuk tiga penerima saja di setiap kategorinya, kini memperbolehkan hingga enam nama.

Kategori Original Score telah diubah dan sekarang, untuk sebuah scoring memenuhi syarat, maka ia harus mengandung minimal 60% musik original kecuali film tersebut merupakan sebuah sekuel atau film franchise; di mana minimal harus memiliki 80% musik baru – yang membuat film original lebih menjadi prioritas.

Seluruh anggota Academy yang berhak kini akan diundang untuk berpartisipasi dalam voting ronde pendahuluan untuk kategori International Feature Film. Dan untuk pertama kalinya, pengumpulan film akan tersedia melalui platform streaming Academy Screening Room untuk mereka bisa memilih. Member ini harus memenuhi minimum persyaratan menonton untuk bisa memilih di dalam kategori.

Hingga saat ini, Academy Awards ke-93 masih dijadwalkan untuk tayang 27 Februari 2021.

Sumber: The Playlist

***

Dapatkan informasi lengkap mengenai dunia hiburan hanya di menonton.id.