19 Film Sepak Bola yang Harus Ditonton Pecinta Film

0
366
diego maradona 2019 - film sepak bola

Sepak bola merupakan olah raga paling populer di seluruh dunia. Bahkan, bola basket kalah populer dari olahraga ini. Tapi, film sepak bola yang memiliki kualitas baik tidak sebanyak film bola basket.

Hal ini bisa jadi karena memang bola basket, yang lebih populer di Amerika Serikat, lebih sering dibuat filmnya oleh Hollywood.

Ini juga menjadi alasan kenapa banyak dari film di bawah ini yang dibuat di Inggris, di bandingkan dengan AS.

Daftar film sepak bola yang harus ditonton pecinta film

Walau begitu, bukan berarti film sepakbola itu tidak ada yang berkualitas. Ada beberapa film yang rasanya perlu ditonton oleh para penggemar bola sepak ini.

Film-film ini mungkin memang tidak sebaik film olahraga lainnya. Tapi jangan salah, film-film ini juga bisa memberikan kita kagum akan betapa kompleksnya cerita yang bisa dibangun lewat sepak bola.

Untuk itu, ini dia film sepak bola yang perlu kamu tonton. Daftar ini diurutkan dari tahun rilis ya.

Escape to Victory (1981)

escape to victory 1981 - film sepak bola

Sutradara: John Huston Pemain: Sylvester Stallone, Michael Caine, Max von Sydow, Pelé Negara: Amerika Serikat Durasi: 117 menit

Premis Escape to Victory: Para tahanan di penjara Perang Dunia II di penjara Jerman mencoba bermain sepak bola melawan tim Jerman.

Film ini mendapatkan banyak perhatian dari pecinta film dan sepak bola saat dirilis. Hal ini karena ada banyak pemain bola profesional yang ikut membintangi film ini.

Seperti Pele, Bobby Moore, Osvaldo Ardiles, Kazimierz Deyna, Paul Van Himst, Mike Summerbee, Hallvar Thoresen, dan Werner Roth.

Tidak ketinggalan beberapa pemain dari klun Ipswich Town seperti John Wark, Russell Osman, Laurie Sivell, Robin Turner dan Kevin O’Callaghan.

Fever Pitch (1997)

fever pitch 1997

Sutradara: David Evans Pemain: Colin Firth, Ruth Gemmell, Neil Pearson, Lorraine Ashbourne Negara: Inggris Durasi: 102 menit

Premis Fever Pitch: Kisah cinta dan romansa hidup seorang lelaki terpengaruh langsung atas kecintaan dan fanatismenya akan klub sepak bola Arsenal.

Film ini memang lebih condong ke dalam film komedi romantis. Hanya saja, lewat film ini kita bisa mengetahui betapa kecintaan kita akan sepak bola bisa berpengaruh terhadap kehidupan kita secara keseluruhan.

Bend It Like Beckham (2003)

bend it like beckham 2003 - film sepak bola

Sutradara: Gurinder Chadha Pemain: Parminder Nagra, Keira Knightley, Jonathan Rhys Meyers, Anupam Kher Negara: Inggris, Amerika Serikat, Jerman Durasi: 112 menit

Premis Bend It Like Beckham: Anak perempuan Sikh dilarang untuk bermain sepak bola. Padahal ia sangat menyenanginya. Ia bergabung dengan tim sepak bola perempuan lokal, yang bisa berjuang untuk menuju puncak liga.

Cinta sepak bola tidak khusus untuk lelaki saja, dan film ini merupakan salah satu contoh nyatanya. Saat dirilis, film ini mendapatkan banyak pujian dari penggemar film.

Bahkan disebut-sebut sebagai salah satu film olahraga terbaik.

The Miracle of Bern (2003)

the miracle of bern 2003 - film sepak bola

Sutradara: Sönke Wortmann Pemain: Louis Klamroth, Peter Lohmeyer, Johanna Gastdorf, Mirko Lang Negara: Jerman Durasi: 118 menit

Premis The Miracle of Bern: Kisah tentang perjuangan seorang anak tahanan perang dan temannya yang bermain untuk tim sepak bola Jerman di Piala Dunia 1954.

Film ini sebenarnya bisa masuk dalam daftar film perang, lebih tepatnya film pasca-perang. Film ini jadi salah satu film Jerman paling laris yang pernah dibuat.

Shaolin Soccer (2004)

shaolin soccer 2004

Sutradara: Stephen Chow Pemain: Stephen Chow, Zhao Wei, Ng Man-tat, Patrick Tse Negara: Hong Kong Durasi: 112 menit

Premis Shaolin Soccer: Seorang pengikut Shaolin muda mengajak saudara-saudaranya untuk membentuk sebuah klub sepak bola dengan menggunakan skill sepak bola mereka sebagai kelebihannya.

Sajian aksi dan juga komedi dari film ini sungguh menghibur. Enggak heran kalau akhirnya film ini jadi favorit banyak orang.

Kita bisa lihat betapa absurdnya pertandingan sepak bola dengan menggunakan jurus-jurus kung fu atau Shaolin. Tapi tetap mengundang tawa.

Goal! (2005)

goal! 2005

Sutradara: Danny Cannon Pemain: Kuno Becker, Alessandro Nivola, Marcel Iureş, Stephen Dillane Negara: Inggris Durasi: 118 menit

Premis Goal!: Santiago Munez, seorang anak muda dari kehidupan keras diberi kesempatan untuk melakukan uji coba dengan salah satu klub sepak bola terbaik di Inggris.

Film bisa jadi adalah film sepak bola paling ambisius yang pernah dibuat. Bahkan mendapatkan restu dan kooperasi dari FIFA langsung.

Film ini juga diisi oleh banyak cameo pesepakbola ternama mulai dari David Beckham, Ronaldo, Raul Gonzalez, Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, sampai Steven Gerrard.

Film ini juga dibuat beberapa sekuel lanjutannya.

Green Street (2005)

green street 2005

Sutradara: Lexi Alexander Pemain: Elijah Wood, Charlie Hunnam, Claire Forlani, Leo Gregory Negara: Inggris, Amerika Serikat Durasi: 109 menit

Premis Green Street: Seorang mahasiswa Harvard yang dikeluarkan secara sepihak pindah ke London. Di sana ia dikenalkan dengan dunia bawah tanah kejam dari hooliganisme sepak bola.

Bicara sepak bola tidak bisa lepas dari supporternya. Karenanya, film ini berhasil membahas sisi gelap dari hooliganisme dan pendukung fanatik tim sepak bola.

Film ini sukses mengajak kita untuk bisa secara wajar mendukung klub sepak bola tanpa harus melakukan kekerasan dan kerugian.

Offside (2006)

offside 2006 - film sepak bola

Sutradara: Jafar Panahi Pemain: Sima Mobarak-Shahi, Shayesteh Irani, Ayda Sadeqi, Mohammad Asarian Negara: Iran Durasi: 93 menit

Premis Offside: Kisah perjuangan para wanita di negara yang melarang mereka untuk bisa masuk ke dalam stadion dan menonton sepak bola.

Film ini masuk dalam daftar film terbaik tahun 2007 dari banyak kritikus film. Tidak heran karena bahasannya tidak hanya soal sepak bola, tapi juga kaitannya dengan politik dan diskriminasi.

Once in a Lifetime: The Extraordinary Story of the New York Cosmos (2006)

once in a lifetime the extraordinary story of the new york cosmos 2006

Sutradara: Paul Crowder, John Dower Pemain: Matt Dillon, Giorgio Chinaglia, Jay Emmet, Clive Toye Negara: Amerika Serikat Durasi: 97 menit

Premis Once in a Lifetime: Dokumenter tentang klub sepak bola paling terkenal sepanjang masa di Amerika Serikat, New York Cosmos.

Walau kurang populer, di Amerika Serikat, sepak bola juga tetap merupakan sebuah institusi yang besar dan memiliki banyak penggemar.

Lewat film ini, kita diajak untuk mengintip perjuangan dan perjalanan dari klub New York Cosmos yang memang sangat populer di sana.

The Damned United (2009)

the damned united 2009 - film sepak bola

Sutradara: Tom Hopper Pemain: Michael Sheen, Timothy Spall, Colm Meaney, Jim Broadbent Negara: Inggris Durasi: 97 menit

Premis The Damned United: Kisah fiksi tentang cerita kontroversial di mana Brian Clough menjadi pelatih Leeds United selama 44 hari saja.

Bisa dibilang merupakan salah satu film terbaik di daftar ini, lewat film ini kita diajak mengikuti peristiwa kontroversial di sejarah sepak bola Inggris.

Saking berkualitasnya, film ini mendapatkan banyak penghargaan bergengsi di dunia.

Looking for Eric (2010)

looking for eric 2010

Sutradara: Ken Loach Pemain: Eric Cantona, Steve Evets, Lucy-Jo Hudson, Matthew McNulty Negara: Inggris, Perancis, Belgia, Italia, Spanyol Durasi: 116 menit

Premis Looking for Eric: Eric, seorang fans fanatik sepak bola yang juga seorang tukang pos masuk ke dalam krisis kehidupan. Ia kemudian mendapatkan pelatihan hidup dari Eric Cantona yang filosofis.

Film komedi ini bukan mengajak kita untuk belajar banyak tentang hidup lewat sepak bola dari mulut sang legenda Manchester United, Eric Cantona.

Untuk para penggemarnya, film ini tidak boleh dilewatkan.

Montevideo, God Bless You! (2010)

montevideo, god bless you 2010

Sutradara: Dragan Bjelogrlić Pemain: Miloš Biković, Petar Strugar, Nina Janković, Danina Jeftić Negara: Serbia Durasi: 140 menit

Premis Montevideo, God Bless You!: Kisah tentang perjalanan dan perjuangan tim sepak bola Serbia saat ikut dalam Piala Dunia pertama di Montevideo, Uruguay tahun 1930. Mimpi yang kemudian menjadikan mereka bintang dan legenda.

Saat pertama kali dirilis, film ini berhasil mendapatkan banyak perhatian dari para pecinta film. di Serbia sendiri film ini memenangkan banyak penghargaan.

Bahkan, tidak hanya di negaranya sendiri, film ini juga mendapatkan banyak penghargaan lain di beragam festival film internasional.

One Night in Turin (2010)

one night in turin 2010

Sutradara: James Erskine Pemain: Bobby Robson, Paul Gascoigne, Colin Moynihan, Douglas Hurd, Margaret Thatcher Negara: Inggris Durasi: 97 menit

Premis One Night in Turin: Bercerita tentang tim sepak bola Inggris saat tampil di Piala Duni 1990. Di mana mereka kalah lewat adu penalti melawan Jerman Barat di babak semi-final.

Film ini bukan hanya bercerita tentang perjuangan dan usaha mereka untuk mendapatkan juara Piala Dunia. Tapi juga membahas dari sisi sosial dan politik; mengubah pandangan banyak orang tentang timnas sepak bola Inggris.

The Two Escobars (2010)

the two escobars 2010

Sutradara: Jeff Zimbalist, Michael Zimbalist Pemain: Maria Ester Escobar, Alexis Garcia V, Jaime Gaviria Gomez, Francisco Maturana Negara: Kolombia Durasi: 104 menit

Premis The Two Escobars: Kisah hidup pesepakbola Andres Escobar dan gembong narkoba Pablo Escobar. Di mana kehidupan keduanya saling terkait dengan dunia kriminal dan sepak bola di Kolombia. Juga hubungannya tentang kematian keduanya.

Tidak hanya sepak bola, kita juga akan mendalami dunia gelap kriminal dan kehidupan di Kolombia. Dokumenter ini sungguh bisa dinikmati dan sangat informatif untuk ditonton.

United (2011)

united 2011 - film sepak bola

Sutradara: James Strong Pemain: David Tennant, Jack O’Connell, Sam Claflin, Dougray Scott Negara: Inggris Durasi: 90 menit

Premis United: Kisah nyata tentang “Busby Babes” dan kejadian setelah kecelakaan tragis Munich di tahun 1958.

Pecinta Manchester United tidak boleh melewatkan film ini. United mengajak kita mengenang kembali kejayaan mereka di era 1950-an.

Kita juga diajak untuk mengikuti kisah tragis sepanjang sejarah Manchester United saat tim mereka mengalami kecelakaan udara.

The Class of ’92 (2013)

the class of '92 2013 - film sepak bola

Sutradara: Ben Turner, Gabe Turner Pemain: David Beckham, Nicky Butt, Ryan Giggs, Paul Scholes Negara: Inggris Durasi: 98 menit

Premis The Class of ’92: Kisah tentang lahirnya para pesepakbola muda berbakat di Manchester United di akademi tahun 1992.

Film ini mengajak kita untuk mengikuti perjalanan karier para legenda hidup Manchester United yang sama-sama memulai karier di tahun 1992.

Mereka adalah David Beckham, Nicky Butt, Ryan Giggs, Gary Neville, Phil Neville, dan Paul Scholes.

Cahaya dari Timur: Beta Maluku (2014)

cahaya dari timur beta maluku 2014

Sutradara: Angga Dwimas Sasongko Pemain: Chicco Jerikho, Shafira Umm, Jajang C. Noer, Abdurrahman Arif Negara: Indonesia Durasi: 150 menit

Premis Cahaya dari Timur: Lima tahun berkonflik dengan ribuan korban berjatuhan, sebuah tim sepak bola ank muda menyatukan mereka.

Film Indonesia ini mengajak kita untuk melihat persatuan dari pada perpecahan. Konflik sektarian antara umat Kristen dan Muslim di Maluku ternyata bisa dihindari saat kita bersatu lewat sepak bola.

Pelé: Birth of a Legend (2016)

pelé birth of a legend 2016

Sutradara: Jeff Zimbalist, Michael Zimbalist Pemain: Kevin de Paula, Vincent D’Onofrio, Rodrigo Santoro, Diego Boneta Negara: Amerika Serikat Durasi: 107 menit

Premis Pelé: Birth of a Legend: Perjalanan karier Pele hingga berhasil membawa Brazil menjuarai Piala Dunia tahun 1958.

Film ini banyak dikritik karena film ini tidak terlalu membahas sang legenda dengan sangat baik, dan juga memiliki narasi yang tidak beraturan.

Tapi, film ini tetap harus ditonton oleh para pecinta Pele.

Diego Maradona (2019)

diego maradona 2019 - film sepak bola

Sutradara: Asif Kapadia Pemain: Diego Maradona, Pelé, Dalma Maradona, Ciro Ferrara Negara: Inggris Durasi: 130 menit

Premis Diego Maradona: Dokumenter tentang kehidupan Maradona dan beragam video dan gambar yang belum pernah dilihat sebelumnya.

Film ini mendapatkan banyak pujian dan disebut-sebut sebagai salah satu dokumenter olah raga terbaik sepanjang masa. Tidak hanya membahas betapa legenda Argentina ini berbakat di dalam lapangan, tapi juga membahas kehidupannya di luar lapangan.

***

Dapatkan informasi, review, dan rekomendasi film terbaru hanya di menonton.id. Jangan lupa untuk follow Twitter, Instagram, Facebook dan subscribe YouTube channel menonton.id untuk informasi terbaru seputar dunia film.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here